PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS UNTUK SISWA KELAS XI SMA
Abstract
Abstrak: Perkembangan jaman yang semakin maju seperti saat ini maka maka kita tak lepas dari yang namanya teknologi, karena teknologi adalah suatu alat yang paling dibutuhkan, tidak terkecuali dunia pendidikan, perkembangan teknologi diharapkan mampu membawa wajah baru pada dunia pendidikan. Di sinilah perlu adanya pertimbangan untuk memanfaatkan teknologi kedalam dunia pendidikan untuk memajukan dari segala posisi, baik dari kurikulum, pembelajaran, metode pengajaran hingga media pembelajaran.
Media video adalah suatu alat yang menggabungkan bermacam unsur dari media, mulai dari gambar diam, gambar bergerak atau animasi, teks hingga suara. Dengan video kita bisa mengaplikasikannya kedalam bentuk media ajar yakni media video pembelajaran.
Penggunaan video pembelajaran diharapkan mampu membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar. Karena media video pembelajaran ini sesuai dengan kondisi psikologi siswa yang lebih tertarik pada media ajar yang bervariasi dengan penggunaan gambar diam, animasi, teks dan suara yang disatukan. Media video sangat bisa untuk dijadikan media pendamping selain buku.
Tujuan penelitian pengembangan ini bertujuan memperoleh kajian kebutuhan media video pembelajaran dalam pembelajaran teks prosedur kompleks yang sesuai lalu memperoleh kajian mengenai pengembangan media video pembelajaran teks prosedur kompleks dan yang terakhir adalah memperoleh kajian mengenai kelayakan/ketepatan media video pembelajaran teks prosedur kompleks di kelas XI SMA.
Didalam penelitian pengembangan ini membahas tentang sebuah produk yang akan dihasilkan untuk alat dalam proses pembelajaran. Alat tersebut dinamakan dengan media video pembelajaran yang nantinya setelah alat ini sudah selesai diproduksi maka langkah selanjutnya adalah validasi desain kemudian revisi produk dan yang terakhir adalah uji coba produk.
Hasil validari dari ahli media untuk penilaian rata-rata dari media video pembelajaran ini adalah 95 % lalu validasi dari ahli materi untuk penilaian rata-rata dari media video pembelajaran ini mendapatkan nilai 92%. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan oleh pengembang kepada praktisi (guru) mendapat nilai rata-rata 93%. Kemudian, media pembelajaran teks prosedur kompleks untuk siswa SMA kelas XI di uji cobakan dengan tujuan menguji media pembelajaran teks prosedur kompleks terhadap hasil belajar siswa berupa kemampuan memahami isi teks prosedur kompleks. Setelah melakukann validasi kepada ahli materi, ahli media dan praktikan, langkah selanjutnya yang ditempuh oleh pengembang adalah uji coba kepada siswa, yang dimana uji coba media video pembelajaran ini dilakukan pada kelompok kecil, dan hasil rata-rata penilaian dari uji coba ini mendapatkan nilai 95,5%.
Hasil dari serangkaian validasi dan uji coba produk ini dapat dikatakan bahwa media ini layak untuk diterapkan sebagai media ajar pendamping selain buku pada materi teks prosedur kompleks. Adapun saran dari peneliti ditujukan kepada guru bahasa Indonesia adalah media ini dapat digunakan sebagai awal pembukaan materi teks prosedur kompleks karena didalam media video ini sudah terdapat paparan materi dan juga contoh-contoh dari teks prosedur kompleks kemudia saran juga ditujukan kepada pengembang selanjutnya yakni media ini bisa dijadikan referensi tetapi alangkah baiknya apabila media ini disempurnakan lagi dan memakai teks lain yang belum dikembangkan dan semoga media ini bisa bermanfaat bagi pengembang selanjutnya.
Kata kunci: Media ajar, Teks Prosedur Kompleks, Video Pembelajaran
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR RUJUKAN
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Azhar, Susanto. 2001. Sistem Informasi Akuntansi1. Pendekatan Sistem Praktik Penyusunan, metode dan prosedur. Bandung: Lembaga Informatika Akuntansi (LIA).
Akker, Van, den. 1999. Principle and Methods of Development Research. Dortreach. Kluwer Academic Publishers.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Perananya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gavamedia.
Daryanto.2015. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gavamedia
Hamalik, O. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Harsiati, Titik dkk. 2018. Bahasa Indonesia.Depok: CV Arya Duta
JM, Asmani. 2011. Tips Pemanfaatan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Diva Press.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Setyosari, Punanji. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Kencana.
Syarief, A Hamid. 1993. Pengembangan Kurikulum. Surabaya: Bina Ilmu.
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.