ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN SAYURAN HIDROPONIK (Studi Kasus Kelompok Tani Brayat Minulyo Di Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang)

Nicko Andreansyah, Moch. Noerhadi Sudjoni, Hadi Apriliawan

Abstract


Abstrak

Hidroponik menjadi salah satu metode untuk mengatasi permasalahan keterbatasan lahan pangan di perkotaan dimana menjadi salah satu solusi inovatif untuk mengatasi keterbatasan lahan pertanian dalam skala besar. Penjualan sayuran hidroponik di Kelompok Tani Hidroponik Brayat Minulyo 3 tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mempertahankan penjualan yang meningkat dengan menganalisis faktor-faktor preferensi konsumen yaitu product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence terhadap pembelian sayuran hidroponik pada Kelompok Tani Brayat Minulyo. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Kelompok Tani Brayat Minulyo pada bulan April – Mei 2024 dengan metode pengambilan sampel accidental sampling, sebanyak 65 responden. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan terdapat variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu product, price, people dan physical evidence dikarenakan nilai signifikan pada variabel tersebut < 0,05, sehingga meningkatkan keputusan pemebelian sayuran hidroponik pada Kelompok Tani Brayat Minulyo.

Kata Kunci: Preferensi konsumen, Sayuran hidoponik, Analisis regresi logistik

Full Text:

PDF

References


Faniatun, Sudjoni, M. N., & Machfudz, M. (2023). Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Buah Jeruk Siam Madu (Studi Kasus di Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Seagri.

Hendayana, R. (2012). Penerapan Regresi Logistik Dalam Menganalisis Adopsi Teknologi Pertanian. Informatika Pertanian.

Mutmainah, & Susilowati, D. (2022). Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Sayuran Hidroponik Malang Raya. Jurnal Ketahanan Pangan.

Rahardjo, S. (2019). Prefernsi Konsumen Dalam Membeli Produk Sayur Hidroponik. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.

Sari, M. R., Rianti, T. S., & Apriliawan, H. (2024). Preferensi Konsumsi Nasi Jagung Alternatif Sumber Karbohidrat Di Kota Malang. Seagri .

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta .

Syahputra, A. N., Sudjoni, M. N., & Susilowati, D. (2024). Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Sayurku. Eat. Seagri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nicko Andreansyah, Moch. Noerhadi Sudjoni, Hadi Apriliawan



Supported by: