PENGARUH PENGHARGAAN EKSTRINSIK DAN PENGHARGAAN INTRINSIK TERHADAP KUALITAS KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI MASA COVID-19 (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang)

Vivi Luthfiana, Suyeno Suyeno, Langgeng Rachmatullah Putra

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian penghargaan berbentuk ekstrinsik dan intrinsik secara parsial dan simultan pada kualitas kinerja pegawai pelayanan publik di masa Covid-19. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 45 pegawai pada bidang pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan software IBM SPSS 25,0. Penelitian ini menemukan adanya pengaruh variabel penghargaan ekstrinsik (X1) secara signifikan terhadap variabel kualitas kinerja pegawai (Y) dengan hasil t hitung sebesar 3,367 >t tabel 2,020 dengan taraf signifikan 0,001 < 0,05 dan adanya pengaruh variabel penghargaan intrinsik (X2) secara signifikan terhadap variabel kualitas kinerja pegawai (Y) dengan hasil t hitung 3,193 > t tabel 2,020 dengan taraf signifikan 0,003 < 0,05. Lalu kedua variabel yang diuji memiliki pengaruh simultan secara signifikan terhadap variabel kualitas inerja pegawai (Y) dengan f hitung 10,357 > f tabel 2,61 dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05.

 

Kata Kunci : Penghargaan Ekstrinsik, Penghargaan Intrinsik, Kualitas Kinerja Pegawai, pelayanan publik

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Abdullah, Ma’ruf. 2015. “Metode Penelitian Kuantitatif”. Cetakan pertama, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Adamy, Marbawi. 2016. “Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Praktik, dan Penelitian”. Unimal Press.

Akbar, Nurliawati, Muchtar, dan Ramdhanis. 2021. “Retrospective Analysis of Work From Home for Civil Servants During the Covid-19 Pendemic”. Jurnal Borneo Administrator, 17(2), 182-204.

Boyle, Richard. 1997. “The Use of Rewards in Civil Service Management”. Commitee for Public Management Research, Discussion paper 5.

Hackman and Oldham. 1976. “Motivation trough the Design of Work: Test of a Theory”. Organizational Behavior and Human Performance 16, 250 – 279 (1976).

Huang. 2019. “The Impact of Extrinsic Rewards and Public Service Motivationon Public Employees’ Work Performance: Does Seniority Matter ?”. Chinese Public Administration Review, Vol. 10, Issue 1, June 2019.

Irianto, Jusuf. 2011. “Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik di Indonesia: Pengantar Pengembangan Model MSDM Sektor Publik”. Jurnal Universitas Airlangga.

Lasisi. 2019. “Managing Rewards in the Civil Service: It’s Impication on Employees’Performance in Lagos State”. ILORIN Journal of Administration and Development, Vol. 5, No. 1, 1 June.

Malhotra, et al. 2007. “Linking Rewards to Commitment: an EmpiricalInvestigation of Four UK Call Centres”. The International Journal of Human Resource Management, 18:12, 2095 – 2128.

Marnis, Priyono. 2008. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Zifatama Publisher.

Masram dan Mu’ah. 2015. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Zifatama Publisher.

Newman and Zeikh. 2011. “Organizational Commitment in Chinese Small-and Medium-sized Enterprise: the Role of Extrinsic, Intrinsic and Social Rewards”. The International Journal of Human Resource Management, 23:2, 349 – 367.

Newman, et al. 2011. “The Impact of Emloyee Perceptions Trainingon Organizational Commitment and Turnover Intentions: a Study of Multinationals in the Chinese Service Sector”. The International Journal of Human Resource Management, 22:8, 1765 – 1787.

Nikezic and Dzeletovic. 2016. “Chester Bernard: Organisational-Management Code for the 21^st Century”. Procedia – Social and Behavioral Science 221 (2016) 126 – 134.

Njoroge. 2011. “The Relationship Between Reward System and Employee Motivation in Civil Service Employees in Kenya Governemnt Ministries”. Erespository of Nairboi University.

Nurdin, Ismail. 2019. “Kualitas Pelayaan Publik (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik)”. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Prastiwi, et al. 2019. “Model of Reward System toward the Performance of Public Sector Organizations”. Proceeding of The International Conference on Industrial Engineering and Operations Pilsen, Czech Republic, July 23 – 26.

Rizzo, et al. 2013. “Role Conflict and Ambiguity in Complex Organizations”. Administrative Science Quarterly, Vol. 15, No. 2 (Jun., 1970), pp. 150 – 163.

Salah. 2016. “The Influence of Rewards on Employees Performance”. The British Journal of Economics, Management and Trade, 13(4): 1-25, Asrticle no. BJEMT.25822, ISSN: 2278-098X.

Saputra, et al. 2020. “The Reward and Punishment of The Civil Servants Apparatus in the Civil Service Police Unit and Wilayatul Hisbah Bener Meriah Regency”. Malikussaleh Social and Political Reviews, Vol. 1, Number. 1, ISSN 2746-8100.

Sarwono, Jonathan. 2006. “Metode Penelitian: Kuantitatif dan Kualitatif”. Edisi pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syahrum dan Salim. 2012. “Metodologi Penelitian Kuantitatif”. Bandung: Citapustakan Media.

Wandi dan Adha. 2019. “Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten”. Jurnal Ekonomi Vokasi, Vol. 2, No.2, ISSN : 2622-4240.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.