ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KOPI TUBRUK DI KABUPATEN GRESIK

Handayu Dwi Lestari, Dwi Susilowati, Nikmatul Khoiriyah

Abstract


Jaman modern seperti saat ini banyak sekali muncul berbagai macam kopi termasuk kopi instan,
namun masih banyak masyarakat yang menyukai kopi tradisional yaitu kopi tubruk. Seharusnya
dengan maraknya kopi instan yang dijual dengan berbagai iklan dan promosi yang hebat mampu
menggeser dan meningkatkan konsumen membeli kopi instan. Tetapi kenyataannya di Kabupaten
Gresik masih banyak masyarakat yang lebih memilih membeli kopi tubruk dibandingkan dengan
kopi instan maupun jenis kopi lainnya. Penelitian ini dilakukan karena pertimbangan banyaknya
warung kopi yang ada di Gresik serta budaya minum kopi yang sudah ada sejak dulu, sehingga
konsumsi kopi di Gresik cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian kopi tubruk pada masyarakat di Kabupaten
Gresik. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik quota sampling. Jumlah
sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Data dalam penelitian menggunakan data primer
yang diperoleh melalui melalui wawancara kepada responden dengan memberikan kuesioner
melalui Google Form. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan model
analisis regresi logistik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli kopi tubruk di Kabupaten Gresik adalah
pendapatan, gaya hidup, harga kopi tubruk dan harga kopi lain.
Kata kunci: Keputusan pembelian, kopi tubruk

Full Text:

PDF

References


Anggraen, A.R. 2020. Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan

pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Vol. 6 No. 3

(96-107) p-ISSN: 2460-4089 e-ISSN: 2528-2948.

Aprlianti, S. 2017. Pengaruh Periklanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Kosmetik Merek Tloac di Bennychen Bandung. Jurnal Ekonomi, Vol 1 No 2.

Ayos, P. (2014). Menyelami Budaya Ngopi Gresikan. Intisari.Grid.Id.

Baihaqi, A., & Sofyan, I. (2017). Potret Warung Kopi di kawasan Kota Gresik sebagai Media

Ruang Publik. 71–76.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS

Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, N, Damodar. 2012. Dasar-dasar Ekonometrika (Terjemahan). Buku2. Edisi 5. Penerbit

Salemba: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Handayu Dwi Lestari, Dwi Susilowati, Nikmatul Khoiriyah



Supported by: