ANALISIS PENGGUNAAN MOBILE BANKING DAN PENDAPATAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF NASABAH BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia KCP Malang Pasar Besar)

Sherlina Wahyuningrum, Afifudin Afifudin, Siti Aminah Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan mobile banking dan pendapatan terhadap perilaku konsumtif nasabah bank syariah. Populasi penelitian ini adalah nasabah Bank BSI kantor cabang Malang Pasar Besar yang berminat dengan Layanan BSI Mobile Banking Syariah (BSI Mobile), yang tidak diketahui besar populasinya. Dalam penelitian ini menggunakan rumus dari Malhotra yang mana jumlah tak terhingga yaitu seluruh nasabah BSI KCP Malang Pasar Besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Mobile Banking dan variabel pendapatan memberikan nilai secara positif  terhadap perilaku konsumtif nasabah Bank syariah Indonesia KCP Malang Pasar Besar.


Full Text:

PDF

References


Abhimantra, A., Maulina, A. R., & Eka Agustianingsih. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah. Psikologi, Ekonomi., Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil (PESAT), 5, 8–9.

Andika, M. (2021). Pengaruh pendapatan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi masyarakat di Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Astuti, E. D., Psikologi, P. S., & Samarinda, U. M. (2013). Perilaku konsumtif dalam membeli barang pada ibu rumah tangga di kota samarinda. 1(2), 79–83.

Badaruddin, & Risma. (2021). Pengaruh Fitur Layanan dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Masyarakat Desa Rantau Rasau Kecamatan Berbak) The Influence Of Service Feature and Ease Of Use On Interest Of Using Mobile Banking (Study on the Village Community . Telanaipura Jambi, 1(1), 36122.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS, Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2015). Metodelogi Penelitian Bisnis Konsep dan Aplikasi. UMSU PRESS.

Lestari, D. (2021). Pengaruh E-commerce Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Magetan Pengguna Aplikasi Online Shop (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Rahardja Pratama, Mandala Manurung. (2010). Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: Lembaga Universitas Indonesia.

Ratnasari, A. D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Bisnis Online Shop Di Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1), 122–134.

Riska, R. (2022). Pengaruh Digital Payment terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI IAIN Parepare (Analisis Ekonomi Islam) (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Suroto. 2000. Strategi pembangunan dan Perencanaan Perencanaan Kesempatan Kerja.Yogyakarta: Gajah Mada Univercity.

Zuliani, & Purwati, N. A. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Terhadap Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah. Serambi Konstruktivis, 3(4), 243–249.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats