ANALISIS STAKEHOLDER DALAM PENGENDALIAN KONVERSI LAHAN HIJAU DI DESA PENDEM KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU

Ronika Maulidinia, Taufiq Rahman Ilyas, Septina Dwi Rahmawati

Sari


Konversi lahan pertanian akan terjadi lebih cepat karena luas kawasan hijau yang tetap dan pertumbuhan penduduk meningkat. Adanya kewenangan dan pengaruh dari stakeholder terkait kebijakan pembangunan nasional dan daerah. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan dan menganalisis peristiwa maupun fenomena lapangan yang terjadi. Penelitian pada analisis stakeholder berdasarkan kepentingan dan pengaruh menurut Bryson dengan empat kategori yaitu players, subject, context setter, dan crowd. Terdapat enam stakeholder terkait pengendalian konversi lahan hijau dengan bidang yang berbeda-beda yaitu masyarakat, pemerintah desa, hingga dinas-dinas terkait dalam fenomena ini, diantaranya penetapan lahan sawah dilindungi, pengembangan pertanian berkelanjutan untuk pangan, rekomendasi pergeseran penggunaan lahan, dan pengoptimalan kesejahteraan petani di Desa Pendem. Saran dari peneliti yaitu, membuat Peraturan Daerah terkait alih fungsi lahan, dibentuknya tim pengendalian konversi lahan hijau yang terstruktur dan peningkatan produktivitas pada komoditi padi yang ada di Desa Pendem.

 

Kata kunci: Stakeholder, Konversi Lahan Hijau, Desa Pendem

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Bryson, M., John. 2022. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

E-book

Bidarti, Agustina. 2020. Teori Kependudukan. Penerbit Lindan Bestari. Bogor.

Handayati, Nur. 2022. Konsolidasi tanah perkotaan untuk pembangunan pemukiman. 2022. Jakad Media Publishing. Surabaya.

Kustiwan, Iwan. 2020. Pengertian Dasar dan Karakteristik Kota, Perkotaan, dan Perencanaan Kota. Modul I UT. http://repository.ut.ac.id/3999/1/ADPU4433-M1.pdf

Miles, M.B dan A.M Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Murdiyanto, Eko. 2020. Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal). Yogyakarta. LP2PM UPN Veteran Yogyakarta Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Develpoment. Bandung: Alfabeta.

Jurnal

Chrismawati, Y., & R Widodo, D., P. 2021. Pemetaan Stakeholder Yang Berperan Dalam Pengembangan Agrowisata Minapadi Samberembe. Jurnal Riset Pembangunan Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021.

Jayadi Y., Christiawan I., & Sarmita. 2018. Dampak Pertumbuhan Penduduk Terhadap Daya Dukung Lahan Pertanian Di Desa Sambangan. Journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Geografi (Vol 8 Tahun 2018)

Mays & Tagart, 2005.Intergovernmental Relatons and Native American Gaming A Case Study on the Emergence of a New Intergovernmental Relations Participant. American Review of Public Administration; Vol.35 No.1 74-93.

Stoker, Gerry. 1995. Intergovernmental Relations. Public Administration Vol. 73 Spring 1995 (101-122)

Subhan, M., Meiwanda, G., & Putri, R., A. 2022. Analisis Peran Stakeholder dalam Program Siak Hijau di Kabupaten Siak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Warella, Y. 2004. Kepentingan Umum dan Kepentingan Perseorangan (Ditinjau dari Aspek Kebijakan Publik). JIAKP, Vol. 1, No. 3, 381-391.

Widhianthini. 2018. Kajian Teoritis Dinamika Konversi Lahan Pertanian. Jurnal Manajemen Agribisnis Vol.6, No.2.

Web

Badan Pusat Statistik Pemerintah Kota Batu. 2019-2022. (Internet). Kependudukan. https://batukota.bps.go.id/subject/12/kependudukan.html#subjekViewTab3.

(Diakses pada 28 Januari 2023)

Bambang, Utoyo. 2022. Ketahui 4 Jenis dan Arti Warna Zona Tanahhttps://kumparan.com/berita-terkini/ketahui-4-jenis-dan-arti-warna-zona-tanah-1yVPuoqqxrV/full. Kumparan.co (Internet). (Diakses pada 28 Januari 2023)

Tesis

Rani, Berliana Mustika. 2018. Analisis Stakeholder Dalam Kebijakan Penyelenggaraan Jaringan Utilitas Di Kota Surabaya. Thesis, Universitas Airlangga.

Dasar hukum/ Undang-undang

Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan

Presiden Republik Indonesia Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2019 tentang Pengendalian Alih Fungsi Lahan Sawah

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 82/Permentan/OT.140/8/2013 tentang Pedoman Pembinaan Kelompoktani dan Gabungan Kelompoktani

Peraturan Desa Pendem Nomor 4 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) Desa Pendem

Dokumen

Rencana Strategis Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah Kota Batu 2018-2022


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.