EVALUASI KINERJA DAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA MANAJEMEN KEARSIPAN (Studi Kasus di Seksi Penilaian Kinerja dan Penghargaan pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang)

Verawati Verawati, Slamet Muchsin, Hayat Hayat

Sari


Penalitian ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa berhasil dan sebagaimana pengembangan dari Evaluasi kinerja dan Kualitas Pelayanan Publik pada Manajemen Kearsipan dalam meningkatkan kualitas Pelayanan Publik terhadap pegawai. Adapun yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk membuat skripsi ini didasarkan pada hasil pengamatan awal penulis melihat dari masih banyaknya permasalahan yang terjadi pada instansi terkait penilaian kinerja dan pada penyediaan pada sarana dan prasarana yang terjadi di Badan Kepegawaian Kota Malang. Oleh karna itu penulis ingin mengetahui lebih mendalam bagaimana Proses evaluasi Kinerja Pelayanan publik dan faktor apa saja yang menjadi penghambat di Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang.Metode Penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan, pada pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triagulasi, diskusi, Analisi Negatif, membercheck yang bertujuan untuk melakukan pengecekan keabsahan data penelitian. Analisi data pada penelitian ini menggunakan tiga komponen yaitu antara lain redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Proses penilaian kinerja melakukan evaluasi secara rutinitas pada waktu yang telah ditentukan dan disepakati bersama dan melakukan pengukuran kinerja pegawai untuk menilai suatu keberhasilan atau kegagalan untuk pencapaian kualitas kinerja yang baik (2) kualitas pelayanan publik yang berupa pemberian sarana dan prasarana dalam pemberian pelayanan terhadap pegawai seperti fasilitas lengkap dan faktor penghambat kualitas pelayanan publik fasilitas yang kurang lengkap.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan makan penulis memberikan saran-saran yaitu melakukan Evaluasi secara rutin dan memberikan arahan dan motivasi apabila ada terjadi kesalahan untuk dijadikan acuan pada proses evaluasi selanjutnya sehingga pegawai yang sudah diketaui apa saja permasalahan tidak terjadi pada proses evaluasi selanjutnya.

 

Kata kunci: proses penilaian kinerja, faktor penghambat kinerja, sarana dan prasarana, faktor penghambat kinerja.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arief. 2007. Pemasaran jasa dan kualitas pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 2010. Sikap manusia teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anggraeni pipit. 2019. Indek profesionalitas ASN terus dievaluasi wali kota Malang tekankan peningkatan layanan publik.

Hayat. 2017. Manajemen pelayanan publik. Jakarta: PT RajagRafindo Persada.

Hayat. 2018. Kebijakan publik. Malang: Interans Publishing.

Hasil Wawancara Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang.

Ratmianto. 2006. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mukarom Zaenal dan Laksana Wijaya Muhibudin. 2016. Membangun kinerja pelayanan publik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sumber Jurnal dan Skripsi

Amalia Nur Nisa An, Affifudin, Hayat. 2019. Implementasi E-Document dalam pengelolaan surat menyurat masuk dan keluar. Jurnal respon publik. VoL.13 No. 11.

Aini Nur 2019 Evaluasi Kinerja Pegawai untuk mewujudkan Pelayanan Pelayanan Publik dalam Perspektif Good Governance jumlah inovasi ilmu sosial dan Politik, (1), 49.

Ar. Mustopadidjaya. 2002. Manajemen proses kebijakan publik. fprmulasi, implementasi dan evaluasi kinerja. Jakarta: LAN.

Borman Indra Rohmat, Sbidin Rosidi, Arief M Rudyanto. 2012. Evaluasi Penerapan sistem informasi Manajemen Kepegawaian Daerah Kabupaten Pemekasan dengan pendekatan Human-organization-tecnology (HOT) Ticmodel. Vol VII.20.

Enggarani & Siswi Nuria 2016. Kualitas Pelayanan Publik dalam Perizinan dipelayanan terpadu satu pintu (PTSP) Kantor Badan Penanaman Moadal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPZT) Kabupaten Boyolali. Vol.1, 18.

Fahrozy Andry. 2017. Hubungan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan dirumah Sakit Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Vol 3. 122

Lumentah Glandy Jeverson, Posumah Hanny Johny, Ogotan Martha. 2015. Evaluasi kinerja pegawai Negri sipil dalam Meningkatkan Pelayanan Publik dikantor Camat Tompaso Kabupaten Manasaha. Vol 3. 5.

Mardistuti Aprilia. 2015. Evaluasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik melaluai kajian indeks kepuasan masyarakat (IKM) pada unit refrensi perpustakaaan Universitas Gajah Mada. Vol XI. 2.

Hayat. 2016. Pengaruh Reformasi Birokrasi melalui penilaian kinerja pelayanan publik. Jurnal Ilmu sosial dan Ilmu Politik, 20.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode penelitian kualitatif. Pernerbit PT Remaja Rosdakarya offset. Bandung.

Miles Huberman. 1992. Analisi data kualitatif. (diterjemahkan oleh: Tjetjep Rohedi Rosidi). Jakarta: Universitas Indonesia

Nuhhdaniar. 2016. Pelayanan kesehatan rawat inap rumah sakit umum daerah tentriawaru kabupaten Bone.

Neal Jr. E James. 2003. Guide to performance Apparsial: doing it righ (terjemahan wawan setiawan). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Peraturan meteri kesehatan Republik Inonesia Nomor 10 tahun 2018 tentang pengawasan dibidang kesehatan.

Puspitasari Ardila Yela. Selamet Muchsin & Pindahanto Roni. 2019. Evaluasi pelaksanaan pelayanan kesehatan masyarakat. VoL.4 57.

Pakaya El-Vianti, Ansar Made, Nina Lamatengggo. 2013. Evaluasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango. 4.

Ronasifah Firohatin, Ati Umi Nurul, Hayat. 2019. Peran lembaga swadaya masyarakat (LSM) cakrawala keadilan dalam pemberdayaan lingkungan. Jurnal respon publik.

VoL.13 No.54.

Sugiyono. 2007. Metode penelitian Administasi. Bandung: Alfabeta.

Sianiapar, J.P…. 1998. Manajemen pelayanan publik. Jakarta: Lembaga administrasi Negara.

Priandana meidi. (Tanpa tahun). Peningkkatan kualitas pelayanan publik

Wiersma, Willian. 1986. Research methods in education: an introduction Massachusetts: Allyn an bacon. Lcn.

Media online

Anggraeni pipit. 2019. Indek profesionalitas ASN terus dievaluasi wali kota Malang tekankan peningkatan layanan publik. malang times.

Pemerintah Kota Malang.2020.Malang Kota. co.id. https://malangkota.go.id/sekilas-malang/visi-dan-misi/

Pengertian, jenis, asas, dan Manajemen Arsip. Portal-ilmu.com

https://portal-ilmu.com/pengertian-arsip/

Hendryadi 2010 Evaluasi Kinerja. Dalam link https://teorionline.wordpress.com/2010/01/25/evaluasi-kinerja/.Relis 8 desember 2020.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.