PENGARUH SERVICE EXCELLENT, PRICE FAIRNESS DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP PAKIS

Roviatul Hasanah, Dwiyani Sudaryanti, Ahsani Taqwiem

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan (X1), kewajaran harga (X2) dan kualitas produk (X3) berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Pakis. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pakis. Studi semacam itu menggunakan teknik pengambilan sampel yang bertujuan. Dalam penelitian ini, survei kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data. Terdapat uji validitas dan uji reliabilitas yang digunakan untuk mengukur kinerja instrumen. Selain itu, Penelitian ini juga menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis linier berganda, uji F, uji keputusan (R2), uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pakis, variabel kewajaran harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pakis, dan variabel kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pakis Berpengaruh Signifikan. 

Full Text:

PDF

References


Al-Ghifari, M. I., & Khusnudin. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Biaya Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Denpasar Bali. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(2), 421–434. https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).10883

Ayera, N. A. A. K. M. A. (2021). Determinant of Customer Loyalty At Bank Syariah Indonesia. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 2019(Vol 5, No 4 (2021): IJEBAR : Vol. 05, Issue 04, December 2021), 527–542. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR/article/view/3441/1792

Harjadi, D., & Arraniri, I. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan.

Hidayat, R., Industri, J. T., & Madura, U. T. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 59–72. https://doi.org/10.9744/jmk.11.1.pp.59-72

Marpaung, B., & Mekaniwati, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i1.309

www.bankbsi.co.id

Masadah, Asngadi, & Triono Singgih, C. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Syariah Di Kabupaten Jombang Yang Dimediasi Variabel Kepuasan. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 3(2), 197–208. https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5808

Maya Salma, Tengku Mahesa Khalid, & Lestary Fitriayany. (2021). Pengaruh Product, Promotion, Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Riau Kepri Unit Layanan Syariah. Al-Hisbah Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 55–67. https://doi.org/10.57113/his.v2i2.57

OJK. (2021). Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia 2021. Ketahanan Dan Daya Saing Keuangan Syariah, 148. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/laporan-perkembangan-keuangan-syariah-indonesia/Pages/Laporan-Perkembangan-Keuangan-Syariah-Indonesia-2020.aspx

Panjaitan, R. (2019). Metodologi penelitian.

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271

Sukmanawati, S., & Purwati, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab. Jurnal Manajemen Almatama, 1(1), 61–84. https://doi.org/10.58413/jma.v1i1.220

Susanti, N., & Syahrian, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Pada Pt. Bank Syariah Mandiri Cabang Pondok Pinang). Jurnal Ilmiah Feasible (Jif), 1(1), 55. https://doi.org/10.32493/jfb.v1i1.y2019.p55-62

Fauzia, Ika Yuniata dan Abdul Kadir Riyadi. 2014. Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid al-Syariah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Sutanto, F., & Keni, K. (2021). Pengaruh Service Quality, Service Convenience, dan Perceived Price and Fairness terhadap Loyalitas Nasabah Bank dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(2), 129. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i2.11180

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbukan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, (Y. Sumiharti, Ed.). Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip., & Amstrong, Gary. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga. Jakarta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPPSS.

Kotler, Philip., & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran (12th ed.). Indeks. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2007. Manajemen Risiko Perbankan. Semarang : BP UNDIP.

Juliandi, Azuar. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu-ilmu Bisnis.

Medan. M2000

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran jasa: prinsip, penerapan penelitian.

Yogyakarta: Penerbit Andi. Hal: 39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats