EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM RENCANA PEMBAYARAN IURAN BERTAHAP (REHAB) DALAM MENJAMIN STATUS KEAKTIFAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (Studi di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Malang)

Peggy Gelonita, M. Mas'ud Said, Retno Wulan Sekarsari

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi program Rencana Pembayaran Iuran Bertahap ( REHAB ) dengan proses-proses evaluasi yang.berkesinambungan sesuai dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan uraian dan latar belakang, maka penulis menyimpulkan pokok permasalahan yang mendasari penulisan skripsi ini yaitu, mengenai status keaktifan Peserta Program REHAB (Rencana Pembayaran Iuran Bertahap) yang rendah. Proses Penelitian ini dilakukan pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Malang dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Evaluasi Context,Input, Procces, dan Product, Daniel Stufflebeam (1994) yang menyebutkan 4 Teori yang berkesinambungan serta berhubungan satu samalain. Hasil dari penelitian ini  yakni pelaksanaan Program Rencana Pembayaran Iuran Bertahap (REHAB) sudah sesuai dengan yang diharapkan program REHAB, digambarkan melalui tahap-tahap evaluasi yaknu; evaluasi context (context evaluation) dilakukan dengan melalui tahap identifikasi tehadap pendorong diberlakukannya suatu program, dimana tujuan dan sasaran program sudah sesuai. Pada Evaluasi Input (input evaluation) mendapat dukungan mitra yaitu Bank, Pegdaian serta indomart. Kemudian pada Evaluasi Proses (procces evaluation) yaitu metode dalam pengelolaan dan pengawasan Program REHAB yang menggunakan Aplikasi Mobile JKN yang tersistematis serta mudah sebagai sarana yang menunjang pelaksanaan Program REHAB. Selain itu juga dengan melalui email peserta sebagai data yang tertaut dengan Aplikasi Mobile JKN. Sehingga penggunaannya lebih mudah dan tersistematis. Dalam Evaluasi Product/Output/Keberhasilan program Rehab yakni, sebanyak 36,90% atau 1.594 peserta program, dari total jumlah peserta 4.320 peserta yang telah melunasi tunggakan iurannya, status kepesertaannya pun menjadi aktif dan pelayanan kesehatan dapat dimanfatakam dengan baik. Kesimpulan dari hasil penelitian diatas sudah memberikan gambaran evaluasi yang cukup berhasil sesuai dengan tahap-tahap evaluasi, kemudian output program masih perlu di tambah. Saran yang dapat penulis sumbangkan demi kelancaran penelitian berikutnya, yakni meneliti mengenai penelitian yang berbeda sehingga lebih variatif dalam penelitiannya


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sumber Buku:

Ambiyar, Muharika. 2019. Metode Penelitian Evaluasi Program.Bandung: Alfabeta.

Barlian, Eri. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sakabina Press.

Hayat. 2018. Kebijakan Publik: Evaluasi,reformasi, Formulasi. Malang. Intrams Publishing.

Idrus, Muhammad.2009.Metode Penelitian Ilmu Sosial (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif).Jakarta: Erlangga.

Kasmad, Rulinawaty.2013. Studi Implementasi Kebijakan Publik. Makassar: Kedai Aksara.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, AMethods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Moleong, L. J. 2014.Metode Peneitian Kualitatif. Bandung:Rosda Karya.

Pramono, Joko. 2020.Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik. Solo: UNISRI press

Tachjan. 2006. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI Bandung.,

Wirawan. 2012. Evaluasi:Teori, Standar , Aplikasi. Jakarta, Rajawali Pers.

Arikunto. 2009. Evaluasi Program. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumber Skripsi dan Thesis

Chania Ramadhanty, Chania. 2019. “Pelayanan Prima Pada Bpjs Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Malang” Tugas Akhir. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang. Pada https://eprints.umm.ac.id/50668/1/ diakses pada 15 Maret 2023 pukul 06.31 WIB

Handika Fermando, R. 2021 “ Prosedur Kepesertaan dan Pengajuan Klaim di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang”. Tugas Akhir. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang diakses pada https://eprints.umm.ac.id/82835/ pada 15 Maret 2022 pukul 06.34 WIB

(BPP) Cipedes Kota Tasikmalaya (Studi pada Kelompok Wanita Tani Mawar Bodas di Kecamatan Tawang)“. Skripsi Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. - diakses pada 20 September 2022 pukul 05.30

Maezahroh, Siti. 2018. “Evaluasi Program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan) di Kabupaten Tanggerang”. Skripsi. Program Studi Administrasi Publik FISIP UNTIRTA. diakses pada 20 September Pukul 8:00

Pahriati, 2020,: “Evaluasi Pelaksanaan Program Literasi Perspektif Model CIPP (Context, Input, Process dan Product) Pada MAN Kapuas.”Tesis Program Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya.http://digilib.iain.palangkaraya.ac.id/ diakses pada 16 September 2022 pukul 12.00 WIB.

Rahmiwati, Anisah. 2022. “Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh dengan Model CIPP (di SMPIT Asshidiqiah Serua Kota Tangsel Banten dan SMP Al Wildan Islamic School 1 Kelapa Dua Tangerang.” Proposal Tesis Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59298 diakses pada 20 September 2022 pukul 5:47 WIB

Tri Handono, A. 2020.”Evaluasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Di Kota Yogyakarta Tahun 2019(Studi Kasus Di Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta)”. Skripsi. Jurusan Ilmu Politik. Universitas Muhamadiyah Yogyakarta. https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1274/1/Halaman%20Judul.pdf diakses pada 20 September 2020 pukul 3:05 WIB

Zumrodah, Resti Daris. 2021. Evaluasi Program Pengelolaan. Bank Sampah Dia Kota Baru ( Studi Evaluasi Pada Bank Sampah Induk Elha). Skripsi Ilmu Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Muhammadiyah Malang (https://eprints.umm.ac.id/82662/ ) diakses pada 2 September 10:57 WIB.

Sumber Artikel dan Jurnal :

Anselmus Edwin Dwi Cahya, Rizqi Bachtiar. 2020. “Evaluasi Program English Massive Dalam Upaya Peningkatan Kapasitas Masyarakat di Kota Kediri Tahun 2017-2019”. Jurnal Administrasi Publik, vol. 12 no.1 2020. Program Studi Ilmu Pemerintahan, FISIP, Universitas Brawijaya. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2337159 diakses pada 20 September 2022 pukul 2:30 WIB.

Fiqhi Utami, Andi Nur, Mutiarin, Dyah. 2016. Evaluasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat I Kabupaten Seleman Tahun 2016. Jurnal Pemerintahan dan Kebijaklkjhg n?;olikujy hgtvrfdewsqa ;poyran Publik. Jurnal Pemerintahan dan Kebijakan Publik. Vol 4 No 1 Hal 41 (https://journal.umy.ac.id/index.php/GPP/article/view/2641 ) diakses pada 2 September 2022 08:45 WIB

Rizqan Rifaldy, M. 2017. “ Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Sebagai Variabel Mediasi Di Bpjs Kesehatan Kantor Cabang Malang ( Studi Kasus Pegawai yang Bekerja di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang)” Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol. 6, No.1 http://repository.ub.ac.id/9074/ diakses pada 13 Maret 2023 Pukul 04.00 WIB

Robiatul Adawiyah Fitriyah, dkk, 2022 dengan judul : ”Penggunaan Model CiPP (Context,Input,Process, Dan Product) Dalam Evaluasi Program Mengajar DI TKMiftakhul.Jannah”.https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/46902 diakses pada 13 Sepetember 2022 pukul 03.00 WIB

Sumber website/internet:

BPJS Kesehatan Mendengar 2022 Jaring Masukan tentang Pengelolaan JKN ke Depan. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2022/2360/BPJS-Kesehatan-Mendengar-2022-Jaring-Masukan-tentang-Pengelolaan-JKN-ke-Depan

Makna Kata Evaluasi.https://kbbi.kemendikbud.go.id/entri/Evaluasi Diakses Pada 10 oktober 2022 Pukul 10:01

Metode Autodebit .https://www.bpjs-kesehatn.go.id/bpjs/page/ diakses pada 15 Oktober 2022 pukul 19:00

Peserta https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/11 diakses pada 24 September 2022 08:.01

Publikasi BPJS Indikator Kesejahteraan Rakyat 2020. (https://www.bps.go.id/publication/2020/11/30/5d97da0e92542a75d3cace48/indikator-kesejahteraan-rakyat-2020.html) diakses pada 25 September 2022 08:43

Program Rehab Permudah Penunggak Iuran BPJS Ketenagakerjaan. https://infopublik.id/kategori/nusantara/666621 Diakses Pada 11 September 2022 pukul 10:00.

Punya Tunggakan Iuran JKN Simak Informasi REHAB. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2022/2347/Punya-Tunggakan-Iuran-JKN-Simak Informasi-REHAB diakses pada 7 September 2022 Pukul 20:22

Tunggakan Iuran BPJS Bisa di Cicil Ini Caranya. https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/27/200000465/tunggakan-iuran-bpjsnkesehatan-bisa-dicicil-ini-caranya?page=all diakses pada 10 Oktober 2022 pukul 10:00

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38778/uu-no-36tahun-2009 diakses pada 26 September 2022 pada pukul 16:20 Wib

https://ejournal.unesa.ac.id/inde diakses pada 20 Oktober 2020 pada pukul 01:31Wib.

https://promkes.kemkes.go.id/?p=5799 diakses pda 19 Oktober 2020 14:30 Wib

radarmalang.jawapos.com/kesehatan/29/05 diakses pda 19 Oktober 2020 14:30 Wib


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.