Penerapan Business Model Canvas (BMC) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang

Ita Athia, Ety Saraswati, Andi Normaladewi

Abstract


Pengangguran usia produktif merupakan tantangan besar bagi Indonesia dalam memasuki pasar bebas dan persaingan global. Penciptaan wirausaha muda adalah solusi yang bisa ditempuh untuk melipatgandakan pertumbuhan ekonomi. Indonesia menciptakan 700 ribu orang sarjana setiap tahunnya, tetapi masih banyak mahasiswa Indonesia yang kurang berminat berwirausaha. Ketidakpahaman berwirausaha menyebabkan  para mahasiswa lebih banyak bermindset mencari pekerjaan daripada menciptakan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa akan pentingnya berwirausaha dan mendorong tumbuhnya jiwa kewirausahaan (entrepreneurial Mindset) pada mahasiswa dengan mengadakan pengenalan dan pendalaman  Business Model canvas (BMC), sehingga mahasiswa lulusan Unisma Malang mampu menjalankan usaha dan nantinya mampu menjadi pencipta lapangan kerja (job creator).Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. BMC akan diperkenalkan pada mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kewirausahaan lanjutan. Selama 3 bulan (seminggu 1x pertemuan), mahasiswa akan diajarkan materi BMC dan penerapannya. Kemudian akan diukur secara kuantitatif untuk mengetahui pengaruh penerapan BMC terhadap mindset kewirausahaan mahasiswa. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UNISMA , semester 6 yang telah mendapatkan mata kuliah kewirausahaan lanjutan, dimana mereka belum pernah mendapatkan pengenalan dan materi BMC sebelumnya. Sampel diambil berdasarkan simple random sampling sebanyak 88 orang mahasiswa. Analisis data yang dipakai adalah Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara significant BMC mempengaruhi mindset berwirausaha mahasiswa secara metode (cara menjalankan bisnis), elemen bisnis (mengetahui komponen-komponen yang diperlukan dalam bisnis), serta strategi (memanfaatkan peluang yang dimodifikasi untuk mengurangi resiko). Model visualisasi yang disajikan BMC memudahkan mahasiswa dalam memetakan bisnis, berinovasi dan berkreasi, berpikir simple, mengkolaborasikan seluruh elemen yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis, dan memanfaatkan peluang. BMC sangat efektif dipakai sebagai alat model bisnis yang memudahkan pemahaman mahasiswa dalam menjalankan usaha/bisnis, sehingga BMC perlu diperkenalkan dan dimasukkan dalam materi mata kuliah kewirausahaan di lingkungan Universitas Islam Malang untuk meningkatkan mindset kewirausahaan mahasiswa.

 

Keywords: business model canvas (BMC), entrepreneurial mindset, business model

Full Text:

PDF

References


Adi W Gunawan (2008), The Secret of Mindset, Gramedia Pustaka Utama

Bygrave,W.D. (2004), The entrepreneurial process and the role of entrepreneurship in the economy

DIY Toolkit: Business Model Canvas, DIY Development Impact & You, Practical tools to trigger & support social innovation

Gabriel, C.A., Kirkwood, J., (2016), Business model for model business: Lessons from renewable energy entrepreneurs in developing countries, Otago Business School

Hermawan, A., Pravitasari, R.J, (2017), Business Model Canvas, Akselerasi.Id

Herwin Mopangga, (2014), Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo, Trikonomika, Vol.13, No. 1, Hal. 78-90, ISSN 1411-514X (print)/ISSN 2355-7737 (online)

Hong Y Ching. Prof., Clemens Fauvel, CRITICISMS, VARIATIONS AND EXPERIENCES WITH BUSINESS MODEL CANVAS, European Centre for Research Training and Development UK (www.ea-journals.org), European Journal of Agriculture and Forestry Research Vol.1. No.2, pp. 26 -37, December 2013

McClelland, D. C. (1961). The achieving society. Princeton, NJ: Van Nostrand

McGrath, Rita, Ian MacMillan (2000), The Entrepreneurial Mindset: Strategies form Continously Creating Opportunity in an Age of Uncertainty

Osterwalder, A., Pigneur, Y., & Clark, T. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers, Wiley, Hoboken, NJ.

Remus Toma, Business Model-Definition, Building Blocks, Innovation, https://e-equalsmc3.com/alex-osterwalders-business-model-canvas/

Rosmiati, Donny Teguh Santoso Junias, Munawar, (2015), Sikap, Motivasi, dan minat berwirausaha mahasiswa

Rohadi. (2011). Membangun Mindset Wirausaha. Dapat diakses di: http://rohadientrepreneurship.blogspot.com/2011/02/membangun-mindsetwirausaha.html

Sugiyono (2006), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D), Bandung: Alfabeta.

Tejo Nurseto, (2004), Strategi Menumbuhkan Wirausaha Kecil Menengah yang Tangguh, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol.1, No.1, Februari, 2004

Tim PPM Manajemen (2012), Business Model Canvas Penerapan di Indonesia

Zott, C., Amit, R., & Massa, L., 2011, The Business Model: Recent Developments and Future Research, Journal of Management


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan) terindek oleh:

                    

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.