PENGARUH PROMOSI, KEPERCAYAAN, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HALAL MENGGUNAKAN MARKETPLACE SHOPEE

Najlatun Naqiyyah, M Cholid Mawardi, Umi Nandiroh

Abstract


Fitur berbelanja online saat ini sangat diminati lewat marketplace ketimbang platform lainnya. Karena marketplace memiliki tingkat keamanan dan kepercayaan yang tinggi serta menyediakan banyak promo yang menarik banyak konsumen. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan pembelian produk halal menggunakan marketplace shopee yang ditujukan kepada mahasiswa Kota Malang meliputi Universitas Islam Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Hasil dari penelitian dinyatakan bahwa promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dinyatakan juga kepercayaan beperngaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan online customer review tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui promosi, kepercayaan, dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk halal menggunakan marketplace shopee, hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji t.


Full Text:

PDF

References


Banjamahor, A. R. dkk. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Deliyanti Oentoro. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo/

Dzulqarnain, I. (2019). PENGARUH FITUR ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE SKRIPSI Diajukan guna memenuhi salah satu persyaratan dalam mendapatkan gelar Strata Satu (S1) Ilmu Administrasi Bisnis. file:///C:/Users/ADMIN/Documents/Data Keny/SKRIPSI/jurnal orang/3897-13035-1-Pratiwi arbani (pnlitian trdhl).pdf

Farki, Ahmad. 2016. Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Vol. 5. No. 2.

Fandi, Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi.

Fandy, Tjiptono. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Andi Offset. Yogyakarta.

Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Fuady, Munir. 2005. "Pengantar Hukum Bisnis:Menata Bisnis di Era Globalisasi, Edisi ke dua. Bandung:PT Citra Aditya Bakti.

Ghozali, Imam. 2011. ”Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS". Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universotas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan.Semarang:Universitas Diponegoro.

Indriantoro, Nur and Bambang Supomo. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi 1. Cetakan ke-12. Yogyakarta: BPFE.

Kamila, Korina Tasya. dkk. 2019. Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 72. No. 1. 202-211.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Malau, Harman. 2016. Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta.

Malhotra. 2006. Desain Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mambu, Trifena Revangelista. 2021. Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi E-Commerce Shopee di Kota Tonado. Jurnal Productivity. Vol. 2. No. 1. 79-84.

Nuraeni, Y. S., & Irawati, D. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ubsi). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 439–450. https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i4.1704

Pasaribu, Sianipar. 2019. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy PT. Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Vol. 5. No. 1.

Peppers, D., & Rogers, M. (2004). Managing Customer Relationships: A Strategic Framework (New Jersey). Jhon Wiley and sons.

Philip Kotler dan Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 (Jakarta: PT Indeks, 2007), 262

Priansa, Doni J, (2017), Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, Alfabeta, Bandung.

Putri, Latifa dan Harimurti Wandebori. 2016. Factors Influencing Cosmetic Purchase Intention In Indonesia Based On Online Review. International Conference on Ethics of Bussines,Economic and Social Science. 255- 263.

Putri, Aviendra. 2021. "Pengaruh Online Customer Review, Rating Dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee".

Rahmadi, Heksawan dan Deni Malik. 2016. Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia.com di Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Untuk Masyarakat Madani. Vol. 3. No. 1. 126-145.

Ricky W. Griffin dan Ronald J. Ebert, Bisnis Edisi Kedelapan Jilid Satu, (Jakarta: Erlangga, 2007), h.280.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie, (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610.

Setiyaningrum, Ari. dkk. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, D. (2014). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Cetakan Ke). CAPS (Center of academic Publishing Service).

Surat- surat Keputusan Lembaga Pengawasan dan Peredaran Makanan Majelis Ulama Indonesia (LPPOM_MUI).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats