MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE LEARNING

Yovinus Dwi Widyantoro

Abstract


Dasar filosofi media pembelajaran interaktif berbasis mobile learning ini dalam penerapannya tergantung dari penggunanya dalam hal ini dosen bagaimana sebenarnya menganggap mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran, jika mahasiswa dianggap sebagai anak manusia yang  memiliki kecerdasan, jati diri, harga diri, dan memiliki rasa semangat untuk motivasi belajar, maka kegiatan pembelajaran dengan berbasis mobile learning ini bisa dilakukan dengan baik dan sesuai dengan harapan. Berdasarkan penggunaan banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari menjadi solusi dalam membantu jam perkuliahan, mencatat kehadiran mahasiswa, memberikan formula agar mahasiswa makin aktif dalam belajar, menjadi referensi jika mahasiswa nanti lulus akan menjadi dosen atau guru, dan membatu menyampaikan informasi secara cepat.

 

The basic philosophy of interactive learning media based on mobile learning in its application depends on its users, in this case the lecturer how to actually consider students in learning activities, if students are considered as human children who have intelligence, identity, self-esteem, and have a sense of enthusiasm for learning motivation, then the learning activities based on mobile learning can be done well and in accordance with expectations. Based on the use of many things that can be done, starting from being a solution to help lecture hours, recording student attendance, providing a formula so that students are more active in learning, becoming a reference if students later graduate will become lecturers or teachers, and helping to convey information quickly.

 

Keywords: learning media, interactive, mobile learning,

 


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar, 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Bakri, Masykuri, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Islam Malang

Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan E-Learning: Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Dwiyogo, Wasis D, 2018. Pembelajaran Berbasis Blending Learning. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Fathurrohman, Pupuh & Sutikno, Sobry, 2011. Strategi Belajar Mengajar: Melalui Penamaan Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama

Juhara, Zamrony P. 2016. Panduan Lengkap Pemrogram Android. Yogyakarta: Penerbit Andi

Komara, Endang. 2016. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT Refika Adimata

M. Ramli, 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran, Banjarmasin: Antasari Pers

Sadiman, Arief S, dkk. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Safaat, Nazruddin, 2015. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Zainiyati, Salamah, Husniyatus, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT: Konsep dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama

Zainuri, Ahmad, 2018. Media Pembelajaran Dalam Pandangan Islam. Jurnal Median-Te. Vol.18(1):8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.