PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA TEKS DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 MALANG

subaidah subaidah, Nur Fajar Arief, Akhmad Tabrani

Abstract


Abstrak: Pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline merupakan program aplikasi pembelajaranuyang dapat membantucguru dalam menyampaikan materi pembelajaranbsehingga siswa mampu memahaminya dengan mudah serta siswa merasa tidak jenuh ketikaibelajar. Kebutuhan akan adanya media pembelajarancberbasis Articulate Storyline ini didasarkancpada kenyatan bahwa belum adanya media pembelajaran yang menarik dan interaktif yang digunakan dalamcpembelajaran teks drama, sehinggasdalam pembelajaran teks drama yang bersifat monoton dan konvensional bisa berubah. Tekniksyang digunakaniadalah deskriptifikualitatif, menjabarkanihasil (1) prosesipengembangan, (2) hasilcpengembangan, dan (3) hasil kelayakan mediacpembelajaran.
Proses pengembanganimedia pembelajaraiberbasis Articulate Storyline padaiteks drama meliputi, pengumpulan data yang terdiri dari tahap penyebaraniangket kebutuhaniguru dani siswa.nSecara keseluruhanihasil analisisiangket kebutuhaniguru dilihatidari skalaipenilaiannya yaituisangat perluisebanyak 52,38%,iPerlu sebanyaki47,62%, tidakiperlu sebanyaki1,0%. Sedangkanihasil anlisisiangket kebutuhanisiswa dilihatidari skalaipenilaiannya yaituisangat perlui sebanyaki33%, perluisebanyak 62%, tidak perlu sebanyak 5%. Artinyaipengembangan mediai pembelajaransberbasis Articulate Storyline padaiteks drama diperlukaniatau dibutuhkanioleh siswaikelas VIIIsSMP Negeri 26 Malang.iSetelah melakukanaproses analisisikebutuhan guru danisiswa terhadapimedia pembelajaraniberbasis Articulate Storyline padaiteksidramaitahapi selanjutnyaiadalah desainiproduk dan validasiiproduk.
Hasilipengembangan mediaipembelajaran berupaiproduk mediaipembelajaraniberbasis Articulate Storyline padaiteks drama siswaikelas VIII SMPN yangisudah disesuaikanidengan karakteristikiguru dan siswa. Adapunipembelajaran yangiterdapatipadaimediaipembelajarani berbasis Articulate Storyline yangitelah dikembangkaniyaitu, (1)isampul, (2) halaman Masuk (Login), (3) halaman pendahuluan, (4) tampilan menu utama, (5) standar kompetensi, (6) materi (membengun Konteks dan materi), (7) soa-soal, (8)profil pengembang, (9) referensi, (10) petunjuk.
Hasilidata yangidiperoleh dariivalidasi ahliimedia dalam (1)iaspekimediaimendapatkani nilaiidalam bentukipersentase sebesari85%, (2)iaspek bahasaimendapatkan nilaiidalam bentuki persentaseisebesar 75%, (3)iaspek pembelajaranimendapatkan nilaiidalam bentukipersentase sebesar 87,5%, sedangkan aspek isi dalam bentukipersentase sebesari86,11%. (4)ihasil uji coba lapangn media pembelajaran dalam bentuk persentase sebesar 84%, dengan demikian media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Malang masukikualifikasi sangatibaik, denganiketerangan sangatisesuai/sangat layak/sangat valid/ tidakiperluidirevisi.

KataiKunci : pengembangan,imedia pembelajaran,iArticulate Storyline, teks drama.


References


DaftarnRujukan

Akbari Putri, Mifta Kharima. 2008. Pengembangan Media Pembelajaran Teks Fabel/Legenda dengan Aplikasi Adobe Flash untuk siswa SMP Kelas VII. Malang: Program Pascasarjana Universitas Islam Malang

Ambarwati, Ari. 2018. Penulisan Cerita Humor Melayu Indonesia Untuk Anak Usia 7-11 Tahun. (https://www.researchgate.net, diakses tanggal 1 Juli 2021)

Ambarwati, Ari. 2018.Merayakan Kemajemukan Indonesia Melalui Penulisan Buku Elektronik NonteksPelajaran Berbasis Keragaman Makanan Pokok. (http://repositori.kemendikbud.go.id, diakses tanggal 1 Juli 2021)

Amiroh. 2019. Mahir Membuat Media Interaktif Articulate storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Proktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran (edisi revisi). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Depdiknas. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Sosialisasi KTSP 2008, (online)

(http://dc218.shared.com, diakses pada tanggal 03 juni 2021).

Dewojati, Cahyaningrum. (2012). Drama: Sejarah, Teori, dan Penerapan. Jakarta: Javakarsa Media.

Endraswara, Suwardi. 2011. Metodelogi Penelitian Sastra. Jakarta: Buku Seru

Hanik Faturokhmah, Ummu. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Film siswa Kelas VIII SMPN 1 Pasuruan Berbasis Adob Flash. Malang: Program Pascasarjana Universitas Islam Malang.

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurgiantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:Universitas Gajahmada Press

Pratama, R.A. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Ulfatuzzahara, Trisna. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN Dau Malang. (http://etheses.uin-mang.ac.id, 03 November 2018 )


Refbacks

  • There are currently no refbacks.