EFEKTIVITAS PENERAPAN ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DALAM PELAYANAN PERIZINAN (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang)

Adekun Cahyono, Slamet Muchsin, Taufiq Rahman Ilyas

Sari


Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang muncul setelah penerapan Online Single Submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus pelayanan perizinan dan berusaha melalui website http://oss.go.id tanpa harus datang langsung ke kantor, masalah yang ditemukan berupa kurangnya jumlah SDM dan masalah dari website sistem OSS  yang masih perlu dilakukan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifnya penerapan Online Single Submission (OSS) di DPMPTSP Kabupaten Malang dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam penerapan OSS di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama, penerapan OSS pada Dinas Penanaman Modal dan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang berjalan dengan lancar karena telah memenuhi elemen-elemen dalam pengimplementasian digitalisasi pada sektor publik berupa dasar hukum, pengalokasian sumber daya, pengadaan infrastruktur IT dan sosialiasi. Kedua DPMPTSP Kabupaten Malang telah berhasil mewujudkan efektivitas dalam penerapan OSS, dilihat dari ketersediaan infrastukrur IT berupa Komputer, printer dan jaringan internet yang memadai, sumber daya aparatur yang berkompeten dalam pengunaan teknologi serta manfaat yang dirasakan oleh Masyarakat, ketiga faktor pendukung dalam penelitian ini yaitu dukungan infrastruktur dan SDM yang memadai sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya pehamaman dan informasi masyarakat tentang sistem OSS sehingga dapat menyebabkan tidak tercapainya tujuan dalam program pemerintah ini.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Online Single Submission, Pelayanan Perizinan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, K. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit Pembaharuan.

Akadun. (2009). Teknologi Informasi Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Atmosudirdjo, P. D. (1983). Hukum Administrasi Negara (Vol. vii). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Berge. (2000). Pengantar Hukum Perizinan Disunting Oleh Philipus M.Hadjon, Yuridik. Surabaya.

Budiani, N. W. (2007). Efektivitas Program Penanggulan Pengangguran. Jurnal Ekonomi dan Sosial, 2.

Budiman, A. N. (2004). Prinsip-Prinsip Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Davis, G. B. (2013). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Palembang: Maxikom.

Effendy. (Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi). 2003. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Gelinas, J. D. (2012). Accounting Information System. South Western: Cengage Learning.

Hartono, J. (2003). Pengenalan Komputer Dasar Ilmu Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hayat. (2017). pelayanan.

Indrajit, R. E. (2006). Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital (edisi ketiga ed.). Yogyakarta: Andi.

Laudon, K. C. (2005). Management Informations Systems Managing The Digital Firm. Pearson Prentice Hall.

Lukman, S. (2014). Manajemen Kualitas Pelayanan.

Lukman, S. (2014). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: Stia Lan Press.

Manan. (2001). ketentuan-ketentuan mengenai peraturan penyelenggaraan hak kemerdekaan berkumpul. Jakarta.

Mardiasmo. (2016). Efisiensi dan Efektivfitas. Jakarta: Andy.

Miles, M. H. (2014). Qualitative Data Analysis, A methods Sourcebook (edisi 3 ed.). USA: Sage Publication.

Millard, J. (2004). Reorganisation of Government Back Offices for Better Electronic Public Services.

Moekijat. (2005). Pengantar Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Mandar Maju.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moenir. (2015). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Pasolong, H. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Pekei, B. (2017). Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi. Jakarta Pusat: Taushia.

Romney, M. &. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Romney, M. B. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salamba Empat.

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju.

Setya, R. (2006). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: UNY Press.

Siagian, S. P. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sutabri. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Sutanta, E. (2003). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutanto, A. (2002). Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Pengembangannya. Bandung: Lingga Jaya.

Sutedi. (2015). Hukum Perizinan Dalam Sektor Pelayanan Publik (Vol. cetakan ketiga). Jakarta: Sinar Grafika. hal.49.

Sutedi. (2015). Hukum Perizinan Dalam Sektor Pelayanan Publik (Vol. cetakan ketiga). Jakarta: Sinar Grafika. hal.38.

Tangkilisan, H. N. (2005). Manajemen Publik. Jakarta: PT. Grasindo.

Ulum (2008). Akuntansi Sektor Publik, UMM Press, Malang.

JURNAL

Asysyifa, Y. N. (2019). Penerapan Sistem Online Single Submission (OSS) Pada Pelayanan Perizinan . 56.

Faridah J. S.N, (2021). Efektivitas Penerapan Sistem Online Single Submission

(OSS) Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Perizinan Usaha Pariwisata Di Kota Medan

Marlina, (2018). Efektivitas Sistem Perizinan Online dan Tracking Sistem (SPOTS)

pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTPSP) Kabupaten Siak. Hal 50.

Maulida. (2019). Efektivitas Penerapan Online Single Submission (OSS) Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pelalawan.

Maulida. (2019). Efektivitas Penerapan Online Single Submission (OSS) Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pelalawan. hal.56.

Sukma Faradiba,Slamet Muchsin., & Hayat. (2021). Efektivitas Kinerja Pelayanan Sensus Penduduk Berbasis Online Di Badan Pusat Statistik Kota Malang. Malang: Jurnal Inovasi Penelitian

WEBSITE

https://pm-ptsp.malangkab.go.id/pd/ (Diakses pada 02 Juni 2022)

https://oss.go.id/ (Diakses pada 12 Juli 2022)

UNDANG-UNDANG

Undang Undang nomor 25 Tahun 2009 Tentang pelayanan publik

Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik

Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang percepatan pelaksanaan berusaha,

Peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (KEMENPAN) Nomor 63 Tahun 2003 pelayanan publik


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.