Potensi Masuknya Pesaing Baru Dan Potensi Pengembangan Produk Pengganti Batik UKM Di Malang Dan Batu

Andi Normaladewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan menjelaskan dan menganalisis potensi masuknya pesaing baru dan potensi pengembangan produk pengganti batik di Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi untuk  mendeskripskan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, dan persepsi pengusaha batik. Implikasi proses penelitian ini akan menghasilkan temuan penelitian sebagai berikut, pertama pelaku UKM batik dihadapkan oleh adanya usaha batik lain yang memproduksi batik printing dan batik celup. Batik printing dan batik celup diproduksi dalam jumlah yang banyak dengan waktu proses yang cepat dan harga yang sangat murah sehingga pengusaha batik tradisional menghadapi persaingan dengan cara mempertahankan dan meningkatkan kualitas batik serta menerapkan strategi harga yang sesuai. Kedua, lingkungan industri yang dinamis memicu sebagian pelaku UKM untuk melakukan inovasi sebagai upaya mempertahankan eksistensi dalam dunia batik. Ketiga,  terjadi pergeseran nilai seni budaya batik, baik dari segi motif, maupun filosofinya karena tuntutan permintaan pasar dan kebutuhan ekonomi


Kata kunci: potensi masuknya pesaing baru, potensi pegembangan produk pengganti, fenomena inovasi, UKM batik


Full Text:

PDF

References


Afriana, Lina. 2012. Manajemen dan Inovasi. http://mhs.blog.ui.ac.id/lina.afriana /2012/06/05/manajemen-dan-inovasi/. 19 Mei 2014.

Ahmed.1998.Culture and Climate for Innovation.European,Journal of Innovation Management. Vol.1 Iss: 1, pp.30- 43.

Amalia, A., Hidayat, W., Budiatmo, A. 2012. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada UKM Batik Semarangan Di Kota Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis.

Amubode, Adetoun, A. 2009. EVIPI”: Innovation Stimulant in Niche Market for Renaissance of Resist Dyeing Industries. Journal of Fashion Marketing and Management Vol. 13 No. 2.

Analovi,F. & Karami, A. 2003. Strategic Management In Small and Medium Enterprises. First Edition.Thomson Learning. TJ International.

Antarnews. 2013. Batik Berpewarna Alami yang Dicari Konsumen Asing. Antarnews ,11 Maret 2013.

Ardiana, Brahmayanti, dan Subaedi. 2013. Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.12 No.1, pp.42-55.

Atuahene,Gima K.1996.Market Orientation and Innovation, Journal of Business Research. 35:93-103.

Ceramy, Joseph R. 2009. Research in Organizational Design : The Capacity for

Innovation in Large, Complex Organizations, The Innovation Journal.

Creswell, John. 2010. Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Amog Five Approaches, Sage Publication, California, USA.

Daft, Richard L. 2006. Management. Buku 1 Edisi 6. Editor Resthi Widyaningrum. Jakarta : Salemba Empat.

Damanpour. 1988. Innovation Type, Radicalness, and The Adoption Process. Comunication Research. 15, 545-67. (En Wolfe, R. A., 1994).

David,Fred R. 2011.Manajemen Strategis Konsep. Buku 1 Edisi 12. Editor Palupi Wuriati. Jakarta : Salemba Empat.

Fatonah, Siti. 2010. Pengaruh Bauran Pemasaran, dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada Perusahaan Batik di Surakarta. Doktor Ilmu Ekonomi Program Pascasarjana Untag, Surabaya.

Gana,Frans. 2011. Kreasi Pengetahuan, Inovasi dan Daya saing Bisnis, Cetakan

Pertama. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Ghony, M. Djunaidi & Fauzan Almanshur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif,

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasan, Tholchah. 2003. Metode Penelitian Kualitatif : Tinjauan Teoretis dan Praktis, Cetakan Kedua Juli 2003. Edisi Revisi. Editor Masykuri Bakri Lembaga Penelitian Universitas Islam Malang, Visipress.

Hilmi, Mohd Faiz, T. Ramayah dan Yanti Mustapha. 2010. Product and Process

Innovativeness, Vol.16,No.4, 547-555.

Joewono, Handito. 2011. The 5 Arrows of New Marketing. Cetakan 1. Editor Nini

Tanjung. Jakarta : Arrbey.

Kementerian Koperasi dan UKM. 2012. Batik Harus Makin Inovatif. Website:http/

www.depkop.go.id. 23 Januari 2014.

Kusmiyati. 2010. Batik dalam Persaingan: Kompetisi Bisnis Batik Buatan Lokal

Dengan Batik Buatan China. http://www.google.com. Februari 2014.

Kumalasari, Y.Y.,Suryono,A.,Rozikin,M. Pembinaan dan Pemberdayaan Pengrajin Batik (Studi di Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Sidoarjo dan Industri Kecil Kampoeng Batik Jetis Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Administrasi Publik, (JAP), Vol. 2, No. 1, Hlm. 66-70.

Lucas and Farrell. 2000. The Effect of Market Orientation on Product Innovation,

Journal of the Academy of Marketing Science, 28(2), 239-247.

Michael, Q.Patton. 2001. Qualitative Research & Evaluation Methods. Three Ed.

Miller, Campbell, Littrell & Travnicek. 2005. Instrument Development and Evaluation for Measuring USA Apparel Product Design Attributes. Journal of Fashion Marketing and Management Vol. 9 No. 1.

Muhaimin,Yahya.1971. Teori Batik (Pengertian Batik). http://www.google.com.

Februari 2014.

Neira, C.O., Lindman, M.T.,Fernandez, M.J. 2009. Innovation and Performance in SME Furniture Industries: An International Comparative Case Study,Marketing Intelligence & Planning. Vol. 27 No. 2,pp. 216-232.

Novandari, Weni. 2013. Pemetaan dan Analisis Kompetensi Inti UKM Batik di Kabupaten Purbalingga dengan Pendekatan Value Chain. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol.12. No.1. FE Unsoed, Purwokerto.

Nurseto, Tejo. 2004. Strategi Menumbuhkan Wirausaha Kecil Menengah yang Tangguh. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol.1 No.1.

O’Dwyer M., Gilmore A., and Carson D.2009. Innovative Marketing in SMEs : Commentary, European Journal of Marketing, Vol.43 No. 1 / 2, pp. 46 – 61.

Okezone Economy .2013. Importasi Batik Printing China Capai Rp 43 M. Okezone,18 Mei 2013.

O’Regan, N. and Ghobadian, A. 2005. Innovation in SMEs: The Impact of Strategic Orientation and Environmental Perceptions. International Journal of Productivity and Performance Management. Vol. 54 No. 2, pp. 81-97.

Pearce, John A. And Robinson, Richard Braden Jr. 2003. Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control, Eight Edition,McGraw-Hill.

Pekalongan Kota. 2013. Ekspor Batik Indonesia Rp 3 triliun. Pekalongan Kota, 8 Oktober.2013.

Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Buku Panduan Tesis dan Disertasi. 2011. Universitas Brawijaya ,Malang.

Rademakers, Martin. 2005. Corporate Universities: Driving Force of Knowledge Innovation. The Journal Workplace Learning. Vol.17 Bo.2 130-136.

Rofiaty.2010. Pengaruh Kondisi Lingkungan, Perilaku Berbagi Pengetahuan, dan Proses Perencanaan Strategis terhadap Inovasi dan Kinerja (Studi Pada UKM Sentra Kerajinan Kulit di Jawa Timur), Disertasi Program Doktor Ilmu Manajemen, Tidak Dipublikasikan, PPSUB, Malang .

Salam, Muslim. 2011. Metodologi Penelitian Sosial Kualitatif : Menggugat Doktrin Kuantitatif. Makassar : Mesagena Press.

Salavou, H. 2005. Do Customer and Technology Orientations Influence Product Innovativeness in SMEs? Some New Evidence From Greece, Journal of Marketing Management, Vol. 21, pp. 307-38.

Samsir. 2012. Pengaruh Lingkungan Industri Inovasi dan Kebijakan Pemerintah terhadap Kinerja Usaha (Studi Pada Industri Kecil Tenun Songket Riau Di Provinsi Riau), Disertasi Program Doktor Ilmu Manajemen, Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.

Santoso, Agus. 2008. Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus di UKM Kambing Desa Cikarawang, Kecamatan Darmaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat), Program Studi Manajemen Agribisnis Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Setyaningrum,Mamiek.2012.Batik.marsharamadhanibiancaprasetyoblogspot.com20Mei2014.

Setyanti, Sri Wahyu L.H. 2013. Peran Inovasi Dalam Memediasi pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Berbagi Pengetahuan terhadap Kinerja Bisnis (Studi pada Usaha Kecil dan Menengah Batik di Jawa Timur, Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Brawijaya, Malang. Dipublikasikan.

Situmorang, Satriani. 2012. Analisis Keputusan Pembelian dan Preferensi Konsumen Batik Bogor Tradisiku, Institut Pertanian Bogor.http: //repository.ipb.ac.id, Februari 2014.

Soesilo, Albertus M. 2008. Batik Laweyan : Sebuah Usaha Unggulan Lokal Pada Masa Jayanya Menjadi Usaha Marginal Secara Ekonomi Saat Ini (Pendekatan Holistik Kualitatif Tentang Studi Kegagalan Usaha Pribumi di Lokasi Tertentu), Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Brawijaya,Malang.

Strauss, Anselm & Corbin, Juliet M. 2003. Basics of Qualitative Research: Techniques and Procedures for Developing Grounded Theory.

Suendro, Ginandjar. 2010. Analisis Pengaruh Inovasi Produk Melalui Kinerja Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan. Februari, 2014.

www.eprints.undip.ac.id/24073/1/GINANJAR_SUENDRO- 01.pdf.

Syukron, Amin. 2014. Pengantar Manajemen Industri. Jakarta : Graha Ilmu.

Tambunan,Tulus. 2009. Export-Oriented Small and Medium Industry Clusters in Indonesia. Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy Vol. 3 No. 1

Tempo Bisnis. 2011. Ekspor Batik Ditargetkan Tumbuh 20 Persen. Tempo, 28 September 2011.

Tirtaamidjaja, Nurjiswan. 2012. Fenomena Batik Indonesia. batik-tusta.blogspot.com. September 2014.

Weerawardena, J.2003. Exploring the Role of Market Learning Capability in Competitive Strategy, European Journal of Marketing,Vol. 37 No. 3/4, pp. 407-29.

Wibisono, Agus. 2011. Management Innovation. http://www.google.com.Januari 2014.

Zakiyudin, Ais. 2013. Teori dan Praktik Manajemen (Sebuah Konsep yang Aplikatif Disertai Profil Wirausaha Sukses). Mitra Wacana Media, Jakarta.

Zhang, B., dan Tao,Q. 2012. Research of SME’s Technology Innovation Model From Multiple Perspectives. Chinese Management Studie. Vol.6 No.1, pp.124-136.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan) terindek oleh:

                    

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.