PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI MEMBACA TEKS FIKSI UNTUK SISWA KELAS VIII MTSN 7 NGANJUK TAHUN AJARAN 2020-2021
Abstract
Abstrak: Pendidikan perlu dilaksanakan semaksimal mungkin agar sejalan dengan tujuan sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Peningkatan sumber daya manusia harus diimbangi dengan peningkatan kualitas. Namun terdapat beberapa faktor yang memengaruhi proses pembelajaran peserta didik. Seperti kondisi yang terjadi saat ini adalah pandemi Covid-19. Pembelajaran yang awalnya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Sehingga menyebabkan kurang efektifnya pembelajaraan. Agar meningkatkan kompetensi belajar siswa perlu penggunaan media pembelajaran yang praktis, dapat membuat siswa aktif, dan mudah digunakan. Dengan begitu, penggunaan media pembelajaran dengan Lectora Inspire diharapkan menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.
Penelitian ini mengembangkan produk dengan mengikuti prosedur penelitian pengembangan berdasarkan Borg and Gall yang dikenal dengan istilah Research and Development. Namun beberapa langkah disederhanakan dan tetap mengacu pada regulasi untuk pengmebangan produk oleh Borg and Gall, yaitu (1) tahap penelitian serta pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji lapangan. Media Lectora Inspire yang telah dikembangkan terdapat empat kompetensi dasar yang telah ditetapkan berdasarkan Permendikbud.
Media pembelajaran dengan Lectora Inspire ini terdiri dari, (1) kover media pembelajaran, (2) tampilan petunjuk penggunaan, (3) halaman login, (4) menu utama, (5) kompetensi, (6) membangun konteks, (7) materi, (8) evaluasi, (9) kuis, (10) profil penyusun. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, rata-rata nilai yang didapatkan dari validasi ahli media sebanyak 85% dengan keterangan media pembelajaran sangat valid dan tidak revisi. Sedangkan rata-rata nilai yang diperoleh dari validasi ahli materi adalah 74% dengan keterangan materi yang terdapat dalam media pembelajaran adalah valid tidak revisi.
Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan pada guru, memiliki rata-rata 87%. Presentase tersebut termasuk kualifikasi sangat sesuai dengan keterangan sangat layak/sangat valid/ tidak perlu revisi. Sedangkan total presentase pemerolehan berdasarkan uji lapangan oleh siswa yaitu 86% yang termasuk kategori sangat valid, sangat baik, dan tidak perlu revisi.
Kata kunci: Media pembelajaran, fiksi, lectora inspire
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR RUJUKAN
Arikunto, S. 2006. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Aeni, S., Sutrisno, S., & Mushafanah, Q. (2019). Pengembangan Media KOPER (Kotak Permainan) pada Tema 7 Kebersamaan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 159-165.
Amka, H. 2018. Media Pembelajaran Inklusi. Sidoarjo: Nizamia Learning Center 2018
Anitah, S. 2007. Strategi pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dasuki, S. A. 2017. Pembelajaran Menyusun Ikhtisar dari Dua Teks Nonfiksi dengan Menggunakan Metode Think Pair Share pada Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Ernitasari, D. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Kelas V SD N Kasihan. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.
Isman, M. 2017. Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Daring). Jurnal Pembelajaran,(online) ISBN: 978-602-361-045-7, (Daring (Isman, 2016).pdf, diakses 27 Maret 2021)
Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. 2019. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire pada materi jurnal penyesuaian untuk siswa kelas x akuntansi dan keuangan lembaga smk negeri 1 tempel tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97-111.
Miftah, M. 2018. Pengembangan dan Pemanfaatan Multimedia dalam Pembelajaran Interaktif. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 14(2), 147-156.
Murakip, M. 2019. Penerapan Model Integratif Learning Untuk meningkatkan Hasil Belajar Menulis Dan Bercerita Rangkum Buku Nonfiksi. kelasa, 14(1), 48-63.
Nurgiyantoro, B. 2010.Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Perpustakaan.uny.ac.id
Nurgiyantoro, B. 2012.Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Nurmina, N. 2016. Menulis Fiksi Dengan Model Pembelajaran Efektif Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Almuslim, 4(1).
Nurrita, T. 2018. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.
Permadi, A. 2015. Faktor Pendukung dan Penghambat Media Pembelajaran Seni Budaya di SMPN 1 Tegalsari Banyuwangi. Jurnal Seni Rupa, 3(2).
Tafonao, T. 2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Tambunan, I. R. 2017. Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire untuk mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik kelas X di SMK Swasta Imelda Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).
Sanjaya, W. 2012. Strategi pembelajaran berorientasi standar p roses pendidikan.
Setyosari, H. P. 2016. Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.
Shalikhah, N. D. 2017. Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9-16.
Sudarmaji, Andi. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire untuk Mata Pelajaran Sistem AC di Smk Negeri 2 Klate. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. 2008. Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penilaian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.