PERAN PENYULUH PERTANIAN TERHADAP PRODUKSI KOPI DI KECAMATAN PRIGEN KABUPATEN PASURUAN

Fandi Achmad, Arief Joko Saputro

Abstract


Dalam rangka meningkatkan pengetahuan petani banyak yang harus di benahi salah satunya adalah sumberdaya manusia. Karena mayoritas petani kopi di desa memiliki masalah dibidang pengetahuan dan inovasi untuk meningkatkan produksi kopi agar terus berkembang (Hartwic dan Scheidengger, 2010). Bedasarkan survei awal, Mayoritas petani di Kecamatan Prigen adalah orang tua yang masih menggunakan cara lama untuk melakukan aktivitas usahatani kopi. Petani (35%) belum melakukan pengumpulan hasil yang baik, petani (25%) belum melakukan pengemasan produk yang baik, petani (20%) belum melakukan grading pada kopi. Seorang penyuluh membantu para petani di dalam usaha mereka meningkatkan produksi dan mutu produksinya guna meningkatkan kesejahteraan mereka. Oleh karena itu, para penyuluh memiliki peran antara lain sebagai pembimbing, organisator dan dinamisator, teknisi, dan konsultan. Penelitian ini dilakukan secara purposive atau sengaja, yaitu di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling (populasi memiliki peluang yang sama menjadi sampel). Untuk mendapatkan sampel dari jumlah populasi yang ada, maka penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, sehingga sampel dari penelitian ini sebanyak 60 responden. Dalam penelitian ini jenis data primer dan data sekunder. Peran penyuluh pada peningkatan produksi tanaman kopi di Kecamatan Prigen yakni, peran penyuluh sebagai konsultan dengan kategori cukup baik yakni dengan rata – rata 3,42. Hal tersebut dinyatakan mampu meningkatkan produksi tanaman kopi disebakan petani mampu memahami dengan baik tentang materi yang disampaikan oleh penyuluh pertanian. Peran penyuluh berkorelasi signifikan terhadap produksi kopi di Kecamatan Prigen dengan nilai sig sebesar 0,001 (0,001 < 0,05). Berdasarkan hal tersebut bahwa peran penyuluh berkorelasi terhadap produksi kopi di Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.

Keywords


Peran penyuluh, produksi kopi

References


Ar-Rozi, M. F., Masitoh, S., & Miftah, H. 2020. Analisis Persepsi Konsumen Beras Organik dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Kasus Orang Tua Siswa Sekolah Alam Indonesia – Studio Alam, Depok). Jurnal Agribisains, 6(2): 89-100.

BPP Kecamatan Prigen (2020). Balai Penyuluhan Pertanian Program (2020).

BPS Provinsi Jawa Timur. 2021. https://jatim.bps.go.id/statictable/2023/03/21/2601/produksi-perkebunan-karet-dan-kopi-menurut-kabupaten-kota-dan-jenis-tanaman-di-provinsi jawa-timur-ton-2021-dan-2022.html. March, 10, 2023.

Herliyanti, F. (2021). Peranan Penyuluh Pertanian dalam Pemberdayaan Kelompok Tani di Kabupaten Pulang Pisau (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya).

Hidayat, Y. Y., Batubara, M. M., & Kurniawan, R. (2017). Peran Penyuluh Pertanian Lapangan Dalam Mendampingi Kelompok Tani Padi Di Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin. Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 6(1), 30-37.

Lasut et al. 2017. Analisis Perbedaan Kinerja Pegawai Berdasarkan Gender, Usia Dan Masa Kerja (Studi Pada Dinas Pendidikan Sitaro). Journal Emba. Vol 5(2):Pp. 2771-80.

Mustajab. (2014). Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Peningkatan Produksi Padi Sawah Di Desa Siru Kecematan Lembor Kabupaten Menggarai Barat, .29-33.

Pakpahan, T. E., Wicaksono, M., & Hrp, Q. H. (2021). peran Balai Penyuluhan Pertanian sebagai pusat data informasi pertanian dalam mendukung program Kostratani. Jurnal Agribisnis Terpadu, 14(1), 46-67.

Purwanto, S., & Iwandana, D. T. (2022). Hubungan antara panjang tungkai, power tungkai, dan kelincahan terhadap kemampuan tendangan atlit tarung derajat Kabupaten Bantul. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 18(3), 1-8.

Santoso, Singgih. 2000. Buku Latihan SPSS Parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo Gramedia.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan) terindek oleh:

                    

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.