Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Islam Almaarif Singosari

Rika Ulfatuzzahroh

Abstract


Abstrak: Salah satu upaya mengatasi kerumitan dan kejenuhan pada proses pembelajaran dengan melakukan inovasi dalam menggunakan media pembelajaran. Dengan menggunakan media video tutorial yang dikemas melalui animasi, materi yang disajikan guru dapat pembelajaran dapat berupa audio visual. Media video animasi dalam pengembangan bertujuan untuk mendeskripsikani (1) kebutuhan mengenai media video animasi dalam pembelajaran teks puisi untuk siswa SMA/MA kelas X. (2) Proses mengenai media video video animasi dalam pembelajaran teks puisi untuk siswa SMA/MA kelas X. Dan (3) Ketepatan/ kelayakan produk pengembangan mengenai media video animasi dalam pembelajaran teks puisi untuk siswa SMA/MA kelas X. Pengembangan produk media pembelajaran teks puisi dengan menggunakan media audio visual dalam pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (four D model) yang memiliki 4 tahap penelitian pengembangan define, design, develop, dan disseminate. Dalam uji coba produk dilakukan dengan jumlah 25 siswa berskala besar, dan kemudian diujicobakan pada kelompok kecil dengan jumlah 19 siswa beserta guru Bahasa Indonesia yang terkait. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan lembar validasi. Data pengembangan ini, menunjukkan bahwa hasil analisis kebutuhan guru mencapai nilai 86.5% guru sangat setuju jika diadakannya pengembangan terhadap media video animasi pada pembelajaran teks puisi siswa kelas X. Sedangkan pada analisis kebutuhan siswa 72,4% menyatakan setuju bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran video animasi yang mampu menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan kreatif pada pembelajaran teks puisi siswa kelas X. Hal ini menunjukan bahwa guru dan siswa membutuhkan adanya pengembangan media video animasi pada pembelajaran teks puisi agar memudahkan dan memberikan ketertarikan siswa dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan produk  media pembelajaran berupa media video animasi Asiknya menulis puisi dalam bentuk yang dioperasikan dengan aplikasi FlipaClip dan dipadukan dengan Final Cut dalam bentuk program aplikasi. Media video animasi dikembangkan dalam 3 proses, meliputi mencari gambar mentahan melalui format PNG, mengolah gambar mentahan tersebut menjadi gambar yang dapat bergerak sesuai keinginan peneliti melalui aplikasi FlipaClip, dan dipadukan dalam aplikasi Final Cut Pro yang komponen audio visualnya sudah lengkap. Selanjutnya, dari  hasil validasi ahli materi memperoleh skor 87,5% sedangkan pada ahli media memperoleh skor 70% hal ini menunjukan bahwa produk media video animasi, pada, pembelajaran, teks, puisi siswa, kelas, X, valid dan layak diimplementasikan dengan sedikit revisi. Selain itu, respon guru menunjukan nilai 90%, dan respon siswa menunjukan nilai 78,9% siswa setuju apabila media video animasi menjadi materi yang mudah dipahami dan layak digunakan dalam pembelajaran menulis teks puisi. Oleh sebab itu, media, video, animasi. Asiknya menulis puisi yang dikembangkan sudah valid tanpa revisi.

Kata kunci,: Media pembelajaran, Video animasi, Teks puisi

References


DAFTAR RUJUKAN

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, azhar. 2004. Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Emzir, S R dan S Rohman. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta. Rajagrafindo

Prastowo, andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta. DIVA Press.

Rusman. 2014. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sunendar, dadang. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Rema Rosdakarya

Semi, M.A. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menuliis. Bandung: Angkasa

Sayuti, suminto. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryaman, maman. 2012. Metodelogi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.