Mendeteksi Perilaku Kecurangan Akademik Dengan Perspektif Fraud Diamond Theory

Hariri Hariri, Ayub Wijayati Sapta Pradana, Fahrurrozi Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah secara simultan dan parsial teori fraud diamond yang terdiri dari tekanan, peluang, rasionalisasi dan kemampuan mempengaruhi tindakan kecurangan akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi di Universitas Islam Malang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah secara simultan teori fraud diamond (tekanan, peluang, rasionalisasi dan kemampuan) berpengaruh secara positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik. Secara parsial tekanan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, secara parsial kesempatan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, secara parsial rasionalisasi berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, dan secara parsial kemampuan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik. Namun diantara empat teori tersebut rasionalisasi yang paling dipilih oleh responden yang memiliki potensi terhadap perilaku kecurangan akademik. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan kepada pada pendidik agar dapat meminimalisirkan perilaku kecurangan akademik.

Full Text:

PDF

References


Artaria, Mytati Dyah (2012) Kecurangan Akademik di Kalangan Mahasiswa. Diunggah di the blog of Mitha – by Myrtati Dyah Artati.

Astami, Emita Wahyu (2001) Faktor-Faktor yang Berpengaruh dalam Pemilihan Profesi Akuntan Publik dan Nonakuntan Publik bagi Mahasiswa Jurusan Akuntansi.KOMPAK 1, Jan 2001: 57-84.

Aziz, Muhammad Rusydi dan Nurlita Novianti (2016) Analisis Pengaruh Fraud Diamond, Integritas dan Relegiusitas Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Konsentrasi Syariah Universitas Brawijaya). Jurusan Akunatnsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya.

Becker, D’arcy, Janice Connolly, Paula Lentz dan Joline Morrison (2006) Using the Business Fraud Triangle to Predict Academic Dishonesty Among Business Students. Academic of Educational Leadership Journal. Voleme 10, Number 1, 2006.

Dewi, Yuliana Pratiwi dan Anita Wijayanti (2016) Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa S1, S2 dan S3 Jurusan Akuntansi FEB UB Berdasarkan Konsep Fraud Diamond. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Volume 4, Nomor 2, 2016.

Fitriana, Annisa dan Zaki Baridwan (2012) Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi: Dimensi Fraud Triangle. Jurnal Akuntansi Multiparadigma (JAMAL). Volume 3, Nomor 2, Halaman 161-331 Malang, April 2012. ISSN 2086-7603.

Gbegi, D.O dan Adebisi J.F (2013) The New Fraud Diamond Model-How Can it Help Forensic Accountans in Fraud Investigation in Nigeria?. European Journal of Accounting Auditing and Fiancé Research Vol.1, No. 4, pp.129-138, December 2013 Published by European Centre for Research Training and Development UK (www.eajournals.org).

Hendricks (2004) Academic Dishonesty – Kecurangan Akademis. Diunggah di http://www.megaupload.com/?d=DYB0KC1A

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo (1999) Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. BPFE UGM. Yogyakarta.

Malgwi, Charles A. dan Carter Rakovski (2009) Behavioral Implications of Evaluating Determinants of Academic Fraud Risk Factors.Journal of Forensic & Investigative Accounting. Vol. 1 Issue 2, July – December 2009.

Marsden, H., Carroll, M., & Neill, J.T. (2005)Who cheats at university? A selfreport study of dishonest academic behaviours in a sample of Australian university students. Australian Journal of Psychology, 57(1), 1-10.

Nursani, Rahmalia dan Gugus Irianto (2013) Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa: Dimensi Fraud Diamond. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Volume 2, Nomor 2, Universitas Brawijaya.

Purnamasari, Desi (2013) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecurangan Akademik pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal/Articles. Volume 2, Nomor 1 (2013). Journal.unnes.ac.id

Prawira, I Dewa S dan Irianto (2015) Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya Malang.

Ruankaew, Thanasak (2016) Beyond the Fraud Diamond. International Journal of Business Management and Economic Research (IJBMER). Volume 7 (1) 2016, 474-476 ISSN: 2229-6247.

Santoso, Muhamad Hadi dan Helmy Adam (2013) Analisis Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi Dengan Menggunakan Konsep Fraud Triangle. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Volume 2, Nomor 2, Universitas Brawijaya.

Sugiyono (2001) Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Singarimbun, Masri dan Efendi (1995) Metodelogi Penelitian Survey. Edisi Revisi, Jakarta: LP3ES.

Tuanakotta, Theodorus M (2007) Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Wilopo, Romanus (2013) Menumbuhkan Budaya Anti Fraud di Dunia Pendidikan Tinggi.Disampaikan pada Round Rable Discussion ACFE Indonesia Chapter East Java Region. Universitas Trunojoyo Madura, 28 Juni 2013.

Wolf, D.T. & Hermanson, D.R. (2004).“The Fraud Diamond: Considering the Four Elements of Fraud’’: The Certified Public Accountants (CPA) Journal.

Wood, Gail dan Paula Warnken (2004)Managing Technology, Academic Original Sin: Plagiarism, the Internet, and Librarians. Journal of Academic Librarianship, May2004, Vol. 30 Issue 3, p237-242

Yudiana, Anastasya Putri dan Hexana Sri Lastanti (2016) Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Seminar Nasional dan Call Paper Fakultas Ekonomi UNIBA Surakarta. ISBN: 978-979-1230-36-0


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan) terindek oleh:

                    

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.