PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERIPIK SINGKONG WIJAYA

Aisyah Rodiyani, M. Noer Sudjoni, Nikmatul Khioriyah

Abstract


Sektor agroindustri terus mengalami peningkatan karena kenaikkan tingkat konsumsi bahan pangan. Salah satu produk pangan yang permintaanya meningkat adalah singkong yang dapat diolah menjadi keripik singkong. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh bauran pemasaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian keripik singkong Wijaya. Pendekatan penelitian berupa studi kasus. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode quota sampling sebanyak 100 responden dan metode analisis menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh keseluruhan variabel dapat menjadi pertimbangan konsumen dalam pembelian keripik singkong Wijaya. Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan variabel tempat, tampilan fisik, kinerja dan kesenangan serta yang tidak berpengaruh signifikan adalah variabel produk, harga, promosi, orang,  proses,  posisi, dan rujukan sebagai refernensi terhadap keputusan pembelian keripik singkong Wijaya. Dengan adanya penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan produsen dalam memperbaiki strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan sesuai dengan keinginan konsumen agar dapat memenuhi target pasar.

 

Keyword: Bauran pemasaran, keripik singkong.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik. 2017. Luas Panen, Produksi, dan Produktivitas Ubi Kayu dan Ubi Jalar Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur, 2017. Dinas Pertanian Tanaman Pangan Jawa Timur.

Choirunnisa, C., & Arifin, Z. (2022). Preferensi Konsumen Terdadap Pembelian Sayuran Organik dan Sayuran Non Organik Di Kota Malang. JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 5(2), 65-75.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, Tati, and muhammad anwar Fathoni. 2018. Buku Ajar Pemasaran Islam. edited by M. S. Dr.Suryani. yogjakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aisyah Rodiyani, M. Noer Sudjoni, Nikmatul Khioriyah



Supported by: