STRATEGI PEMASARAN BAYAM MERAH ORGANIK (Studi Kasus: Petani Organik Kota Batu (PORKAB))

Ulil Lutfiana, Bambang Siswadi, Lia Rohmatul Maula

Abstract


Bayam merah merupakan sayuran daun yang digemari oleh semua lapisan masyarakat.Daun bayam dapat dibuat berbagai macam olahan makanan.Beberapa negara berkembang bayam dijadikan sumber protein nabati karena memiliki fungsi pemenuhan kebutuhan gizi..Adanya persaingan yang ketat menyebabkan perusahaan untuk bisa lebih mengenalkan produknya dengan memperhatikan marketing mix 4P (product, promotion, place, price), Kualitas produk yang baik, pemasaran yang efektif, saluran distribusi yang tepat dan harga yang terjangkau akan mempengaruhi pembeli dalam mengkonsumsi bayam merah organik dan meningkatakan citra perusahaan, sehingga produk dapat terjual secara optimal dan memperoleh keuntungan yang signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor internal dan eksternalperusahaan dan menganalisa strategi pemasaran yang tepat pada perusahaan. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan analisis matriks IFAS, matrik EFAS, matriks IE, analisis SWOT dan analisis QSPM.Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis IFAS, kekuatan utama ditunjukkan dengan skor sebesar 0,6 yaitu kualitas produk unggul dan terjamin dan pemasaran promosi melalui media sosial kuat , dan kelemahan  ditunjukkan dengan skor imbang sebesar 0,56  yaitu brand image kurang mendominasi tidak ada potongan harga dalam pembelian jumlah banyak dan lokasi usaha kurang strategis. Sedangkan berdasarkan analisis EFAS yaitu tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkan bahann baku dan kebutuhan konsumen meningkat dengan skor sebesar 0,72 dan ancaman utama yang dimiliki yaitu ditunjukkan dengan skor 0,68 adalah pesaing usaha mempengaruhi pendapatan Petani Organik Kota Batu. Berdasarkan hasil matriks IE yang telah dihitung, maka menunjukkan posisi perusahaan berada pada kuadran I, yaitu growth and build (tumbuh dan kembangkan). Analisis SWOT menghasilkan sebelas alternatif strategi dan prioritas strategi alternatif terpilih yang tepat untuk direkomendasikan kepada “Petani Organik Kota Batu” berdasarkan hasil analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) adalah mempertahankan kualitas produk untuk meningkatkan penjualan dengan total nilai atraktif (TAS) tertinggi sebesar 4,84. 

Full Text:

PDF

References


Moh.Fauzi 2016. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Sayuran Sawi

Nidri F. astutik 2004. Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume PenjualanTepung Tapioka. Skripsi FP UNISMA. Malang

Umar 2003. Metode Riset Prilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sunyoto 2013. Metode Penelitian Akuntansi Bandung: PT Refika.

David 2012. Manajemen Strategis. Jakarta: Selemba Empat

Sugiyono 2013, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan r&d (Bandung Alfabeta)

Nurdiani N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. Architecture Department, Faculty of Engineering. Jurnal ComTech Vol. 5 (2).1110-1118.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ulil Lutfiana, Bambang Siswadi, Lia Rohmatul Maula



Supported by: