Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar

Zainuddin Zainuddin

Abstract


Manusia dengan segala potensi akal budi yang dimiliki dituntut untuk melakukan pengembangan diri. Salah satu pengembangan potensi tersebut melalui lembaga pendidikan yang di dalam kiprahnya tidak bisa terpisahkan dari aktivitas manusia. Kurikulum, Silabus, RPP, Materi Pembelajaran, Metode, Media, Alokasi Waktu, Sarana dan Prasarana lainnya. Seorang siswa tentunya harus patuh dalam mengikuti, dan melaksanakan terhadap peraturan atau tata tertib. Kompetensi atau kemampuan, yang dimiliki oleh manusia perlu dikembangkan, baik dalam bidang pengetahuan, bidang kemampuan, dan bidang keterampilan. Pendekatan dalam penelitian ini memakai kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan metode survey dan populasi terbatas serta bahan yang dipakai dalam penelitian ini: angket, pengamatan langsung, dan dokumen. Untuk tehnik analisis data memakai regresi sederhana dan regresi berganda.

 

Kata Kunci: perencanaan pembelajaran, kedisiplinan, dan hasil belajar

 

Humans with all the potential intellect possessed are required to carry out self-development. One of the potential developments through educational institutions in which their actions cannot be separated from human activities. Curriculum, Syllabus, RPP, Learning Materials, Methods, Media, Time Allocation, Facilities and other Infrastructure. A student must be obedient in following, and carrying out the rules or regulations. Competencies or abilities possessed by humans need to be developed, both in the field of knowledge, the field of ability, and the field of skills. The approach in this research uses descriptive quantitative, using survey methods and limited population and materials used in this study: questionnaire, direct observation, and documents. For data analysis techniques using simple regression and multiple regression.

 

Keywords: learning planning, discipline, and learning outcomes


Full Text:

PDF

References


Ahmad Tanzeh, Metodologi Penelitian Praktis, Yogyakarta: Teras, 2011.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Bandung: Rineka Cipta 2000.

Azwar, Saifuddin, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2005.

Kasmadi dan Nia Siti Sunariah, Panduan Modern Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta, 2013.

Kunandar, 2013. Penilaian Autentik, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kunandar, 2013. Penilaian Autentik, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Cetakan Ke V. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Permendikbud, No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Saefullah. Manajemen Pendidikan Islam, Cetakan Pertama. Bandung: CV Pustaka Setia 2013.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Cetakan Ke VII. Jakarta. Prenadamedia Group 2015.

Shochib, Moh. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Anak Mengembangkan Disiplin Diri, Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Shochib, Moh. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Anak Mengembangkan Disiplin Diri, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Sudjana, Nana Dasar-dasar Belajar Mengajar, Bandung: PT Sinar Baru Algensindo, 2000.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R.D. Cetakan IV. Bandung: Alfabeta 2014.

Suparlan, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2004.

Triwiyanto, Teguh. Pengantar Pendidikan, Cetakan Ke II. Jakarta: PT Bumi Aksara 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.