IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PERSPEKTIF GOOD GOVERNANCE (Studi Kasus Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis Kabupaten Malang)

Lina Kusumawati, Slamet Muchsin, Suyeno Suyeno

Sari


ABSTRAK

Terselenggaranya pemerintahan yang baik (good governance) menjadi suatu persyaratan utama untuk mewujudkan aspirasi masyarakat dalam mencapai tujuan daerah dari suatu negara tersebut. Karenanya tidak berlebihan jika dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik menjadi salah satu indikasi terwujudnya demokratisasi sebagai upaya untuk mengembalikan kedaulatan daerah disuatu negara. Pembangunan daerah dari suatu negara perlu adanya sebuah dukungan baik secara moral maupun material dari pemerintah pusat didaerah tersebut. Hal ini sudah dijalankan untuk memaksimalkan pembangunan yang kurang baik disetiap daerah. Salah satunya dengan diberlakukannya peraturan otonomi daerah guna terwujudnya tujuan dari otoritas publik baik pusat, kota, kabupaten maupun desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Pengelolaan Dana Desa Dalam Perspektif Good Governance di Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis Kabupaten Malang , (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat  tentang pengelolaan dana desa yang ada di Desa Sukoanyar Pakis. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil penlitian ini menunjukkan bahwa (1) Mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Pengelolaan Dana Desa di Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis Kabupaten Malang dengan sub fokus: Pihak yang berkaitan dengan pengelolaan Dana Desa , Hasil dari pengelolaan Dana Desa. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Pengelolaan Dana Desa Dalam Perspektif Good Governance di Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis Kabupaten Malang dengan sub fokus: Faktor Pendukung dalam Implementasi Pengelolaan Dana Desa Dalam Perspektif Good Governance di Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Faktor Penghambat dalam Implementasi Pengelolaan Dana Desa Dalam Perspektif Good Governance di Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.

 

Kata Kunci : Good Governance, Pengelolaan Dana Desa, Desa Sukoanyar, Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AR, Mustopadidjaya (2022), Manajemen Proses Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: LAN.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rahayu, SA. 2018. Pengantar Pemerintahan Daerah. Jakarta Timur: Sinar Grafika.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Maleong,L.J (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Miles, M.B, Huberman, A.M, Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Edition 3. USA: Sge Publication. Terjemahan Tjejep Rohindi Rohindi, UI-Press.

Novianto Dwi, 2019. Peraturan Pemerintah Tentang Dana Desa. CV Derwati Press.

Novianto Dwi, 2019. Tepat Guna Pengelolaan Keuangan Desa. CV Derwati Press.

Muhamad Djumhana, S.H. , 2007. Hukum Keuangan Daerah dan Himpunan

Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Keuangan Daerah. Bandung

Silvia Dianingrum 2018. Implementasi Good Governance Dalam Pengelolaan Dana Desa Dengan Presektif Syariah Di Desa Mliriprowo Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo.

Ana Milatusholihah 2019. Analisis Penerapan Prinsip Corporate Governance Dalam Pengelolaan Dana Desa Oleh Pemerintah Desa Di Desa Kebowan Kecamatan Winong Kabupaten Pati.

Nona Juwitasari 2019. Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa studi pada Desa Kampungbaru, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri.

Christo Astriandy 2018. Analisis Penerapan Prinsip Good Government Dalam Pengelolaan Keuangan Desa studi kasus pada Desa Parit Baru,Kecamatan Sungai Raya,Kabupaten Kubu Raya.

Febby Rosielita 2017. Implementasi Good Governance pada Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa studi kasus pada Desa Telaga, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Undang-Undang Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa.

Undang-Undang Nomor 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.