DETERMINAN MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING BSI

Nadia Ainul Islamy, Maslichah Maslichah, Umi Nandiroh

Abstract


Kemajuan teknologi yang berdampak pada pesatnya kemajuan industri perbankan dan jasa keuangan beberapa tahun terakhir, menuntut masayarakat untuk memilih perbankan yang sesuai dengan kebutuhan baik perseorangan maupun pada organisasi. Masyarakat membutuhkan sesuatu yang mudah, cepat dan keamanannya tetap terjamin dalam setiap kegiatan mereka. Dengan itu perbankan mengembangkan layanan mobile banking. Tujuan penelitian ini sebagai analisator dan mengetahui bagaimana pengaruh  keamanan, kemudahan dan kepercayaan nasabah bank syariah indonesia pada minat menggunakan layanan mobile banking. Jenis penelitian yang dilakukan adalah  penelitian kuantitatif yang dijelaskan dengan angka dan memiliki hubungan. Penelitian ini bersifat asosiatif, penelitian asosiatif adalah adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, menarik peranan, pengaruh, dan hubungan yang bersifat sebab akibat, diantara variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent). Sampel pada penelitian ini berjumlah 91 responden pengguna BSI mobile banking. Proses pengumpulan  data penelitian melalui beberapa tahap yang diawali dengan penyebaran kuesioner, pengumpulan data dan analisis data. proses analisis data diawali dengan proses pengujian validitas isi dan kriteria. Dilanjutkan dengan beberapa macam uji normalitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji koefisien determinasi R2, dan uji hipotesis T  secara parsial dan uji F secara simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel keamanan, kemudahan dan kepercayaan secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan BSI mobile banking. Namun secara parsial variabel keamanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menggunakan layanan mobile banking. Variabel kemudahan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan layanan mobile banking. Variabel kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan layanan mobile banking.


Full Text:

PDF

References


Angelina, T. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menggunakan Mobile Banking pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Tsabat). Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 3(2), 130-139

Amelia, A. (2022). Pengaruh Teknologi, Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah BSI Dalam Menggunakan M-Banking (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN PALOPO).

Bachtiar M. R., Erawati K., Listyawati I. (2020). Faktor-Faktor Pengaruh Minat Nasabah Pengguna Internet Banking Bank Syariah Mandiri. Al Tijarah 6(3), 156-167. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5696

Eli Safitri, N. (2022). Pengaruh Kemudahan Akses, Trust, Keamanan Terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking di Bank BSI KCP Kencong. Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. 66-79.

Elok Nirwana, B. Q. (2021). Pengaruh Tingkat Keamanan, Kepercayaan, Kemudahan, dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Menggunakan Layananan Mobile Banking Bank NTB Syariah Untuk Pembayaran Online Shop. 47-52

Faizah, N. (2021). Pengaruh Keamanfaatan, Keamanan Dan Kemudahan Penggunaan Layanan Virtual Buka Rekening Online BSI Terhadap Minat Transaksi Nasabah (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus). IAIN Kudus

Fernanda I K., Embun D S., (2018). Analisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan Pengguna, Kepercayaan Nasabah dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking pada PT Bank BNI Syariah KCP Magelang. Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah, 8(2), Juli

Fitra Mulyana, Y. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko, dan Keamanan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Online (Studi pada Toko Online OLX.Co.id).

Handinisari H., Muhlisin S., Yono Y. (2022). Pengaruh Keamanan, Kemudahan dan Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Indonesia Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Layanan Mobile Banking. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(3) 818-828.

Hostifa Sari, F. (2021). Analisis Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking di Bank Syariah Indonesia (BSI) MT Haryono KC. Semarang di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo). UIN Walisongo

Iriani, A. F. (2018). Minat Nasabah dalam Penggunaan Mobile Banking pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Kota Palopo. DINAMIS-journal of Islamic Management and Bussines, 2(2) Oktober 2018.

Larasati dkk., (2020). Analisis Minat Menggunakan BRI Mobile (Nasabah Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk Kota Sukabumi). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9(6) (2020) 525-538.

Melfi, A. (2020). Pengaruh Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada Bank BNI Syariah KCP Rajabasa).

Mukhtisar, (2021). Pengaruh Efisiensi, Keamanan, dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh). Jihbiz: Global Journalism. 3 (1)

Nurdin dkk., (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah. Vol 2, No. 1 2(1):87-104.

Nursiah N., Ferils M., Jamaludin (2022). Analisis Minat Menggunakan Mobile Banking. AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 19, Issue 1 (2022), 91-100.

Pranoto, M. O. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk Kantor Cabang Semarang Pandanaran). Keunis Majalah Ilmiah. 8 (1) Thn VIII Januari 2020.

Ratnaningrum, D. (2022). Pengaruh Manfaat, Kesesuaian, Keuntungan, Risiko, Kepercayaan, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia). Universitas Islam Indonesia.

Yulia dkk., (2020). Pengaruh Klualitas Layanan, Nilai Nasabah, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Layanan Mobile Banking Syariah. JSP: Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. XIX (3),134-158.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats