INOVASI PELAYANAN KESEHATAN PADA APLIKASI MOBILE JKN TERHADAP PESERTA BPJS KESEHATAN (Studi Kasus BPJS Kesehatan Malang)

Fitri Widyawati, Afifuddin Afifuddin, Taufiq Rahman Ilyas

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menyimpulkan kemajuan kesejahteraan organisasi secara keseluruhan serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menggunakan aplikasi Pelayanan Klinik Umum (JKN) yang nyaman dengan spekulasi yang digunakan dalam penilaian ini. Untuk menepis konsep organisasi pensiun yang diawasi pemerintah, BPJS Sejahtera telah maju dengan organisasi berbasis kemajuan informasi terkini, yaitu JKN Fleksibel, yang menggabungkan kemudahan dalam memilih, mengubah data bantuan, dan membayar tanggung jawab. Dipercayakan bahwa aplikasi ini dapat membantu mengurangi antrean masyarakat di kantor BPJS Kemakmuran. Jenis penilaian yang digunakan adalah penyelidikan emosional dengan menggunakan filosofi tertentu. Sistem pengumpulan data yang digunakan untuk memastikan keaslian dalam penilaian ini mengkonsolidasikan pengumpulan, penegasan dan dokumentasi. Perlunya Aplikasi JKN Fleksibel ini sangat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat, hal ini juga membantu BPJS Kesejahteraan Cabang Malang Kota dalam memberikan pelayanan yang lebih baik, meningkatkan kepuasan masyarakat, dan membuat pelayanan menjadi lebih mudah diakses oleh masyarakat. Kemajuan terbaru yang diberikan BPJS Sejahtera adalah tentang BPJS Kompak. Selain itu variabel pendukung bagi nasabah Aplikasi JKN Kemudahan adalah mereka merasa diuntungkan dan dimudahkan untuk memonitor lingkungan, mengurus dan menjangkau organisasi kesejahteraan, sedangkan sisi penghambatnya adalah individu BPJS Kesejahteraan lingkungan terhambat dalam mendapatkan organisasi karena tidak hadirnya organisasi, dan lambatnya respon terhadap penerapan JKN yang adaptif. Oleh karena itu, kedua faktor ini sangat bermanfaat dalam pengembangan organisasi lebih lanjut dan dapat memberikan informasi terkait Aplikasi JKN yang Dapat Disesuaikan kepada semua orang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anang Firmansyah. 2020. Komunikasi Pemasaran. Vol. 1. 1st ed. edited by Anang Firmansyah. Pasuruan: Qiara Media.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. (Rev. ed). Jakarta: Rineka Cipta

Barata, Atep Adya. 2004. Dasar Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga

Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Erlangga, Jakarta

LAN.2014 . Handbook Inovasi Administrasi Negara. Jakarta: Pusat Inovasi Tata Pemerintahan – Deputi Inovasi Administrasi Negara – Lembaga Administrasi Negara

Ridwan, Juniarso dan Achmad Sodik Sudrajat. 2009. Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung: Nuansa.

Sinambela, LijanPoltak, 2006, Reformasi pelayanan publik:Teori, Kebijakan, dana Implementasi. Jakarta: PT. BumiAksara.

Sukmadi. 2016. Inovasi & Kewirausahaan Edisi Paradigma Baru Kewirausahaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Grup.

Ridder, H. G. (2014). Book Review: Qualitative data analysis. A methods sourcebook (Vol. 28, No. 4, pp. 485-487). Sage UK: London, England: Sage publications.

Online Website dan Jurnal :

Angelita, M., Lukman, S., & Tahir, I. (2021). Inovasi Dan Efektivitas Pelayanan Melalui Mobile Jkn Pada BPJS Kesehatan di Jakarta Selatan. Medium, 9(2), 292-305

Djoko Winahyu, 2022. E-JKN Cekat, Inovasi Pemerintah Kota Malang untuk Program JKN https://malangpariwara.com/2022/08/24/e-jkn-cekat-inovasi- pemerintah-kota-malang-untuk-program-jkn/ diakses pada tanggal 17 November 2022.

Fachmi Idris,2020. Kota Malang Menuju Smart City Health Care https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2020/1468/Kota-Malang- Menuju-Smart-City-Health-Care diakes pada tanggal 17 November 2022

Fairus, F. (2020). METODA PENELITIAN. Jurnal Penelitian STIE Indonesia, 5(1), 31-38.

Gelonita, P., Said, M. M. U., & Sekarsari, R. W. (2024). EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM RENCANA PEMBAYARAN IURAN BERTAHAP (REHAB) DALAM MENJAMIN STATUS KEAKTIFAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (Studi di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Malang). Respon Publik, 18(2), 51-59.

Haryoko.S.,Bahartiar.,Arwadi F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif.

Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Krisdayanti, W. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan

Nasional (JKN) untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Medan (Doctoral dissertation).

Mazaya, A. A., Muchsin, S., & Sekarsari, R. W. (2020). Upaya Peningkatan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Pada Pasien Rawat Inap Peserta BPJS Kesehatan (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Malang). Respon Publik, 14(1), 19-24.

Modul Panduan Layan BPJS Kesehatan https://www.bpjs- kesehatan.go.id/bpjs/arsip/view/1477 diakses pada tanggal 17 November 2022

.Putra, B. K., Dewi, R. M., Fadilah, Y. H., & Roziqin, A. (2021). Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Melalui Mobile JKN di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Publika, 9(1), 1-13.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Solechan, S. (2019). Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sebagai Pelayanan Publik. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 686-696.

Suhadi, J. K. (2022). Dampak Penggunaan Aplikasi Mobile JKN terhadap Pelayanan BPJS. Jurnal Kesehatan 15, 11-22.

Sunardi, F. R. (2018). PENGALAMAN PESERTA JKN TERHADAP PELAYANAN BPJS DI KOTA MALANG. Keperawatan.

Widyasari,Yasintha,& Wirantari, (2019). Implementasi program mobile Jkn dalam memberikan pelayanan pengguna KIS di kantor Bpjs Kesehatan kabupaten Karangasem. Citizen, 1(1), 1-9.

Wulandari, A., & Sudarman, I. (2019). Inovasi bpjs kesehatan dalam pemeberian layanan kepada masyarakat: Aplikasi mobile jkn. Jurnal Public Policy Vol


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.