PENGARUH PROMOSI, KEMUDAHAN, LITERASI KEUANGAN, DAN FASILITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA TABUNGAN WADIAH (Studi Kasus Mahasiswa Kota Malang)

Ilyas Ilyas, Maslichah Maslichah, Irma Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan sebagai bentuk analisator  dan mengetahui terhadap pengaruh promosi, kemudahan, literasi keuangan, dan fasilitas layanan terhadap keputusan menabung pada tabungan wadiah. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dan korelasi dalam menjelaskan antara hubungan antara variabel menggunakan angka. Data yang didapatkan melalui sampel dari program studi Perbankan Syariah Universitas Islam Malang, Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Malang, Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Malan g, dan Ekonomi Islam Universitas Brawijaya Malanh, sehingga didapatkan 100 sampel. Dalam proses pengumpulan data pada penelitian ini diawali dengan proses penyebaran kuesioner, proses analis data dengan melihat hasil proses validitas isi dan kriteria data yang didapatkan. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan uji asumsi klasik  dengan beberapa pengujian diantaranya, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastitas,, uji koefisien determinasi R2 dan selanjutnya uji hipotesis t parsial dan uji F simultan, pada pengujian ini menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Sehingga didapatkan hasil penelitian ini pengaruh promosi, kemudahan, literasi keuangan, dan fasilitas layanan dapat berpengaruh secara parsial terhadap keputusan menabung pad atabungan wadiah. Dan secara simultan promosi dan kemudahan masing-masing berpengaruh secara simultan, sedangkan literasi keuangan dan fasilitas layanan tidak berpengaruh secara simultan terhadap keputusan menabung pada tabungan wadiah, hal ini disebabkan mahasiswa kota malang tidak memandang literasi keuangan yang dipahaminya dalam mata kuliah bukan pengaruh terhadap keputusan mereka menabung pada tabungan wadiah. Begitupun fasilitas layanan bukan menjadi ukuran dalam mahasiswa kota malang memutuskan menabung pada tabungan wadiah, yang mana perlu dalam melihat keadaan dan kebutuhan nasabah bukan diukur dari  fasilitas layanan yang ada pada bank akan tetapi harus disesuaikan dengan kualitas layanan, percuma fasilitas layanan memadai tapi kualitas layanan masih belum baik dalam memnuhi kebutuhan dan keinginan nasabah.


Full Text:

PDF

References


Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Firdaus. (2019). Analisis Perbandingan Sistem Penghimpunan Dana Bank Syariah dan Bank Konvensional. Institut Agama Islam Negerei Parepare.

Hakim, M. A. R., & Muttaqin, A. A. (2020). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Keputusan Membuka Rekening Bank Syariah (Studi Pada Mahasiswa Islam Kota Malang). Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 1–13.

Mandasari. (2015). Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap KEputusan Menabung Naasabah Pada BRI Syariah Cabang Cirebon. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON.

Nugroho, R. A., Lubis, N., & Apriatni, E. (2004). Pengaruh Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Menabung Tabungan Simpedes di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Cabang Semarang Pattimura. 1, 1–14.

Pratama, A. R. P., & Wardhana, A. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee. Jurnal Of Managemen, Vol. 5, No.

Saputri, D. (2017). Pengaruh kemudahan, daya guna, kenyamanan, kepercayaan terhadap minat nasabah pengguna mobile banking pada PT Bank BRI syariah kantor cabang tanjung karang. Skripsi, 145–146. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2636

SMK Mambaul Ulum. (2022). Penyebab Kota Malang Dijuluki Kota Pendidikan. Retrieved from www.smkmucirebon.sch.id/penyebab-kota-malang-dijuluki-kota-pendidkan

Sudrajat, I., & Sa’adah, H. (2022). Mekanisme Akad Wadiah Dalam Produk Tabungan IB Haji D Bank Muamalah KCP Indramayu. Jurnal Of Shariah Economics and Finance, Vol. 1 No.

Kotler, P. (2009). Manajemen pemasaran, Jilid 2, edisi 13. Alih Bahasa Benyamin Molan (edisi 13). Jakarta: Prehallindo.

Otoritas Jasa Keuangan. (2013). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. Jakarta.

Undang-Undang No 21. Perbankan Syariah, Pub. L. No. No 21 (2008).

Zuhirsyan, M., & Nurlinda. (2018). Pengaruh Religiusitas dan Persepsi Nasabah terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah. Al Amwal, Vol. 1, No.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats