IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Yatna Supriatna

Abstract


 

Dari hasil penelitian disarankan agar siswa harus berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, karena dalam proses pembelajaran siswa adalah sebagai subjek dan objek. Untuk Pendidikan Agama Islam guru harus bisa membangun interaksi yang baik dengan kolega. Kepala sekolah harus terus memberikan motivasi dan antusiasme kepada guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru.

Kata kunci: Implementasi Lesson Study, Profesionalisme Guru

 

From the results of the study it is suggested that students should actively participate in improving the quality of learning, because in the learning process students are as subjects and objects. For Islamic Religious Education teachers should be able to build good interactions with colleagues. Principals should continue to provide motivation and enthusiasm to teachers to improve the quality of learning and teacher professionalism.

Keywords: implementation of lesson study, teacher professionalism


Full Text:

PDF

References


Abizar, Haris, 2017. Buku Master Lesson Study. Yogjakarta: DIVA Press

Chotimah, Husnul. 2009. Strategi-strategi Pembelajaran untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang.

Hendayana, S. 2006. Lesson Study suatu Strategi Untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik. Bandung: FPMIPA UPI dan JICA

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maskuri. 2017. Formulasi dan Implementasi Kebijakan Pendidikan Islam Analisis Kritis Terhadap proses Pembelajaran. Surabaya: Visipress Media

Masykuri. (Ed.) 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Lembaga Penelitian UNISMA dan Visipress Media

Moleong, Lexy J., 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nassional Pendidikan (Online). (https://kemenag.go.id/file/dokumen/PP1905.pdf) Diakses 28 Januari 2019

Ristianti, Novita. 2016. Evaluasi Program Lesson Study MGMP IPS SMP Kabupaten Pasuruan Untuk Peningkatan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Praktik Lesson Study Ilmu Sosial dan Humaniora, 9 November 2016 : 17-20. Komunitas Lesson Study FIS UM.

Subadi, Tjipto. 2010. Lesson Study Berbasis PTK. Suatu Model Pembinaan Menuju Guru Profesional. Surakarta: Badan Penerbit FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta

Suyanto dan Djihad, A. 2013. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Suzuki, Ryo. 2017. Lesson Study Learning Community, Mari Membuat Learning Community: Reformasi Pendidikan Kota Malang. Malang: PT. Benesse Indonesia, Dinas Pendidikan Kota Malang, dan Universitas Negeri Malang.

Syamsuri, Istamar dan Ibrahim. 2008. Studi Pembelajaran (Lesson Study): Sebuah Model Pembinaan Profesionalisme Secara Berkelanjutan. Malang: FPMIPA UM

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. (Online). (http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf). Diakses 21 November 2018.

Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi & Pengukurannya, Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widhiarta, Putu Ashintya. 2008. Lesson Study : Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Pendidik Pendidikan NonformalSurabaya: Guna Widya dan Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (BPPNFI) Regional IV.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.