PENGARUH BUDAYA, LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Pada Masyarakat Kota Malang)

Nurliana Nurliana, Nur Diana, Irma Hidayati

Abstract


The aim of this research is to determine the relationship between culture, sharia financial literacy and public perceptions of savings decisions at Sharia Banks. This research uses quantitative methods with a correlation type method. The research population in this study was residents of Malang City. The sampling technique used was non-probability sampling and snowball sampling. In this study, the sample consisted of 100 respondents and primary data was used as a data source by giving questionnaires to respondents through documentation and direct observation using multiple linear regression analysis, namely instrument stages, classical assumptions, multiple linear regression analysis and hypotheses. This study reveals that culture, Islamic financial literacy and public perception influence the decision to save. Meanwhile, in the partial t test, cultural variables influence the decision to save, then sharia financial literacy and public perception do not influence the decision to save.


Full Text:

PDF

References


Afandi. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Nusa Media. Yogyakarta.

Andespa, R. 2019. Pengaruh Budaya Dan Keluarga Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah.

Anggitania. 2022. Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Di Tanjung Balai Karimunkabupaten Karimun. Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Di Tanjung Balai Karimunkabupaten Karimun, 1–59.

Bhabha, J. et al 2014. Dampak Literasi Keuangan terhadap Perilaku Menabung- Investasi Perempuan Pekerja di Negara Berkembang. Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi., 13(5), 118-122https://doi.org/10.2139/ssrn.1965993

Fadhilah, Mustika Nur & Indri Yuliafitri. 2023. Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Bagi Hasil, Pendapatan, dan Kualitas Layanan Digital M-Banking Terhadap Keputusan Menabung Generasi Milenial Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islami, Vol 13 No 2

Hakim, M. A. R., & Muttaqin, A. A. 2020. Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Keputusan Membuka Rekening Bank Syariah (Studi Pada Mahasiswa Islam Kota Malang). Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 1–13. www.bi.go.id

Machmud, Amir dan Rukmana. Bank Syariah Dari Teori dan Studi Empiris Di Indonesia. Jakarta: PT Gelora Akasara Pratama. 2010.

Melita, Farah. 2020. Pengaruh Persepsi Masyarakat Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Pada Masyarakat Kel. Besusu Barat Kec. Palu Timur Kota Palu). Universitas Islam Negeri Datokarama

Mulyani, Nursiti. 2022. Pengaruh Persepsi, Budaya, Motivasi Dan Promosi Di Media Sosial Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus : Nasabah BSI Tangerang Selatan). Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta :PT. Bumi Aksara.

Siregar dkk (2020), "Operasional bank syariah beroperasi sesuai dengan prinsip- prinsip syariat islam".

Sugiyono. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.

Supiani, S., Rahmat, F., & Budiman, F. 2021. Pengaruh Budaya dan Persepsi Masyarakat terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah. Al-bank: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 49-58.

Syaiful. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis. Peneribit ANDI : Yogyakarta.

Thohari, C. C., & Hakim, L. 2021. Peran Religiusitas Sebagai Variabel Moderating Pembelajaran Perbankan Syariah, Literasi Keuangan Syariah, Product Knowledge Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah. 9(1), 2722–7502.

Undang – Undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah.

Wahyulkarima, A. 2018. Pengaruh Budaya, Psikologis, Pelayanan, Promosi, dan Pengetahuan tentang Produk Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1(1), 51. https://doi.org/10.30595/jhes.v1i1.3712


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats