Deradikalisasi Dan Deliberalisasi Perpektif Aswaja: Mengurai Moderasi Islam Ahlus Sunnah wal Jama’ah

Lailatul Zuhriyah

Abstract


Kajian tulisan ini untuk melacak wacana dekarilasasi dan deliberalisasi perpektif Aswaja serta mengurai Islam Moderat sesuai Ahlussunnah wal Jama’ah.  Fenomena radikal dan liberal yang telah melebar d kalangan umat muslim sangat membahayakan kehidupan sosial masyarakat dalam jangk panjang . maka dari itu, perlu adanya stimulus dan penanaman nilai-nilai Aswaja baik dari segi historis maupun subtantif dengan berbagai strategi untuk mebendung persebatan ideologi dan gerakan Islam radikal dan paham liberalisme. Penelitian ini berupa library reserach dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dari sumber-sumber berita dan buku sebagai induk primer. Untuk menganalisa data dengan merangkum dari berbagai sumber dan dijabarkan sesuai realita. Hasil penelitian ini adalah upaya penangkalan radikalisme dan liberalisme di publik Indonesia, penanaman nilai-nilai Aswaja dengan berbagai bidang untuk menjunjung Islam moderat sesuai Ahlussunnah wal-Jama’ah merujuk sejarah zaman Nabi berpegang tiga pilar: tawasut, tasamuh, dan tawazun untuk mempertahankan Islam rahmatan lil alamin

Keywords


Deradikalisasi, Liberalisasi, Islam Moderat, Aswaja

Full Text:

PDF

References


Ali bin Hisamuddin al-Muttaqi al-Hindi, Kanz al-Ummal, X Ugi Suharto, Pemikiran Islam liberal: Pembahasan Isu-Isu Sentral. Selanggor: Dewan Pustaka Fajar, 2012), J. II.

An-Nawawi, al-Majmu Syarh al-Muhaddzab, IV.

Ma’arif, Ahmad Syafi’i. Islam dan Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan: Sebuah Refleksi Sejarah, Bandung: Mizan bekerja sama dengan Ma’arif Instotute Jakarta, 2009.

Ubaidillah bin Muhammad Abdussalam al-Mubarakfuri, Mir’ah al-Mafatih Syarh Misykat al-Masyabih. India: Idarat al-Buhuts al-Ilmiyyah, 1998.

Majdid, Nurcholish. Jakarta: Kompas dan Universitas Paramadina, 2006.

Muctar, Masyhud, dkk., Aswaja An-Nahdliyah, Ajaran Ahlussunnah wa Al-Jama’ah yang Berlaku di Lingkungan NahdlatulUlama. Surabaya: LTN, 2007.

Muhammad,Husein. Memahami Sejarah Ahlus Sunnah Waljamaah Yang Toleran dan Anti Ekstrem, in Kontroversi Aswaja, Aula Perdebatan dan Reinterpretasi, ed. Imam Baehaqi. Yogyakarta: LKiS, 2000.

Nur, Afrizal. Konsep Wasathiyah Dalam Al-Qur’an : Studi Konparatif Antara Tafsir Al-Tahrir Wa At-Tanwir Dan Aisar at-Tafasir. Jurnal: An-Nur 4, no. 2, 2015.

Rahardjo, Dawam. Fanatisme dan Toleransi, in Berislam Secara Toleran,ed. Oleh Irwan Masduqi. Bandung: Mizan, 2011.

Rolhmad, Abu. Radikalisme islam dan Upaya Deradikalisasi Paham Radikal. Walisongo, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 20, no.1.

Tim Aswaja NU Center. Khazanah Aswaja. Jawa Timur: Pustaka Gedang Lama, 2016.

Zaki Mubarak, “Dari NII ke ISIS: Transformasi Ideologi Kontemporer,” Epitesme, Jurnal Pengembangan Imu Keislaman 10,no.1. Juni 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja is indexed by