STRATEGI PEMERATAAN DALAM KESESUAIAN PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI DI KELURAHAN DADAPREJO KOTA BATU

Ferdyla Frisca Prasetyaningtyas, Yaqub Cikusin, Hirshi Anadza

Sari


Strtegi pemerataan dalm kesesuaian penerima bantuan langsung tunai di Kelurahan Dadaprejo ini bertujuan untuk memberikan informasi agar masyarakat melaksanakan kebijakan dan peraturan dalam mempermudah proses penyesesuaian penerima bantuan. Kesesuian penerima Bantuan Langsung Tunai pada Kelurahan Dadaprejo memiliki tingkat kesesuian sangat tinggi dibandingkan Desa yang lain di Kecamatan Junrejo. Untuk mempercepat dan menyelesaikan masalahnya maka Kelurahan Dadaprejo memberikan suatu strategi agar dapat megatasi masalah yang ada di daerahnya dengan baik pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan lembaga daerah yang ada dengan baik sehingga mampu menyelesaikan masalahanya sendiri terutama masalah kemiskinan dan pemberian bantuan. Kesesuaian penerima Bantuan Langsung Tunai pada Kelurahan Dadaprejo memiliki tingkat kesesuaian sangat tinggi dibandingkan Desa yang lain di Kecamatan Junrejo. Hal yang mempengaruhi tingkat kesesuaian yang tinggi pada Kelurahan Dadaprejo. Hal tersebut perlu kita cari tau strategi apa saja yang dilakukan oleh Kelurahan Dadaprejo untuk mencapai tingkat kesesuaian penerima bantuan yang tinggi atau tingkat ketidaksesuaian yang rendah. Hal yang memperngaruhi tingkat kesesuaian yang tinggi pada Kelurahan Dadaprejo. Hal tersebut perlu kita cari tau strategi apa saja yang dilakukan oleh Kelurahan Dadaprejo untuk mencapai tingkat kesesuian penerima bantuan yang tinggi atau tingkat ketidaksesuaian yang rendah. Dari permasalahan tersebut penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana strategi pemerataan dam kesesuaian penerima bantuan langsung tunai di Kelurahan Dadaprejo?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemerataan dalam kesesuaian penerima bantuan langsung tunai di Kelurahan Dadaprejo. Dan untuk mengetahui faktor penghambat dari strategi pemerataan dalam kesesuaian penerima bantuan langsung tunai di Kelurahan Dadaprejo.

 

Kata Kunci : Strategi, Pemerataan, Bantuan Langsung Tunai

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sumber Buku:

Abdul Hafiz Tanjung. 2014. Akuntansi Pemerintahan Daerah. .Bandung : Alfabeta.

Abdulah Yusuf. 2022. Pengertian Kajian Teori

Wrihatnolo, Randy R, dkk. 2002. Manajemen Pemberdayaan Sebuah Pengantar dan Panduan untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta. PT.Elex Media Komputindo. Yogyakarta: Andi.

Sasuwuk, C. H., Lengkong, F., & Palar, N. (2021). Implementasi Kebijakan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (Blt-Dd) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Sea Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 7(108).

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi 5. Jakarta:Rineka Cipta.

Moleong, L. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasikun. (2001). Isu dan Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan. UniversitasGajah Mada.

Suparmoko, 2002. Ekonomi public untuk keuangan dan pembangunan daerah.

Sumber Jurnal:

Herdiana, Dian, et al. "Implementasi Kebijakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Bagi Masyarakat Terdampak COVID-19 di Kabupaten Sumedang: Isu dan Tantangan." Jurnal Inspirasi 12.1 (2021): 1-16.

Hakim, A.R. 2005. Evaluasi Kemandirian Daerah dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah Wilayah Subosukawonosraten Provinsi Jawa Tengah (Tinjauan Keuangan Daerah). Dinamika Jurnal Ekonomi Pembangunan FE-UNS, Vol.1, No.1.

Hanura Siti. 2015. Otonomi Desa dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di Desa Baruta Lestari Kecamatan Sangia Wambulu Provinsi Sulawesi Tenggara.

Karuru, P. (2013). Pentingnya Kajian Pustaka Dalam Penelitian. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1-9.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.