REVITALISASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN (Studi Kasus Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang)

Muhammad Sirojuddin, Nurul Umi Ati, Suyeno Suyeno

Sari


ABSTRAK

Kebijakan pendidikan merupakan suatu hal yang sangat vital dalam pengembangan sumber daya manusia. Sumber daya manusia dari suatu bangsa merupakan faktor paling menentukan karakter kecepatan pembangunan sosial dan ekonomi suatu bangsa bersangkutan. Dalam  kaitannya dengan ekonomi,  pendidikan dapat dikatakan sebagai  sebagai suatu aset dan investasi modal manusia (human capital investment). Pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan manusia Indonesia agar dapat hidup lebih lama, lebih sehat, lebih berpengetahuan dan lebih berbudaya. Namun  di pihak lain pendidikan dapat dipandang sebagai suatu  status sosial ketimbang produktifitas suatu bangsa. Esensi pendidikan bagi suatu bangsa tidak saja menunjukkan tingkat peradabannya, tapi juga mencerminkan kualitas bangsanya sebagai manusia yang berdaulat, bermartabat, dan mampu berkompetisi baik pada tingkat regional, nasional, maupun Internasional. Kualitas  bangsa tidak akan terlepas dari kualitas pendidikan, kesehatannya, kesejahteraan bahkan dari kualitas morilnya.

 

Kata Kunci: Kebijakan Pendidikan, Revitalisasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asari, Hasan. 1994. Menyinggung Zaman Keemasan Islam. Bandung : Mizan,.

Beni Heldrianto, 2003: dalam jurnal Penyebab Rendahnya Tingkat Pendidikan Anak Putus Sekolah dalam Program Wajib Belajar Sembilan Tahun Desa Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.

Dheni Setiyawan, 2015. Implementasi Kebijakan Pemerataan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Jombang.

Joze Raco. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta. PT. Grasindo

M. Djumransjah, Filsafat Pendidikan, (Malang: Bayumedia Publishing, 2004:22).

Madjid, Abd. 2018. Analisis Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru.

Moleong, L.J. 2016. Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya

Muhammad takdir ilahi, Revitalisasi pendidikan berbasis moral. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media 2012:57)

Paulo Freire, pendidikan sebagai praktek pembebasan (Jakarta: Gramedia 1984:35

Prof. Dr. H. Solichin Abdul Wahab, M. A. Analisis Kebijakan dan formulasi kepenyusunan model-model implementasi kebijkan. PT. Bumi Aksara. Jakarta. 2012

Sri Hidayati Djoeffan, 2004. Revitalisasi pendidikan sebagai paradigma peningkatan kualitas bangsa. Volume XX No. 2 April – Juni 2004 : 219 – 233

Suparlan Suhartono, Filsafat Pendidikan, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2007:77

Tabrani. ZA. 2013: Kebijakan Pemerintah Dalam Pengelolaan Satuan Pendidikan Keagamaan Islam (Tantangan Terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah). Vol. 01, No. 02, Juli 2013


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.