IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGANAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi Pada Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan Dan Anak Kota Batu)

Lailatul Maghfiroh, Suyeno Suyeno, Langgeng Rachmatullah Putra

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan bagaimana implementasi kebijakan penanganan kekerasan dalam rumah tangga di Kota Batu. Serta faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi implementasi kebijakan penanganan kekerasan dalam rumah tangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen terkait dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan penanganan kekerasan dalam rumah tangga pada P2TP2A di Kota Batu sudah berjalan dengan baik namun belum maksimal. Semua laporan yang masuk sudah ditangani dengan tuntas dan sudah sesuai dengan peraturan tidak ada biaya dalam pelayanan penanganannya. Namun ada beberapa hal yang kurang maksimal seperti petugas yang tidak setiap hari berada dikantor, dan sosialisasi yang melibatkan masyarakat secara langsung masih kurang. Yang menjadi faktor pendukung kebijakan ini adalah SDM yang berkualitas dan Kerjasama antar stakeholder. Faktor Penghambatnya tidak ada anggaran, sarana dan prasarana kurang memadai, sosialisasi kurang maksimal. Saran dari peneliti yaitu perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana, serta optimalisasi sosialisasi, dan memaksimalkan aktifitasnya dengan menjadikan Unit Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak agar memiliki anggaran untuk memaksimalkan pelayanan dan Penanganan.

 

 Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Penanganan, KDRT.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustino, Leo. 2016. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta

Annisa, Devi Saifani. 2018. Implementasi Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 7

Tahun 2013 Perlindungan Anak dan Perempuan (Studi Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Kota Serang). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang.

Hayat. 2018. Kebijakan Publik. Malang: Intrans Publishing.

Moerti Hadiarti Soeroso. 2010. Kekerasan Dalam Rumah Tangga Dalam Perspektif Yuridis Viktimologis. Jakarta: Sinar Grafika.

Miles, M.B dan A.M Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.

Nugroho, Riant. 2011. Public Policy. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Moleong, L.J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Putri Rizki. 2020. Efektivitas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan

Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kota Medan Dalam Penanganan Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan. Universitas Sumatera Utara.

Rafikah,& Rahmawati. (2015). Peranan Perempuan Dan Anak (P2TP2A) Dalam Menghapuskan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Di Kota Bukittinggi. Ilmu Pemerintahan.

Rima, Riswama. 2019. Implementasi Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 12 Tahun 2015 Tentang Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan Perspektif Maslahah Mursalah (Studi di Women Crisis Center Dian Mutiara Malang). Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sali, Susiana. 2013. Implementasi Kebijakan Daerah Dalam Penanganan Masalah Kekerasan Terhadap Perempuan (Studi di Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Jawa Timur). Vol 18 No. 1

Suriandi. 2018. Peran Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A) Dalam Menangani Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Kota Palangkaraya. IAIN Palangkaraya.

Peraturan Daerah Kota Batu Nomor 2 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 95, Tambahan Lembaran Republik Indonesia Negara Nomor 4419


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.