ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) KOTA PROBOLINGGO

Larastiana Dewi, Afifuddin Afifuddin, Langgeng Rachmatullah Putra

Sari


Kualitas pelayanan merupakan suatu organisasi publik yang bercirikan tanggung jawab publik, bahwa setiap warga bernegara mempunyai hak untuk dapat menilai mutu pelayanan yang diberikan kepadanya. Sebagai organisasi publik, misi Samsat Kota Probolinggo adalah memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. dimana pelayanan yang berkualitas akan selalu menjadi tuntutan masyarakat yang harus dapat terpenuhi oleh pemerintah. Dalam hal peningkatan pelayanan publik, Samsat terus mendapat banyak kritik dari masyarakat, mulai dari ketidakpastian waktu pelayanan, proses pelayanan publik yang berbelit-belit, panjang dan berbelit-belit, jaringan internet yang tidak stabil, dan kurangnya keramahan petugas yang berujung pada rendahnya peningkatan pelayanan publik. terhadap kualitas layanan yang buruk kepada pejabat publik. Kesenjangan ini juga mempengaruhi kepercayaan masyarakat, sehingga menyebabkan eksistensi calo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis penelitian, kualitas pelayanan publik di Samsat Kota Probolinggo dapat dinilai dengan lima indikator: (1)tangible (bukti), (2) reliabilitas (keandalan) (3) responsiveness (ketanggapan), (4) assurance ( jaminan). ) dan (5) empathy (empati). Faktor pendukung kualitas pelayanan publik adalah fasilitas dan peralatan serta alat bantu lainnya yang lengkap dan memadai, dukungan sosialisasi dan inovasi program layanan dengan cara antri sambil berjalan kaki. Sementara itu, faktor penghambat kualitas pelayanan publik di sini adalah rendahnya partisipasi masyarakat yang menyebabkan eksistensi calo.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sumber Buku:

Cohen Bruce J, (2009). Peranan, Sosiologi Suatu Pengantar. Rineka Cipta, Jakarta.

Debora Sanur Lindawaty, D. S. (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Draha, (2000). Ilmu Pemerintahan Jilid I. Institut Ilmu Pemerintahan.UGM

Gaspersz, Vincent. (1997). Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media. Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Ibrahim, Amin. (2008). Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju.

I Nyoman Trisantosa, D. K. (2022). Pelayanan Publik Berbasis Digital. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

J.Moleong, Lexy. (2014). Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung. Kasmir. (2009). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.

LAN. (2010). Akuntabilitas dan Good Governance. Jakarta: Modul 1 akip.

Lexy J. Moleong. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyawan, R. (2016). Birokrasi dan Pelayanan Publik. Bandung: Unpad Press. Nasution. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Tarsito. Hal. 59

Pasuraman. (1990). Delivering Quality Service. New York: The Free Press. Parasuraman, (2001). Service Quality. Rajawali Press, Jakarta.

Rasyid, R. (1998). Desentralisasi dalam Menunjang Pembangunan Daerah dalam Pembangunan Administrasi di Indonesia. Jakarta: PT Pustaka LP3ES.

Saldana, M. H. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemah Tjetjep Rohindi, UI Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.

Zuriah Nuzul, 2009, Metodologi Penelitian Sosial Pendidikan Teori-Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sumber Jurnal:

Asnita, (2016). Implementasi pelayanan pada kantor bersama SAMSAT Kota Parepare (Analisis Hukum Islam). Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

Astuti, D. (2022). Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama SAMSAT UPT Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Thesis (Skripsi). Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara.

Hayat. (2020). Paradigma Good Governance Menuju Shared Governance Melalui Reformasi Birokrasi dan Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Aristo, 8 No. 1.

Mutiafera, G. N. (2017). Kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul . e-Jurnal, Vol 6, No 3.

Nugroho, Betty (2017) Pelaksanaan Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Bersama Samsat Kota Semarang I. Masters thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.