PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, PRODUCT KNOWLEDGE, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT PERIODE 2019-2022 (Studi kasus pada BMT NU cabang Wringin, kab. Bondowoso)

Hajjatul Maufiroh, Nur Diana, Irma Hidayati

Abstract


Praktik menabung merupakan hal yang lazim dalam masyarakat, memberikan alternatif bagi individu untuk menyimpan dana mereka. Fenomena ini mendorong lembaga keuangan untuk mengembangkan usaha yang berhubungan dengan penyimpanan dana, khususnya dalam bentuk tabungan. Minat masyarakat terhadap menabung memiliki peran penting bagi lembaga keuangan, terutama dalam konteks penyediaan jasa atau produk tabungan. Studi ini memiliki rencana untuk mengidentifikasi dampak literasi keuangan syariah, product knowledge, dan religiusitas terhadap minat masyarakat dalam menabung, dengan studi kasus pada BMT NU cabang Wringin, kabupaten Bondowoso. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori (penjelasan), dan melibatkan sampel sebanyak 100 responden dari masyarakat Wringin yang aktif menabung di BMT. Pendekatan survei dengan kuesioner, yang melibatkan serangkaian tahap seperti distribusi kuesioner, pengumpulan data, dan analisis data. Data yang diperoleh dianalisis melalui berbagai uji statistik seperti uji normalitas, uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji F, uji koefisien determinasi (R²), dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah memiliki dampak positif dan signifikan terhadap minat masyarakat dalam menabung. Selain itu, pengetahuan produk juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat. Faktor religiusitas juga ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat


Full Text:

PDF

References


Adiwarman A. Karim, Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan (Jakarta: PT RAJA GRAFINDO PERSADA, Edisi Kelima, Cet Ke- 10, 2014), 25.

Assegaf. (2021). Pengaruh pengetahuan produk dan kepercayaan masyarakat jakarta terhadap minat menabung pada bank syariah Indonesia. Skripsi program studi keuangan dan perbankan syariah Politeknik Negeri Jakarta 2021.

Akmal, R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Bandung Kelurahan Tamansari). Jurnal Ilmiah, 2(2), 1–16.

Bismihayati. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Desa Gobah Menabung di BMT Marwah Danau Bingkuang. http://repository.uin-suska.ac.id/30683/

Dahlia, M. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Menggunakan Lembaga Keuangan Syariah (Studi Pada Dosen Universitas Islam Negeri Ar-Raniry). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam negeri Ar-Raniry Banda Aceh 2020.

Elsye Rumondang Daminik, Bagaimana Product Knowledge dan Product Involement Memotivasi Konsumen, Jurnal Humaniora, 4 (Oktober,2013), 1336.

Emzir. (2012). Metodelogi pendidikan kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Raja Grafindo Persada

Hakim FW. (2020). Pengaruh pengetahuan dan religiusitas terhadap minat nasabah menggunakan produk bank syariah (studi kasus bank syariah mandiri kantor cabang Bandar Lampung tahun 2019). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat dan Minat Penerapan Nilai Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi kasus masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1). https://doi.org/10.29040/jiei.v6il.790

Jalaluddin. (2004). “Psikologi Agama”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lestari, N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa terhadap Minat Menabung di Bank Syariah dalam perspektif Ekonomi Islam). Vol. 87, Issue 1,2).

Lucky Nugroho, Bank Syariah Dan Dinamika Financial Technology (Fintek) pada era revolusi industri 4.0 (Bandung: Widina Bhakti Persada, 2020).

Mardiana et al., (2021). Analisis Religiusitas terhadap minat menabung di bank syariah kota Pekanbaru. Vol. 4 No. 2.

Masyithoh, Analisis Normatif Undang-undang No.1 Tahun 2013 Tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM) atas Status Badan Hukum dan Pengawasan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). Diakses pada 20 Maret 2023 dari https://journal.walisongo.ac.id/index.php/economica/article/view/768

Merdeka.com. 2022. LPS: Minat Menabung dan Investasi Masyarakat Meningkat dalam 2 Tahun. https://www.merdeka.com/uang/lps-minat-menabung-dan-investasi-masyarakat-meningkat-dalam-2-tahun.html diakses pada tanggal 23 Maret 2023.

Miftahuddin. (2022). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah terhadap Minat Menabung pada Perbankan Syariah (Studi pada Masyarakat Pesisir di kabupaten Pidie). In Braz Dent J. (Vol. 33, Issue 1).

Muhammad Ridwan, Manajemen Baitul Maal Wa Tamwil (Yogyakarta: UII Press, 2004), 126.

Muhammad Zubair Mughal, CEO Al Huda Center of Islamic Banking and Economics, internasional Conference “Empowering SMEs for Financial Inclusion and Growth”, (Jakarta: 2014).

Ningrum, Indah Asrowati. (2018). Analisis Faktor Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pelaku UMKM Kota Makasar. Skripsi Fakultas Ekonomi Yogyakarta 2018.

Nurlaeli, I. (2017). Pengaruh Faktor Budaya, Psikologi, Pelayanan, Promosi dan Pengetahuan tentang Produk terhadap Keputusan nasabah memilih BPRS di Banyumas. ISLAMADINA, 18(2), 75. https://doi.org/10.30595/islamadina.v18i2.1922

Otoritas Jasa Keuangan, Siaran Pers, OJK : Indeks Literasi dan Keuangan Inklusi Keuangan dalam http://www.ojk.go.id diakses pada tanggal 20 Maret 2023.

Otoritas Jasa Keuangan “Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019” Jakarta: Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Nasional.

Otoritas Jasa Keuangan “Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022” Jakarta: Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Nasional.

Sahlan, Asmaun. 2012. “Religiusitas Perguruan Tinggi: Potret Tradisi Kragaman di Perguruan Tinggi Islam”. Malang: UIN Maliki Press.

Samsul, & Ismawati. (2020). Tingkat pemahaman mahasiswa terhadapan produk-produk perbankan syariah. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah, 4, 67-78.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.

Wahyu. (2019). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah Masyarakat Kota Banda Aceh. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam negri Ar-Raniry Banda Aceh 2019.

Yustika, S. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pemahaman Masyarakat Dalam Bertransaksi Di Bank Syariah (Studi di Kecamatan Pulau Banyak Barat). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negri Ar-Raniry Banda Aceh 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats