Industry Kosmetik Halal Sebagai Trend Global Market ( Study Fenomenologis pada Mahasiswi Muslimah Universitas Islam Malang )

Farizka Ananda Safitri, Dewi Hurwardani, Khairun Nisa

Abstract


Indonesia saat ini menjadi negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam.
Maka, dengan besarnya potensi jumlah penduduk muslim yang ada, industri halal dapat
menjadi salah satu potensi penggerak ekonomi di Indonesia. Sehingga, industri halal
seperti kosmetik bukan hanya untuk mempercantik diri akan tetapi kehalalan barang yang
akan di konsumsi juga di pertimbangkan. Memang kosmetik bukan sesuatu yang bisa
dimakan tetapi apabila kosmetik tersebut mengandung barang najis maka akan
menghalangi aktifitas ibadah yang dilakukan sehari-hari. Maka tidak menutup
kemungkinan bahwa kosmetik halal sekarang ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup
yang mulai disemarakkan. Industri kosmetik halal di Indonesia juga sudah mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan di kancah pasar global. Dengan demikian Indonesia
diharapkan dapat menjelma sebagai pusat industri halal di dunia. Adapun dalam jurnal ini
akan membahas fenomenologis penggunaan kosmetik halal pada mahasiswi Muslimah di
Universitas Islam Malang mengenai industri kosmetik halal dengan metode analisis data
deskriptif dengan menggunakan data kuesioner dan wawancara.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats