PENGARUH PENGETAHUAN NASABAH TENTANG RIBA DAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP LAWANG

Dinda Paraswati, Moh. Amin, Afifudin Afifudin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh customer insight terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia, dengan populasi yang terdiri dari nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Lawang. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode pengambilan sampel Slovin, dengan jumlah 99 responden. Dalam penelitian ini, metode kuantitatif digunakan dan data dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bersama dengan perbedaan pemahaman nasabah terhadap riba, terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap niat menabung Bank Syariah Indonesia, seperti yang ditunjukkan oleh uji F. Dalam penelitian ini, metode kuantitatif digunakan dan data dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bersama dengan perbedaan pemahaman nasabah terhadap riba, terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap niat menabung Bank Syariah Indonesia. 


Full Text:

PDF

References


Darsono. (2017). Perbankan Syariah di Indonesia Kelembagaan dan Kebijakan Serta Tantangan ke Depan. Raja Grafindo Persada.

Nasution, M. R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Tentang Riba Dan Produk Perbankan Syariah Terhadap Minat Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara Menjadi Nasabah Bank Syariah.

Slameto. (2002). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT. Adi Mahasatya.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods). Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats