SEKOLAH PEREMPUAN DESA (Studi Pemberdayaan Perempuan Di Desa Sumberejo Kota Batu)

Novia Anggun Mahfiroh, Yaqub Cikusin, Khoiron Khoiron

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui visi didirikannya Sekolah Perempuan Desa di Desa Sumberejo Kota Batu. (2) Untuk mengetahui proses sekolah perempuan desa dalam pemberdayaan perempuan di Desa Sumberejo Kota Batu. (3) Untuk mengetahui manfaat pemberdayaan dari sekolah perempuan bagi masyarakat di Desa Sumberejo Kota Batu. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan, pada pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan kepercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian yang bertujuan untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga komponen yaitu antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Sekolah Perempuan mempunyai tujuan memberdayakan para perempuan di Desa Sumberejo agar membuka wawasannya lebih luas dan untuk memberikan pengetahuan yang lebih luas bahwa saat ini wanita juga memiliki peran yang begitu besar di ranah publik. (2) Proses pemberdayaan perempuan di Sekolah Perempuan Desa Sumberejo ini dilakukan melalui pemberian pengetahuan yang bersifat Terdiri dari 60 persen pengetahuan dan 40 persen keterampilan. (3) Manfaat yang di dapat dari pemberdayaan dari Sekolah Perempuan Desa Sumberejo ini adalah dapat mengubah cara berfikir masyarakat pedesaan untuk lebih membuka wawasannya terhadap pengetahuan yang baru. Khususnya pengetahuan yang berhubungan dengan masalah perempuan.

 

Kata Kunci: Pemberdayaan perempuan, Sekolah perempuan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional.2008.Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dita Kristiyanti.2019. Pemberdayaan Perempuan Desa Melalui Sekolah Perempuan di Desa Mondoluku Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ismail Jailani.2017. Pemberdayaan Perempuan Berbasis Masyarakat Melalui Sekolah Perempuan di Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah Malang.

Johan. A & Albi. A. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV jejak.

Listiyaningsih. 2015.Pemberdayaan Perempuan Mellaui Pendidikan Sadar Gender di Kelurahan Wirobrajan Kota Yogyakarta.Fakultas imu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta

Mami Suciati.2014. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sekoah Perempuan studi Terhadap PNPM Peduli-LAKPESDAM NU Bantul. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Miles, M.B, huberman,A.M. dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi.

Noor,Munawar. “Pemberdayaan Masyarakat” Jurnal Ilmiah CIVIS.Vol.I.No. 2.

Sugiyono.2011.Metode Penelitian Pendidikan “pendekatan kualitatif, kuantitatif R&D”. Bandung:Alfabeta.

Suharto,Edi. 2003. Pembangunan Kebijakan dan Kesejahteraan Sosial, Cet. Ke-1. Bandung:Mizan.

Suharto,Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat. Bandung:Refika Aditama.

Suryana. 2019. Pemberdayaan Masyarakat. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Tirza Fitri Febriyanti. 2020. Pemberdayaan Perempuan dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui program Sekoper Cinta (Sekolah Perempuan capai Impian dan Cita-cita) di Kota Bandung (studi Deskriptif DP3APM Kota Bandung). fakultas Pendidikan Ilmu Pengethauan Sosial. Universitas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.