PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN LEARNING BY DOING UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA

Noer Aysah

Abstract


Abstrak

Dengan menggunakan pendekatan learning by doing para siswa antusias dan termotivasi dalam pembelajaran. Karena terlihat dari perubahan yang terlihat yaitu siswa mampu memahami pembelajaran, banyak siswa yang bertanya jika mereka kurang mengerti, kelas serasa hidup dengan adanya komentar para siswa setelah pembelajaran tersebut. Relevansi antara pendekatan pendekatan learning by doing dalam meningkatkan motivasi yang diterapkan di SMP PGRI 1 Prigen ada kesinambungan karena pendekatan learning by doing mengajak para siswanya untuk mengulas sendiri atau mencari penyelesaian dengan cara melihat tayangan yang disajikan di depan layar LCD yang mengharuskan siswa fokus dan memperhatikan pembelajaran yang ada di dalam tampilan yang sudah tersedia.

Kata Kunci: pendekatan learning by doing, memotivasi

 


Abstract

                       By using the learning by doing approach the students are enthusiastic and motivated in learning. Because it can be seen from the visible changes that students are able to understand learning, many students ask if they don't understand, the class feels alive with the comments of students after the learning. The relevance of the learning by doing approach to increasing motivation applied in SMP PGRI 1 Prigen is continuity because the learning by doing approach invites students to review themselves or find solutions by looking at the shows presented in front of the LCD screen which requires students to focus and pay attention to learning which is in the view that is already available.

 

Keywords: learning approach by doing, motivate


Full Text:

PDF

References


Lexy. J. Moleong. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosada Karya.

Lexy. J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kurniawati, Dwi Ari. "DARI BENCANA ALAM, MENEGAKKAN HAK PERIKEMANUSIAAN DALAM KEBINEKAAN."

Rochiati, Wiriaatmadja. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Sugiono, 2008, Metode Penelitian Kualitatif Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta.

Suryobroto, Sumadi. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Suyono, dan Hariyanto. 2011. Belajar dan pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wahid A, Sunardi S, Kurniawati DA. MEMBUMIKAN KONSTITUSI INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENJAGA HAK KEBHINEKAAN. Yurispruden. 2019 Jun 25;2(2):180-8.

Wahid, A., Sunardi, S. and Kurniawati, D.A., 2018. DOKTRIN KHILAFAH SEBAGAI ANCAMAN TERHADAP KONSTRUKSI NEGARA HUKUM INDONESIA. Yurispruden: Jurnal Fakultas Hukum Universitas Islam Malang, 1(2), pp.206-220.

Syaiful, Bahri, Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.