Kyai Sebagai Aktor Pendidikan Kewirausahaan Islami di Pondok Pesantren Sidogiri

Moh. Lutfi Khoirudin

Abstract


 

Pondok Pesantren Sidogiri adalah lembaga pendidikan Islam yang terkenal dan maju dengan pendidikan kewirausahaan Islami kepada para santrinya. Pendidikan kewirausahaan ini bertujuan menanamkan jiwa kemandirian kepada para santri, karena tidak semua santri  akan menjadi kyai atau menekuni dunia keagamaan. Eksistensi pendidikan kewirausahaan ini berkat dari peran kyai sebagai pemimpin dalam pesantren ini. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana tipe kyai sebagai aktor pendidikan kewirausahaan Islami di Pondok Pesantren Sidogiri? 2) Bagaimana perencanaan yang dilakukan oleh kyai sebagai aktor pendidikan kewirausahaan Islami di Pondok Pesantren Sidogiri? 3) Bagaimana implementasi yang dilakukan oleh kyai sebagai aktor pendidikan kewirausahaan Islami di Pondok Pesantren Sidogiri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tipe kyai sebagai aktor pendidikan kewirausahaan Islami di Pondok Pesantren Sidogiri, adalah tipe kyai pesantren, kemudian tipe kyai entrepreneur yang berjiwa progresif dan transformatif, kemudian tipe kyai tandur 2) Perencanaan yang dilakukan oleh kyai sebagai aktor pendidikan kewirausahaan Islami di Pondok Pesantren Sidogiri, dibantu oleh Badan Tarbiyah Wa Ta’lim Madrasy (Batartama). Materi pendidikan kewirausahaan Islami, diajarkan di Madrasah Miftahul Ulum Tingkat Aliyah pada konsentrasi muamalah saat kelas 2 dan 3. Materi yang diberikan adalah: materi fiqih muamalah / ekonomi syariah dan ekonomi umum. 3) Implementasi pendidikan kewirausahaan Islami di Pondok Pesantren Sidogiri oleh kyai, dilakukan melalui pembelajaran secara teoritis di kelas dan praktis di Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren Sidogiri).

Kata Kunci: Kyai, Pendidikan Kewirausahaan, Pendidikan Kewirausahaan Islami, Pondok Pesantren.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.