PERAN DINAS SOSIAL KABUPATEN BLITAR PROVINSI JAWA TIMUR DALAM ADOPSI ANAK

Roudhotun Madinah, Sunariyanto Sunariyanto, Agus Zainal Abidin

Sari


Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan fenomena pengangkatan anak, terutama di Kabupaten Blitar Jawa Timur Indonesia. Pengangkatan adalah usaha yang dilakukan oleh pasangan suami istri untuk memiliki keturunan dalam keluarga mereka. Di Kabupaten Blitar, tatacara permohonan dan proses adopsi anak telah jelaskan dan diatur pada sebagian undang-undang juga keputusan pemerintah yang saat ini berlaku. Akan tetapi, pada pelaksanaannya, tetap ada sebagian permasalahan mengenai adopsi anak yang terjadi saat ini. Ada beberapa masyarakat yang patuh dengan peraturan prosedur adopsi anak ada juga masyarakat yang tidak patuh dengan peraturan adopsi anak dengan asalan tidak memahami prosedur dan juga tatacara pelaksanaan adopsi anak. Maksud dari penulisan pada artikel ini merupakan untuk menggambarkan dan juga melihat fenomena dalam praktik adopsi anak pada Kabupaten Blitar juga peranan Dinas Sosial Kabupaten Blitar dalam melihat fenomena adopsi anak yang terjadi. Metode yang dipakai oleh penulis dalam penulisan pada artikel ilmiah ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perlunya upaya untuk meningkatkan informasi tentang pengangkatan kepada masyarakat melalui prosedur pengangkatan yang dilakukan melalui Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Dalam hal ini, perlu adanya kolaborasi yang baik antara pemerintah, lembaga anak, pengadilan, dan instansi sosial sehingga dapat bekerja dengan efektif dalam mengevaluasi fenomena adopsi yang terjadi. Selain itu, peran instansi juga penting diantaranya melakukan pengawasan pada anak, mendampingi , dan juga menguatkan dalam pengecekan calon orang tua angkat dalam mengasuh untuk dapat melihat pemenuhan kebutuhan anak juga sebagai kepentingan terbaik bagi sang anak dan supaya anak terpenuhi haknya untuk masa depan.

 

Kata Kunci: Fenomena Adopsi , Peranan Dinas Sosial , Hak anak

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis; A Methods Sourcebook. Arizona State: SAGE.

Moleong, Lexy J. (2007). iMetodologi Penelitiani iKualitatif. Bandung: PT. Remajai Rosdakarya.

Siregar & Santoso, (2019). Peran Pekerja Sosial Salam Adopsi Anak. Jurnal pengabdian msyarakat 1(3):202

Syamsir, Torangi (2014). Organisasii & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi), Bandung: Alfabeta, 86.

Mukti Fajar dan Yulianto Achmad, Dualisme Penelitian Hukum Normatif dan Empiris, (Cetakan Ke-1;Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1988).

Sumber Jurnal:

Fahrizal S, Teori Peran http://repository.radenintan.ac.id/ 2535/5/BAB% 2011 %20 TESIS. pdf,i diakses pada tanggal 2 Maret 2023

Sumber Skripsi:

Husnah, (2009). Pelaksanaan Pengangkatan Anak (Adopsi) Yang Dilakukan Oleh Warga Masyarakat Di Indonesia. Skripsi. Fakultas Hukum. Universitas Indonesia

Sumber Undang-Undang:

Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 Pasal 12 ayat (1) dan ayat (3) Tentang Kesejahteraan Anak

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan UU Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.