ANALISIS KINERJA PADA BIDANG ADMINISTRASI KESEKRETARIATAN DI PENGADILAN AGAMA ATAMBUA BELU NUSA TENGGARA TIMUR

Indah Septiana Sutarno, Suyeno Suyeno, Langgeng Rachmatullah Putra

Sari


Judul: Analisis kinerja Pada Bidang Administrasi Kesekretariatan di Pengadilan Agama Atambua Belu Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan penelitian untuk mengetahui kinerja pada bidang administrasi kesekretariatan di Pengadilan Agama Atambua Belu Nusa Tenggara Timur. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara mendalam, serta dokumentasi dengan pihak dan melakukan observasi kurang lebih 3 bulan. Hasil penelitian sebagai berikut: Untuk melakukan penilaian terhadap kinerja suatu organisasi, diperlukan indikator. Pada penelitian ini, indikator yang digunakan dalam penelitian mengenai kinerja pada bidang administrasi kesekretariatan di Pengadilan Agama Atambua berpedoman indikator yang digunakan untuk menilai kinerja menggunakan teori Moeheriono (2012) tentang menganalisis kinerja dengan tahapan penilaian kinerja yaitu pengetahuan tentang pekerjaan, kualitas kerja, produktivitas, adaptasi dan fleksibilitas, inisiatif dan pemecahan masalah, kooperatif dan kerja sama, tanggung jawab, kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi, kepemimpinan, pengembangan dari bawahan. Dari hasil tersebut didapatkan bahwasanya, ada beberapa hal yang harus ditingkatkan dan diperbaiki seperti halnya pada kualitas kerja, produktivitas dan tanggung jawab yang belum maksimal dikarenakan kurangnya sumber daya manusia sehingga terjadi rangkap jabatan dan kurangnya sarana dan prasarana pada bidang administrasi kesekretariatan di Pengadilan Agama Atambua Belu Nusa Tenggara Timur.

 

Kata Kunci : Analisis Kinerja, Bidang Kesekretariatan, Pengadilan Agama


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arman, Irvi. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bekasi: Pustaka Al-Muqsith

Miles, Huberman, Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis: a methods Sourcebook Third edition. California: SAGE Publications, Inc.

Moehariono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sofyan Tsauri. (2014). Manajemen Kinerja Performance Management. Jember: STAIN Jember Pers

Suparyati dkk. (2000). Tata Usaha dan Kearsipan Manajemen. Yogyakarta: Kanisius

Wirman Syafri dan Alwi. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: IPDN PRESS


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.