IMPLEMENTASI KEBIJAKAN RANCANG BANGUN BUS PADA TRANSPORTASI PUBLIK DI TERMINAL ARJOSARI

Fauziyah Nur Laili, Retno Wulan Sekarsari, Taufiq Rahman Ilyas

Sari


Implementasi kebijakan perbaikan dan pengembangan sistem transportasi publik di Terminal Arjosari dianggap sebagai prioritas utama dalam berbagai sektor, termasuk ekonomi. Pemerintah, terutama Badan Pengatur Transportasi Darat (BPTD) XI Jawa Timur, telah mengidentifikasi berbagai masalah terutama terkait izin trayek angkutan kota di Malang. Kesenjangan antara jumlah transportasi publik dan tingkat penggunaannya berpotensi merusak kualitas layanan transportasi publik. Masalah-masalah ini dapat secara signifikan mempengaruhi pengalaman masyarakat dalam menggunakan layanan transportasi publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang diambil oleh BPTD XI Jawa Timur (Kota Surabaya) dalam meningkatkan kualitas layanan transportasi publik dengan mempertimbangkan pandangan masyarakat umum. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menekankan pada deskripsi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pihak terkait, analisis dokumen, dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPTD XI telah mengambil beberapa tindakan untuk meningkatkan kualitas layanan transportasi publik, termasuk perbaikan sarana dan prasarana transportasi, perbaikan rute dan jalur transportasi, serta menerapkan uji emisi dan pembatasan usia kendaraan di Terminal Arjosari. Selain itu, terminal itu sendiri telah direvitalisasi, jalan-jalan diperbaiki, dan jumlah armada transportasi ditambah. Pengaturan jadwal transportasi yang efisien dan peningkatan jalur transportasi melalui pengaturan lalu lintas juga merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas layanan. Faktor pendukung dalam meningkatkan kualitas layanan transportasi publik melibatkan sumber daya manusia yang berkualitas di dalam organisasi, peraturan yang sesuai, dan kerja sama dengan lembaga lain seperti kepolisian dan TNI. Di sisi lain, faktor penghambat mencakup regulasi jumlah transportasi yang tidak seimbang, kurangnya kenyamanan dalam menggunakan transportasi, dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam merawat fasilitas transportasi yang telah disediakan. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan tentang upaya yang telah dilakukan oleh BPTD XI Jawa Timur dalam meningkatkan kualitas layanan transportasi publik di Terminal Arjosari. Upaya ini melibatkan perbaikan infrastruktur, fasilitas, dan jalur transportasi, sambil mempertimbangkan faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan ini.

Kata Kunci:Implementasi,Kebijakan,Tansportasi Publik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sumber Buku:

Rahardjo Adisasmi (2015). Analisis Kebutuhan Transportasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman dan Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis. California: SAGE Publication.

Moleong, J. Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pusat Data dan Analisa Tempo (2020). Sejarah Transportasi Angkatan Bus Jakarta. Jakarta: TEMPO Publishing. 2020

Riant Nugroho (2021). Kebijakan Public (Implementasi Dan Pengedalian Kebijakan). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. 2021

Rudi Azis (2014). Pengantar Sistem Dan Perencanaan Transportasi. Yogyakarta: Deepublish. 2014

Agus Pambagio (2013). Protes Transportasi Indonesia. Jakarta: PT Gramedia. 2013

S. Aminah (2016). Penataan Transportasi Public Privat Dan Pengembangan Aksebilitas Masyarakat. Surabaya: Airlangga University Press Sakti Adji Adisasmita (2015) Perencanaan Sistem Transportasi Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015

Dr. Ajat Rukajat, M.MPd. (2018) Pendekatan Penelitian Kualitatif (QUALITATIVE RESEARCH APPROACH). Yogyakarta: Deepublish

Jonathan Sarwono dan Umi Narimawati (2015). Skripsi Tesis Dan Disertai Dengan Partial Least Square SEM. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Rahayu Sulistyorini, S.T., M.T. (1997). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Nur Khaerat Nur, Parea Rusan Rangon, Mahyuddin, Hasmar Halim, Miswar Tumpa, Gito Sugiyanto, Louise Elizabeth, Siti Nurjanah, Eli Ekayanti. (2021). Sistem Transportasi Penerbit: Yayasan Kita Penulis

Peraturan Perundang-Undangan:

Kebijakan Pemerintah UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 547)

Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 120.

Undang Undang Nomer 32 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah bus trans kota Malang.

Undang Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 132.

Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang angkutan jalan dan lalu lintas.

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 96.

Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor Di Jalan Dan Pemeriksaan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan, Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 187 Tahun 2012

UU No. 3 Tahun 1965 tentang Lalu-Lintas dan Angkutan Jalan Raya

Sumber Jurnal:

Abdul Kadir (2019), dengan judul penelitian Transportasi Publik Peran dan Dampaknya dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional.

Anggara, S. (2014). Kebijakan Publik. Bandung: Penerbit Pustaka Setia

Budi, W. (2014). Kebijakan Publik (Teori, Pross, dan Studi Kasus). Yogyakarta: CAPS (Center OfAcademic Publishing Service).

Esti Hartyanti Putri, Moch. Saleh Soeady, Ainul Hayat (2011) evaluasi kebijakan peremajaan angkutan kota dalam upaya Peningkatan pelayanan public Studi pada Dinas Perhubungan Kota Malang.

Rizki Oktavianti, Dra. Dyah Lituhayu, M.Si (2020) dengan judul penelitian Implementasi Kebijakan Transportasi Umum Di Kota Semarang.

Sumber internet:

Https://Dephub.Go.Id/Post/Read/Sesjen-Pelayanan-Di-Terminal-Arjosari-Harus-Ditingkatkan

Https://Dephub.Go.Id/Post/Read/Kunjungi-Terminal-Arjosari,-Sesjen-Minta-Dishub-Jatim-Usulkan-Re-Design-Alur-Pergerakan-Penumpang-Di-Terminal

Https://Dephub.Go.Id/Post/Read/Kunjungi-Terminal-Arjosari,-Sesjen-Minta-Dishub-Jatim-Usulkan-Re-Design-Alur-Pergerakan-Penumpang-Di-Terminal

Https://Dishub.Malangkota.Go.Id/

Muhammad Fajaruddin Sumarna (2019) Rancang Bangun;Pemesanan Dan Pembayaranbus;Sisteminformasihttps://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/1 23456789/48082, Diakses Tanggal 27 Mei 2019

Wahyuning, Caecilia Sri (2018) Studi Kelayakaan Rancang Bangun Bus Berdasarkan Kelelahan Fisik Dan Mental Http://Eprints.Itenas.Ac.Id/Cgi/Oai2, Diakses Tanggal 4 Desember 2018.

Https://Dephub.Go.Id/Post/Read/Sesjen-Pelayanan-Di-Terminal-Arjosari-Harus-Ditingkatkan

Https://Dephub.Go.Id/Post/Read/Kunjungi-Terminal-Arjosari,-SesjenMinta-Dishub-Jatim-Usulkan-Re-Design-Alur-Pergerakan-Penumpang-Di-Terminal

Https://Dephub.Go.Id/Post/Read/Kunjungi-Terminal-Arjosari,-Sesjen-Minta-Dishub-Jatim-Usulkan-Re-Design-Alur-Pergerakan-Penumpang-Di-Terminal


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.