KUALITAS PELAYANAN PUBLIK MELALUI SISTEM PENDAFTARAN ONLINE (SIMPONI) DI KECAMATAN SAPEKEN

Moh. Rofiq Risandi, Hirshi Anadza, Septina Dwi Rahmawati

Sari


Kabupaten Sumenep¸secara geografis terdiri dari daratan dan kepulauan. Ada 27 kecamatan yang meliputi 19 kecamatan daratan dan delapan kecamatan kepulauan. Berdasarkan hasil sinkronisasi wilayah Provinsi Sumenep, terdiri 126 pulau yang ada di Provinsi Sumenep.Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sumenep berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efisien.Dalam meningkatkan pelayanan pengelolaan kependudukan.Termasuk meningkatkan kualitas layanan pengelolaan kependudukan melalui inovasi. Masyarakat kepulauan Kabupaten Sumenep dalam mengurus dokumen kependudukan harus harus mengeluarkan biaya oprasional dengan menggunakan kapal laut untuk mengurus dan membuat dokumen administrasi kependudukan dan memakan waktu yang cukup lama. Selain itu keberadaan Mal Pelayanan Publik atau MPP juga di anggap kurang maksimal bahkan menjadi masalah baru karena keberadaanya tetap tidak menjadi solusi bagi masayarakat kepulauan. Pemerintah Kabupaten Sumenep sedang melaksanakan program yang diberi nama (Sistem Pendaftaran Online). Diinovasi sebagai sistem  pelayanan registrasi administrasi yang menggunakan aplikasi berbasis website untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga,  Kartu Identitas Anak, Akta Kelahiran, dan jenis dokumen kependudukan lainnya. Pelayanan Publik merupakan elemen yang sangat begitu penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dimana pelayanan publik diartikan dalam sederhana dapat dipahami oleh berbagai pihak sebagai pelayanan yang diselenggarakan oleh pemerintah. Semua barang dan jasa yang diselenggarakan oleh pemerintah kemudian disebut sebagai pelayanan publik. Selain itu juga dijelaskan oleh Agus Dwiyanto dalam berbagai artikelnya selaku kepala Lembaga Administrasi (LAN) 2012-2015, bahwa litelatur terdahulu menyatakan “ what gover nment does is publik services “ pendapat tersebut menunjukkan bahwa pada dasarnya pemerintah memang benar-benar memiliki peran yang sangat begitu penting dalam penyelenggaraan pelayanan publik. “Ei-goveirnmeint teintunya meimiiliikii viisii teirseindiirii, yaiitu tiinjauan beirdasarkan komponein seipeirtii jariingan broadband, beirbagaii iinformasii, systeim dokumein eileiktroniik dan siitus portal peimeiriintah (Iindrayanii,2020:17)”. Adanya viisii teirseibut meinguntungkan keipada neigara agar leibiih ceipat meingakseis suatu iinformasii systeim atau dokumein yang diibutuhkan dii peimeiriintahan. Meimiiliikii fokus peineiliitiian yang jeilas meimungkiinkan peineiliitii meingambiil keiputusan yang leibiih baiik meingeinaii data apa yang peirlu diikumpulkan dan data apa yang tiidak diipeirlukan. Peimfokusan peineiliitiian deingan cara iinii meimudahkan dalam meilakukan peineiliitiian kareina keiteirbatasan peineiliitiian diifokuskan pada iindiikator-iindiikator.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sumber Buku:

Hardiansyah 2018, Kualitas Pelayanan Publik (Konsep Dimensi, Indikator dan Implementasi). Yogyakarta: Gava Media

Hayat 2017 Manajmen Pelayanan Publik Depok: PT RajaGranfido Persada. Siagian, Sodang P. 2003 Filsafat Administrasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

A.S, Moenir. 2006. Pendekatan manusiawi dan Organisasi terhadap Pembinaan Kepegawaian. Jakarta : Gunung Agung.

Adnan, I.M., Hamim, S. 2013. Administrasi, Organisasi, dan Manajamen : Suatu Ilmu, Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : Trussmedia Grafika.

Dendawijaya, Lukman. 2001. Manajemen Perbankan. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Hardiansyah.2018. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.

Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Depok, PT Raja Grafindo Persada

Indrayani, Etin. 2020. E-Government: Konsep, Implementasi dan perkembangannya di Indonesia. Sumatera Barat : LPP Balai Insan Cendikia

Joze Raco. 2010.M etode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta, PT. Grasindo.

Miles, M.B dan A.m Huberman 2014. Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta : UI Press.

Moleong, L.J 2016. Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Moenir, A.S 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta, Bumi Aksara.

Mulyana, R. 2016. Birokrasi dan Pelayanan Publik. Sumedang : UNPAD Press

Pasolong, H. 2019 Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta

Pramono, joko. 2020. Implementasi dan Evaluasi kebijakan Publik. Surakarta : UNISRI Press.

Ridwan, Juniarso dan Achmad Sodik Sudrajat. 2009. Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung, Nuansa.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Teguh. A & Suharyanto.H 2019. Pelayanan Kependudukan Berbasis e-government di Desa Triharjo Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta : PPMD

Warella, Y 1997. Administrasi Negara dan Kualitas Pelayanan Publik. Semarang, BP Undip.

Jurnal & Skripsi

Widya Kurniati 2019. “Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan Boliyhoto Kabupaten Gorontalo

Anna Sulastari 2021. “Kualitas Pelayanan Publik Secara Online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarmasin

Aina, Shafira dan Kurniasiwi, Ardita. 2021. Implementasi E-government dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Berbassis Online di Kabupaten Kulon Progo. Vol. 5 No. 1.

Apriliani. R, Meigawati D, Basori. Y,F. 2022. Efektivitas Pelayanan Online Dalam Pendaftaran Pembutana Kartu Keluarga di Dinas KEpendudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. Vol. 6 No. 1.

Ardelia.P, Pradana, G.W. 2022. Inovasi Pelayanan E-SIAP (Elektronik Sistem Aplikasi Pendaftaran) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar. Vol. 9 No. 5.

Farhani, Atika dan Fachri, A.M. 2021. Efektivitas Pelayanan Dokumen Kependudukan melalui Sistem Paduko. Vol. 5 No. 1.

Hasibah, I. (2022). Efektivitas Program Pelayanan Oline Administrasi Kependudukan (POEDAK) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Skripsi Administrasi Negara. UNISMA

Irawan,B. (2015) E-Government Sebagai Bentuk Baru Dalam Pelayanan Publik : Sebuah Tinjauan Teoritik [Internet],4 (3) Desember, PP.201.

Maiwan, mohammad (2014). Memahami Politik Globalisasi dan Pengaruhnya dlam Tata Dunia Baru : Antara Peluang dan Tantangan. Vol.07 No. 1.

Nupiah, Alhanif (2022). Implementasi E-Government melalui Aplikasi Online Anywhere Service (OASE) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat.

Undang-Undang

Peraturan Bupati No. 98 Tahun 2022. Aplikasi Sistem Pendaptaran Online Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KAbupaten Sumenep

INPRES No.3 Tahun 2003. Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009. Pelayanan Publik

Website Resmi

Dinas Komunikasi & Informasi Provinsi Jawa Timur https://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/pemkab-sumenep-buka-layanan-kependudukan-cukup-di-kecamatan Kementrian Keuangan Republik Indonesia Apa itu Pelayanan Prima? (kemenkeu.go.id)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.