PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 UNTUK PEMELAJAR BIPA TINGKAT LANJUT DI BIPA UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Sherly Ayu Dwi Ratnasari

Abstract


Abstrak: Pembelajaran BIPA dapat berjalan dengan baik apabila didukung oleh berbagai aspek pembelajaran yang berperan penting dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan. Salah satu aspek pembelajaran yang memiliki peran penting adalah aspek keterampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa yang dipelajari oleh pemelajar BIPA salah satunya  adalah  keterampilan menyimak. Menyimak mempunyai peranan penting dalam pembelajaran BIPA. Peneliti memilih menyimak sebagai salah satu keterampilan penting dalam penerimaan komunikasi yang dapat dilihat dengan nyata. Keterampilan menyimak ini memerlukan media pembelajaran.i Namun, ketersediaan bahan pembelajaran BIPA khususnya menyimak sangat terbatas. Terlebih lagi, beberapa media pembelajaran seperti menyimak untuk BIPA yang berbasis multimedia.i

Perkembangan teknologi informasi dalam bentuk multimedia interaktif semakin pesat di dunia. Pemanfaatan media pembelajaran yang berbasis teknologi untuk pemelajar BIPA merupakan hal yang mutlak, sehingga mampu menghasilkan media pembelajaran yang inovatif.i Hal ini akan mempermudah proses pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan adanya media pembelajaran yang inovatif, pemelajar merasa mudah belajar bahasa Indonesia bila dibandingkan dengan media konvensional. Alasan mengapa peneliti memilih BIPA Universitas Islam Malang, karena belum banyak penelitian pengembangan khususnya media pembelajaran menyimak bahasa Indonesia menggunakan Software Adobe Flash CS5.

Tujuan penelitian ini mengembangkan dan mengetahui kelayakan produk media pembelajaran menyimak bahasa Indonesia menggunakan Software Adobe Flash CS5 untuk pemelajar BIPA tingkat lanjut di BIPA Universitas Islam Malang. Jenis data dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif ini berupa informasi melalui kegiatan wawancara kepada dosen dan pengajar BIPA, kuesioner data pembelajaran serta komentar dan saran dari penilaian dosen dan pengajar BIPA. Data kuantitatif diperoleh dari hasil analisis kebutuhan pemelajar BIPA menggunakan kuesioner dan penilaian dosen, pengajar BIPA, dan pemelajar BIPA.i

Pengembangan media pembelajaran menyimak bahasa Indonesia ini diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Research and Development/R &D yang merujuk pada teori Borg dan Gall.iLangkah-langkah tersebut yakni: (1) analisis kebutuhan, (2) pengumpulan data, (3) desain produk awal, (4) validasi ahli, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk, dan (8) produk akhir. Subjek penelitian adalah pemelajar BIPA tingkat lanjut yang sedang belajar di BIPA Universitas Islam Malang. Jenis data dalam penelitian pengembangan adalah data kualitatif dan kuantitatif.i

Uji coba produk dan validasi ahli dilakukan untuk mengetahui kualitas dan hasil dari produk pengembangan media ini. Hasil uji coba dan penilaian validasi tersebut menyatakan bahwa media pembelajaran menyimak bahasa Indonesia menggunakan Software Adobe Flash CS5 yang dikembangkan ini sangat layak dan baik digunakan dalam proses pembelajaran di BIPA Universitas Islam Malang untuk pemelajar BIPA tingkat lanjut dengan skor rata-rata sebesar 4,46.

 

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Menyimak Bahasa Indonesia,   Adobe Flash CS5, Pemelajar BIPA Tingkat Lanjut

References


Anonim. 2009. Seri Panduan Lengkap: Adobe Flash CS5 Professional. Madiun: MADCOMS.i

Ambarwati, Ari. 2015. Model Buku Cerita Bergambar untuk Pembelajaran BIPA bagi Anak Prasekolah. Makalah disajikan dalam rangka Seminar Internasional, Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Malang, Malang, 28–29 September 2015.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran/Ed. Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.i

Badan Bahasa Kemendikbud. 18 Februari 2020. Pendaftaran Pengajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Dibuka, (Online), (https://lldikti1.ristekdikti.go.id/details/apps/2099, diakses 15 Januari 2021).

Darmawan, Deni. 2012. Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: Remaja Rosdakarya.i

Depdiknas. 2008. Kamus Besari Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Iskandarwassid. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.i

Mayer, Richard E. 2009. Multimedia Learning: Prinsip-prinsip & Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.i

Muliastuti, Liliana. 2019. Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra: Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.i

Prasetya, Andi. 2017. “Penggunaan Media dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Lembaga Kursus BIPA Puri Indonesia Sanata Dharma”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.i

Prasetyo, Agustinus Bayu. 2017. “Pemanfaatan Media Adobe Captivate 5.5 sebagai Media Pembelajaran Dalam Pengajaran Menyimak Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA) Tingkat Dasar di Wisma Bahasa Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.i

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.i

Setyaningrum, Ayu Rooselina. 2018. Pengembangan Materi Menyimak dengan Media Audiovisual Level Advanced Berbasis Interkultural Untuk Pembelajar BIPA. Yogyakarta: Skripsi Sarjana Universitas Sanata Dharma.i

Smaldino, dkk. 2011. Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana.i

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo. 2008. Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Prodi Teknologi, Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.i

Suyitno. Imam. 2005. Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing: Teori, Strategi, dan Aplikasi Pembelajarannya. Yogyakarta: Grafika Indah.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Menyimak sebagai Satuan Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Yuliani, Giska Arindra. 2014. “Pengembangan Materi Ajar dan Media Pembelajaran Menggunakan Software Adobe Flash CS5 dalam Pembelajaran Menyimak Bahasa Indonesia untuk Pembelajaran BIPA Tingkat Beginner di Alam Bahasa Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.