PERAN PENYULUH PERTANIAN TERHADAP PENGUATAN KELOMPOK TANI DI DESA BOCEK KECAMATAN KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG

Alvin Yudianto, Dwi Susilowati, Nikmatul Khoiriyah

Abstract


Abstrak
Penelitian tentang peran penyuluh pertanian terhadap penguatan kelpomok tani di Desa Bocek Kabupaten Malang. Telah selesai di laksanakan pada tanggal 24 Mei samapai dengan 1 Juni 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran penyuluh pertanian terhadap penguatan kelompok tani yang meliputi fasilitator, motivator, inovator, organisator dan edukator. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan secara Purposive Samlping dan untuk penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus Taro Yamane sehingga jumlah sampel yang di dapatkan 40 sampel. Analisis menggunakan regresi linier berganda, bahwa peranan penyuluh pertanian di peroleh hasil yang signifikan sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,01 dengan demikian berdasarkan hasil penelitian, hipotesis yang diajukan yaitu bawha faktor peran penyuluh sebagai fasilitator, motivator, inovator, organisator dan edukator berpengaruh terhadap penguatan kelompok tani. Hasil jawaban responden yang telah diberikan menunjukan bahwa peran penyuluh seabagai fasilitator,
motivator, inovator, organisator dan edukator sangat baik terhadap penguatan kelompok tani.
Kata Kunci: Peran Penyuluh, Penguatan Kelompok Tani


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arista, Tria. 2020. “Analisis Kinerja Penyuluh Pertanian Berdasarkan Persepsi Petani Di Wilayah Agro Techno Park (ATP) Universitas Brawijaya Desa Jatikerto (Kasus Penyuluhan Pertanian Di Desa Jatikerto, Kecamatan Kromengan).” Universitas Brawijaya.

Daryanto, Arief. 2016. “Memposisikan Secara Tepat Pembangunan Pertanian Dalam Perspektif Pembangunan Nasional,” 21.

Sianturi, Nia Lita M. 2019. “Peran Penyuluh Dalam Pengembangan Kelompok tani Di Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara.Tugas Akhir”

Wardani, Wardani, And Oeng Anwarudin. 2018. “Peran Penyuluh Terhadap Penguatan Kelompok Tani Dan Regenerasi Petani Di Kabupaten Bogor Jawa Barat.” Journal TABARO Agriculture Science 2 (1): 191–200.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Alvin Yudianto, Dwi Susilowati, Nikmatul Khoiriyah



Supported by: