PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHAAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) THAILAND TINGKAT PEMULA LEVEL 1
Abstract
Pengembangan bahasa Indonesia dipengaruhi oleh tercapainya peran pemerintah Indonesia pada kancah Internasional . Hal tersebut kini semakin terealisasikan, terlihat dari banyaknya pengajar bahasa Indonesia yang dikirim untuk mengajar BIPA di luar negeri. Dalam mempembelajari sebuah bahasa dibutuhkannya bahan ajar yang memadai. Berdasarkan hasil temuan pada salah satu lembaga di Thailand, kurangnya bahan ajar yang memadai di sekolah tersebut khususnya bahan ajar BIPA tingkat pemula level 1. Pengadaan bahan ajar tersebut harus sesuai dengan kebutuhan pembelajar. Penelitian ini berupaya mengembangakan bahan ajar BIPA Thailand tingkat pemula level 1, yang disesuaikan berdasarkan analisis kebutuhan dari praktisi BIPA dan pembelajar BIPA Thailand. Penelitian pengembagan ini menggunakan model pengembangan R&D Borg dan Gall. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan kuisioner untuk memperoleh data kebutuhan pengembangan dan evaluasi bahan ajar. Sumber data terdiri dari guru BIPA, pembelajar BIPA Thailand, ahli BIPA dan ahli materi. Penelitian menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Kata Kunci: bahan ajar BIPA, BIPA Thailand, tingkat pemula level 1
Â
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, Ari. 2018. Pengembangan E-Book Interaktif Sebagai Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkarakter Nilai Islam untuk Kemandirian Belajar Siswa SD/MI. The First International Conference On Teacher Training and Education 2018 (ICOTTE 2018).
Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arumdyahsari, Sheila. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Madya. Tesis tidak diterbitkan: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Asteria, Prima Vidya & Farida, Devi Nur. 2019. E-Mikuta (Komik Saku Kosakata Elektronik): Media Pembelajaran BIPA Berbasis Teknologi. Universitas Negeri Surabaya: Surabaya. http://kbi.kemdikbud.go.id/kbi_back/file/dokumen_makalah/dokumen_makalah_1 540532332.pdf
Borg, W. & Gall, M. 1983. Educational Research; An Introduction. New York: Longman Inc.
Collins, I., et al. 2020. Indonesia’s Cultural Diplomacy in the Conduct of Indonesian Language for Foreigners Programme in Thailand (2014-2019). Insignia Journal of International Relations Vol. 7, No. 2, November 2020, 138- 153 P-ISSN: 2089-1962; E-ISSN: 2597-9868.
Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. 2017. Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) Kursus dan Pelatihan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
Maharany, Elva Riezky. 2017. Cerita Rakyat Sebagai Media Keterampilan Berbahasa. Jurnal Inovasi Pendidikan Volume 1 Nomer 2, September 2017, Halaman 12-18.
Mahardika, Andi I., Nuruddin Wiranda, & Mitra Pramita. 2021. Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 4 No. 3, Agustus 2021
Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan dan Prosedur. ITTIHAD, Vol. I, No.2, Juli – Desember 2017 (p-ISSN: 2549-9238) (e-ISSN: 2580-5541).
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 27 Tahun 2017. Tentang: Standar Kompetensi Lulusan Kursus Dan Pelatihan Bidang Keterampilan Kepemanduan Wisata, Pemeliharaan Taman, Pekarya Kesehatan, Petukangan Kayu Konstruksi, Pemasangan Bata, Perancah, Pemasangan Pipa, Mekanik Alat Berat, Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing, Pembuatan Batik Dengan Pewarna Ramah Lingkungan, Pembuatan Malam Batik, Pembuatan Batik Dengan Pewarna Sintetis, Pembuatan Alat Canting Tulis, Dan Pembuatan Canting Cap. Jakakrta. (diunduh pada 27/9/2021).
Pranandari, Niken. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbicara Bahasa Indonesia Bagi penutur Asing Tingkat Pemula Tinggi. Tesis tidak diterbitkan: Program Pascasarjana Universitas Islam Malang.
Primasanti, Winda. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menulis Teks Puisi dengan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif untuk Siswa Kelas X SMK. Tesis tidak diterbitkan: Program Pascasarjana Universitas Islam Malang.
Sepriani, Hilda. 2021. Strategi Digitalisasi Dalam Pembelajaran BIPA Jarak Jauh (PJJ) Di Wina, Austria. PROCEEDINGS: Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra (SELASAR) 5 ISSN: 2541-349X. Hal: 125-133.
Siroj, M. B. (2018). The Development of Integrative Model for Indonesian Language Teaching Materials in ICT Based Socio Culture Studies for Intermediate non Native Speakers. International Journal of Linguistics, Literature and Translation, 1(3).
Suyitno, Imam. 2008. Norma Pedagogis dan Analisis Kebutuhan Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Diksi, 15 (1), pp: 111-119.
Wahyuni & Ibrahim. 2012. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Malang. Refika Aditama
Widyartono, D. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing Berbasis Blended Learning. Disajikan pada Konferensi Internasional Pengajaran BIPA: Pemartabatan Bahasa Indonesia dalam Menghadapi Perubahan Konstelasi Politik dan Ekonomi Dunia pada 12—14 Oktober 2017 di Singhasari Resort, Batu, Jawa Timur.
Refbacks
- There are currently no refbacks.