PENGARUH LABEL HALAL, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK KERIPIK DI DESA PAJARAN GUNTING

M. Aliy Syamsuddin, Nur Diana, Harun Alrasyid

Abstract


Dalam memenuhi kebutuhannya, seorang akan memilih prduk yang dapat memberikan kepuasan tertinggi yaitu respon atau tanggapan konsumen mengenai pemenuhan kebutuhan. Faktor-faktor yang menciptakan kepuasan tertinggi bagi setiap orang berbeda-beda, namun secara umum faktor seperti kualitas produk dan harga seringkali menjadi pertimbangan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian dengan studi kasus Keripik UD. MAWAR di Desa Pajaran Gunting. Penelitian ini menggunakan metode analisis linear berganda yang diolah menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 0,612 < t-tabel 1,667. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 2,405 > t-tabel 1,667. Label Halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 2,342 > t-tabel 1,667. Secara simultan, label halal, kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai f-hitung 11,862 > f-tabel 2,73 dan nilai probabilitas signifikan 0,000 < 0,05.


Full Text:

PDF

References


Anisya, R., Wijayanti, R., & Efendi, B. (2020). Pengaruh Label Halal, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputsan Pembelian Produk Aice. Journal of Economic, Business and …, 2(1), 1–8. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/1462

Azizah, M. (2012). Harga Yang Adil dalam Mekanisme Pasar dan Peran Pemerintah dalam Perspektif Islam. Unisia, 34(76), 74–85. https://doi.org/10.20885/unisia.vol34.iss76.art6

Evanita, S., & Trinanda, O. (2017). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Minat Beli Makanan Ringan Tradisional Pada Remaja Di Perkotaan Sumatera Barat. Economac: Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, 1(2), 7. https://doi.org/10.24036/20171237

Fadila, C. T. (2019). Analisis Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Toko Roti Bread boy Bakery & Cake Shop di Banda Aceh). 126(1), 1–7.

Furqon, I. N. (2020). Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal HPAI di Boyolali dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. Salatiga: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Salatiga.

Hanifah, N., & Ridwan, M. (2020). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral AINIQUA (Studi Pada Konsumen Di 212 Mart Garuda). Jurnal Al-Qasd, 2(1), 49–60.

Hardiansyah, H., & Manurung, H. P. (2020). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luwak White Koffie (Studi Kasus Pada Warga Desa Danau Sijabut Kecamatan Air Batu). Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains, 1(2), 21–29.

Ismunandar, Muhajirin, & Haryanti, I. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm Di Kota Bima. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 161–166.

Jaffry Prabu Prakoso. (2021). Kemenkeu Catat Cuma 1 Persen UMKM Indonesia Punya Sertifikasi Halal Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kemenkeu Catat Cuma 1 Persen UMKM Indonesia Punya Sertifikasi Halal”, Klik selengkapnya di sini: https://ekonomi.bisnis.com/read/20210. Https://Ekonomi.Bisnis.Com/.

KNKS. (2021). Strategi Nasional Pengembangan Industri Halal Indonesia. 70.

Majid, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Tempe Barokah di Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang Jawa Tengah dalam Perspektif Ekonomi Islam. 3, 1–9.

Pasurua, B. P. S. K. (2019). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan dan Agama yang Dianut di Kabupaten Pasuruan, 2019. Https://Pasuruankab.Bps.Go.Id/.

Saleh, S., Zulkarnain, & Arifin, K. (2020). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kemasan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau. Jurnal Economica, 8(1), 139–157. https://doi.org/10.46750/economica.v8i1.34

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Wicaksono, P. (2021). Teori Pengambilan Keputusan yang Menghasilkan Solusi Bijak. Https://Www.Qubisa.Com. https://www.qubisa.com/article/teori-pengambilan-keputusan

Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 123. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v4i2.76


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats