PENGARUH DIGITALISASI LAYANAN, FITUR LAYANAN, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, DAN KEAMANAN TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Kota Blitar)
Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai analisator dan mengetahui bagaimana pengaruh digitalisasi
layanan, fitur layanan, customer relationship management, dan keamanan pada masyarakat Kota Blitar pengguna mobile banking syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan korelasi yang dijelaskan dengan angka dan memiliki hubungan. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 100 orang pengguna mobile banking syariah di Kota Blitar. Proses pengumpulan data diawali dengan penyebaran kuesioner, proses analisis data diawali dengan menggunakan proses pengujian validitas isi dan kriteria. Selanjutnya melakukan berbagai macam uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefisien determinasi R2 dan uji hipotesis t secara parsial dan F secara simultan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digitalisasi layanan, fitur layanan, customer relationship management, dan keamanan secara simultan dan signifikan mempengaruhi penggunaan mobile banking syariah di Kota Blitar. Mereka memiliki pengaruh sendiri, yaitu: 1)Digitalisasi Layanan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan mobile banking syariah, 2) Fitur Layanan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan mobile banking syariah, 3) Customer Relationship Management berpengaruh signifikan terhadap penggunaan mobile banking syariah, 4) Keamanan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan mobile banking syariah.
Full Text:
PDFReferences
Adam, M. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Agustina, H. (2017). Penggunaan Teknologi Informasi, Kemudahan, dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Bank Syariah Mandiri). Jurnal Manajemen Kinerja, 3(1), 24–29.
Alwan, M., & Alshurideh, M. T. (2022). The effect of digital marketing on purchase intention :
Moderating effect of brand equity. March. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.2.012
Ananda, S., Devesh, S., & Al Lawati, A. M. (2020). What factors drive the adoption of digital banking? An empirical study from the perspective of Omani retail banking. Journal of Financial Services Marketing, 25, 14–24.
Kristianti, M. L., & Pambudi, R. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Tingkat Keamanan, Dan Fitur Layanan Terhadap Penggunaan Mobile Banking Pada Mahasiswa Di Dki Jakarta. Jurnal Akuntansi, 11(3), 50–67.
Larassati, N., & Fauzi, A. (2022). Strategi Meningkatkan Kualitas Layanan Melalui
Digitalisasi Perbankan di BSI Trade Center Kota Kediri. Jurnal At-Tamwil: Kajian
Ekonomi Syariah, 4(2), 202–217.
Maharsi, S., & Fenny. (2006). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan dan Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pengguna Internet Banking di Surabaya. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 35–51.
Marthauli, Mirati, R. E., & Rahmanita, V. (2021). Pengaruh Ketersediaan Fitur Layanan Dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Bca Mobile Di
Wilayah Jabodetabek. Account, 8(1), 1463–1471.
Nagib, B., Abdullah, M. F., & Hakim, R. (2021). Determinan Pengaruh Brand Image , Fitur Layanan , Minat Nasabah Dalam Menggunakan E-Banking Di Bank. International Journal of Islamic Economics Development and Innovation (IJIEDI), 1(1), 1–9.
Poon, W. (2008). Case study Users ’ adoption of e-banking services : the Malaysian perspective. Journal of Business & Industrial Marketing, 23(1), 59–69. https://doi.org/10.1108/08858620810841498
Sandrina, O. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pada Karyawan Mentok Karier.
Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Sirait, N. M., & Susanty, A. (2018). Analisis Risiko Operasional Berdasarkan Pendekatan
Enterprise Risk Management ( Erm ) Pada Perusahaan. 1–10.
Yusmad, M. A. (2018). Aspek Hukum Perbankan Syariah Dari Teori
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal