Kiai Muchtar Syafa’at Dalam Pendidikan Islam Indonesia

Muhamad Fatih Rusydi Syadzili

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Bagaimana karakter pendidikan islam di indonesia? 2) Bagaimana pendidikan islam yang diharapkan di indonesia? 3) Bagaimana kiai Mukhtar Syafa’at terhadap pendidikan islam indonesia? Metode pengumpulan daata berupa studi pustaka (library reseach) yang proses kepenulisannya dengan menggunakan pengumpulan buku-buku, jurnal serta hasil dari beberapa penelitian terdahulu yang mendukung tema dari kepenulisan ini. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dalam karakter pendidikan islam di Indonesia, terdapat karakter dalam diri seseorang yang sangat menentukan bagi seseorang dalam pengembangan diri, baik dalam hal aspek mental dan moral 2) Pendidikan islam yang diharapkan di indonesia mampu memberikan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang didalamnya menitikberatkan pada pertumbuhan dan perkembangan baik koordinasi motorik (halus dan kasar), kecerdasan emosi, kecerdasan jamak (Multiple Intelegensi) dan kecerdasan spiritual. 3) kiai Mukhtar Syafa’at terhadap pendidikan islam Indonesia berupaya memberikan suatu gambaran berkaitan dengan perkembangan mental peserta didik terhadap kehidupan ukhrawi dan duniawi.

Keywords


Pendidikan, Pendidikan Islam, Kiai Mukhtar Syafa’at

Full Text:

PDF

References


Assegaf, A. R. (2005). Politik Pendidikan Nasional. Kurnia Kalam.

Dhofier, Z. (1982). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. LP3ES.

Faiz, M. F. (2015). Mbah Kiai Syafa’at: Bapak Patriot dan Imam Ghazalinya Tanah Jawa. Pustaka Ilmu.

Ma’arif, A. S. (1991). Pendidikan Islam Di Indonesia Antara Cita dan Fakta. Tiara Wacana Yogya.

Masrukhin. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Media Ilmu Press.

Mastuhu. (1999). Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Logos Wacana Ilmu.

GBHN Bidang Agama, (1983).

GBHN Bidang Pendidikan, 2 (1983).

Mulkhan, A. M. (2004). Pendidikan Islam & Tantangan Globalisasi. Presma UIN Sunan Kalijogo.

Muntasir, S. (1995). Mencari Evidensi Islam. Rajawali.

Nata, A. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Logos Wacana Ilmu.

Notonegoro, A. (2018). Kronik Ulama Banyuwangi. Komunitas Pegon.

Ridla, M. J. (2002). Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam. Tiara Wacana Yogya.

Shofan, M. (2004). Pendidikan Berparadigma Profetik. Ircisod.

Suwendi. (2004). Sejarah & Pemikiran Pendidikan Islam. Raja Grafindo Persada.

Syadzili, M. F. R. (2018). Model Kepemimpinan dan Pengembangan Potensi Pemimpin Pendidikan Islam. Cendekia :Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 127–136.

Syadzili, M. F. R. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Supervisi Pendidikan. Tasyri’: Jurnal Tarbiyah Dan Syari’ah Islamiyah, 25(1), 1–12.

Tan, C. (2008). Philosophical Reflections for Educators. Chengange Learning.

Undang - Undang Dasar, (1945).

Zuhairini. (1997). Sejarah Pendidikan Islam. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja is indexed by