PENGAUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, PROMOSI, CITRA PERUSAHAAN, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MASYARAKAT MEMILIH PRODUK KEUANGAN SYARIAH (Studi Kasus Nasabah BSI KCP Malang Pakis Kembar)

Muhammad Hasyim Muzadi, M Cholid Mawardi, Ahsani Taqwiem

Abstract


The development of Islamic banking in Indonesia has experienced rapid growth, with the emergence of various branches of Islamic banks across the country and an increase in various Islamic banking products. However, the dominance of conventional banks remains strong, indicating a preference for conventional financial products by the public. Factors such as Islamic financial literacy, promotion, corporate image, and religiosity can influence the public's interest in choosing Islamic financial products. Low Islamic financial literacy and ineffective promotion pose significant challenges. Nevertheless, an improved understanding and a credible corporate image of Islamic banks can help attract the interest of more religiously inclined individuals. To compete with conventional products, Islamic financial products must offer relevant advantages. Increasing public interest in Islamic financial products requires greater efforts in education, effective promotion, maintaining a positive corporate image, and a deep understanding of the diverse preferences of the public.


Full Text:

PDF

References


Abdu, R. (2018). “PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP CORPORATE IMAGE PADA PT AHM DI KOTA BANDUNG TAHUN 2017” Rafi Abdu Jurusan D3 Manajemen Pemasaran Fakultas Ilmu Terapan University Telkom. 4(2), 321–332.

Ancok, D (2011). Psikologi Islam Solusi Islam atas Problem-problem

Psikologi. Yogyakarta : Pustaka pelajar

Adiwarman, karim. (2011).Bank Islam: Analisis Fikih dan Keuangan. Rajawali Press. Jakarta.

Andy Rudhito. 2014. “Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal-soal TIMSS Tipe Penalaran.” Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains IX, Fakultas Sains dan Matematika,UKSW 5(1).

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa rekatama media.

Boone, L. E., & Kurtz, D. L. (2008). Pemasaran Kontemporer. In Thomson Higher Education.

Brian S. Turner, Agama dan Teori Sosial Rangka Pikir Sosiologi Dalam Membaca Eksistensi Tuhan Diantara Gelegar Ideologi - ideologi Kontemporer (Yogyakarta:IRCiSoD, 2006), 36.

D. Priyanto. (2014). SPSS 22 Mengelola Data Terpraktis. Andi Yogyakarta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fuady, Munir. 2005. "Pengantar Hukum Bisnis:Menata Bisnis di Era Globalisasi, Edisi ke dua. Bandung:PT Citra Aditya Bakti.

Fitriani, Emi. 2012. Untung Berlipat Budidaya Tomat di Berbagai Media Tanam.Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Ghozali, Imam. 2011.”Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS". Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universotas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan.Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasibuan, H. L., Siregar, S., & Sugianto, S. (2022). Pengaruh Citra Perusahaan dan Promosi terhadap Minat Menggunakan Hasanah Card Pada BSI KC Medan. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 329–334.

Jalaluddin, Psikologi Agama (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2005), 15.

Mursyid, ali (2014). Faktor Determinan Nasabah Dalam Pemilihan Bank Syariah Di Aceh Tengah. Jurnal Ekonomika Indonesia, 7(2), 52. https://doi.org/10.29103/ekonomika.v7i2.1063

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia 2016. Survey Report, 104–116.

Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia 2019. Survey Report, 1–26.

Rachmatullah, D. P. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap keputusan menabung di Bank Syariah.

Ramadhani, H. M., Rahmi, M., & Fathoni, M. A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 2(1), 689–704.

Remund, D.L. (2010). “Financial Literacy Explicated: The Case for a Clearer Definition in an Increasingly Complex Economy”. The Journalof Consumer Affairs (Vol. 44(2)).

Riyatno, D. (2014). SPSS 22: Pengolah Data Terpraktis. Priyatno, Dwi, 3, 218.

Rustiaria, A. P., & Silvy, M. (2017). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pengelolaan Keuangan Keluarga. E Journal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya, 1–14.

Priyanto, hidayatullah. 2014. Visual Basic .NET. Edisi Revisi. Bandung:Informatika

Slamet, S. and. (2016). Statistika Ekonomi Plus Aplikasi SPSS. Universitas Muhammadiyah Ponorogo Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:PTAlfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan. R&D Alfabte.

Sukmadinata, Nana. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung.PT. Remaja Rosdakarya.

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Surya, muhammad. 2003. Teori-Teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Shobah, Nurus. (2017). Analisis Literasi Keuangan Syariah Terhadap Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Sebagai Upaya Meningkatkan Sharia Financial Inclusion(Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya), Skipsi tidak dipublikasi, Surabaya: UIN Sunan Apel Surabaya

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 2013. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Trismaryati, D. I. (2021). Analisis Pengaruh Literasi, Promosi, Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah. In Eprints.Walisongo.Ac.Id.

Wahjono, Sentot Imam. (2010). Perilaku Organisasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Wekke Suardi, I. dkk. (2019). Metode Penelitan Sosial. In Angewandte Chemie International Edition

Yateno. (2014). Oleh : Analisis Kontribusi Tingkat Kepuasan Konsumen Berdasarkan Variabel Fasilitas, Harga And Corporate Image (Case Study In Giant Metro) Universitas Muhammadiyah Metro Email : yatno.apta@gmail.com. 8(1), 82–94.

Yuselda, E. F. R. (2021). Pengaruh Citra Perusahaan, Tingkat Keagamaan, Gaya Hidup, Persepsi, Dan Promosi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Di Kota Blitar (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Kepanjenkidul Kota Blitar). JEPS: Journal of Economics and Policy, 02(02), 37–48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats